Teknik Perawatan

 

Untuk perawatan lidah buaya sebenarnya sederhana, dimulai dari pemupukan, pembubunan, dan perawatan hama serta penyakit. Ini wajib dilakukan rutin untuk mendukung pertumbuhan lidah buaya yang optimal.

  • Pemupukan saat usia tanam lidah buaya 3-4 bulan dan juga setelah panen pertama.
  • Pemberian pupuk ini bertujuan untuk mencukupi asupan kalium serta unsur-unsur nitrogen yang berguna membentuk zat hijau daun (klorofil), merangsang pertumbuhan serta perkembangan akar, dan membentuk jaringan tanaman.
  • Untuk pupuk yang digunakan bisa menggunakan kombinasi pupuk KCL, TSP, dan pupuk urea dengan perbandingan ½:1:1.
  • Selain pupuk kimia, kamu juga bisa menggunakan pupuk kandang dan pupuk kompos untuk memperbaiki struktur dari media tanam
  • Selain dilakukan pemupukan, penting juga dilakukan pembumbunan dan penyobekan. Pembumbunan dilakukan agar dapat memperkokoh tanaman yang bisa dilakukan ketika usia tanaman mencapai 3 bulan.
  • Sedangkan untuk penyobekan (pemisahan tanaman) dari induknya bisa dilakukan saat usia tanam mencapai 5-6 bulan. Pemisahan ini dilakukan dengan tujuan menjaga pertumbuhan tanaman indukan.
  • Jangan lupa pula untuk merawat dan mengendalikan hama dan penyakit dari tanaman lidah buaya. Inilah yang menjadi kelebihan cara menanam lidah buaya di polybag atau pot, karena minim serangan hama atau penyakit
  • Namun yang paling banyak mengganggu tanaman lidah buaya di polybag umumnya adalah ulat dan untuk penyakit adalah fusarium sp yang menyebabkan pembusukan pada pangkal batang dan daun
  • Untuk menghindari permasalahan tersebut bisa menyemprotkan fungisida dan insektisida untuk memberantas ulat serta fusarium pada lidah buaya.

Masa Panen

 

Untuk panen pertama, menurut https://agrarindo.com/ bisa dilakukan ketika usia tanaman lidah buaya sekitar 8-12 bulan. Pada saat tersebut tanaman lidah buaya siap untuk dipanen serta dimanfaatkan khasiatnya.

Proses panen lidah buaya sendiri bisa dengan cara memetik bagian daun lidah buaya paling luar dengan bantuan pisau. Sehingga pertumbuhan tanaman bisa tetap cantik meskipun telah dipanen. Dan selanjutnya panen lidah buaya bisa dilakukan setiap satu bulan sekali.

Cara menanam lidah buaya di dalam polybag sebenarnya sangat mudah, namun tetap saja membutuhkan perawatan sederhana untuk mendukung pertumbuhannya tetap baik dan optimal sehingga tidak terjadi permasalahan yang menyerang tanaman tersebut.

Jika kamu masih bingung dalam cara menanam lidah buaya, kamu bisa melihat beberapa tutorial di video maupun artikel sehingga cara yang kamu lakukan adalah yang baik dan benar supaya tumbuh subur.