Tutorial Atur Budget untuk Orang Tua dan Mertua

Memberinya uang ke orangtua atau mertua jadi hal yang wajar dilaksanakan dengan seorang anak. Memanglah tidak dapat disangkal kembali bila kamu mempunyai keperluan khusus untuk keluargamu. Akan tetapi, rasa hormat kita ke orangtua menuntut kita untuk share rizqi sama mereka. Lantas bagaimana sich langkah mengatur bujet buat orangtua dan mertua?

Membuat Gagasan Pengeluaran Bulanan

Sangat penting untuk dilaksanakan ketika kamu akan memberinya uang pada orang tua. Tulis semua pengeluaran tentu tiap bulan dan akumulasikan dengan pengeluaran untuk orangtua. Kemudian analisislah, kurang lebih berapa banyak uang yang dapat kamu beri pada orang tua dengan memerhatikan keadaan keuangan keluargamu.

Beri Sebisanya, yang Paling penting Keluarga Cukup

Tidak boleh terlampau memaksa diri, lebih bagus buat keluargamu berkecukupan lebih dulu. Saat ada tersisa dari penghitungan yang sudah kamu kerjakan di point pertama, baru kamu dapat keluarkan uang untuk orang-tua mu. Yakinkan juga kamu harus siap waspada dengan dana genting untuk keluargamu.

Menyaksikan Keadaan Orangtua, Apa Perlu Banyak atau Tidak

Lihatlah keadaan orang-tua dan mertuamu, kurang lebih apa ada ongkos yang jelas harus kamu tanggung. Seumpama seperti ongkos kesehatan atau yang lain. Bila benar ada, saran ke daftar anggaran bulanan yang harus dikeluarkan.

Jumlah yang Diberi Dapat Berlainan, Bergantung Keperluan

Memberinya uang ke orangtua tidak sama tiap bulannya. Kamu dapat memberinya sesuai keperluan dan awalnya sudah kamu pertimbangkan dengan pengeluaran setiap bulanmu. Bila kamu mempunyai banyak rezeki, kamu dapat memberinya lebih. Apabila rupanya keluargamu masih memerlukan uang banyak, kamu dapat kuranginya.

Dialog Bersama Pasangan

Diskusikanlah dengan pasanganmu untuk memutuskan berapakah jumlah yang pas untuk anggaran pada orang tua. Lihat juga keadaan keuangan keluargamu, adakah penghasilan tambahan atau mungkin tidak. Atau apa ada beban keuangan yang harus kamu tanggung di keluargamu atau mungkin tidak.

Dengan memerhatikan langkah mengatur bujet buat orang-tua dan mertua, kamu harus betul berhati-hati dan memerhatikan keadaan keuangan diri kamu sendiri.

Sumber: Kompiwin

Baca Juga: cara mengirim file dari laptop