Tips Meningkatkan Daya Ingat

 

Seiring bertambahnya usia, kemampuan daya ingat dan konsentrasi seseorang bisa saja menurun. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara meningkatkan daya ingat yang dapat dilakukan. Dengan demikian, kemampuan untuk mengingat akan tetap optimal dan tidak termakan oleh usia.

Anda dapat melakukan beberapa cara dan salah satunya yaitu dengan menjalani pola hidup sehat agar daya ingat dan konsentrasi tetap terjaga.

Cara Meningkatkan Daya Ingat melalui Pola Hidup yang Sehat

Daya ingat dan konsentrasi sangat erat kaitannya dengan fungsi otak. Oleh sebab itu, untuk memiliki daya ingat dan konsentrasi yang sehat, kesehatan otak harus ikut tetap terjaga dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Salah satu tips yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya ingat yaitu dengan menjalani pola hidup sehat, seperti:

Memerhatikan asupan nutrisi

Otak tentu saja memerlukan asupan makanan yang bergizi agar dapat berfungsi dengan optimal. Perbanyak konsumsi makanan, seperti ikan, sayuran hijau, teh hijau, dan kacang-kacangan, agar fungsi otak dapat lebih terjaga.

Selain itu, kurangi juga atau batasi konsumsi minuman yang ilegal. Karena dapat berdampak buruk terhadap fungsi kognitif atau proses berpikir dan memori seseorang.

Rutin Melakukan Olahraga

Olahraga secara rutin adalah cara yang tepat untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi seseorang agar tetap optimal.  Disarankan untuk melakukan olahraga ringan, seperti lari, berjalan kaki, atau berenang selama kurang lebih 30 menit di setiap harinya.

Lakukan Senam Otak

Selain menjaga nutrisi dan rutin olahraga, otak juga perlu dilatih agar kemampuannya dapat tetap terjaga. Senam otak dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengisi teka-teki silang, membaca, bermain puzzle, bermain catur, menghafal gambar, atau bahkan belajar memainkan alat musik.

Biasakan Diri Untuk Mengorganisir Hal-Hal Kecil

Sering kali seseorang lupa dengan barangnya karena diletakkan di sembarang tempat. Oleh sebab itu, cobalah untuk merapikan barang-barang pribadi yang ada di sekitar.

Mulai dari hal-hal kecil, seperti meletakkan barang kembali pada tempatnya, menulis jadwal harian, serta membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Hal ini akan membuat otak menjadi lebih fokus, sehingga daya ingat bisa tetap terjaga.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat berperan penting dalam menjaga fokus dan kemampuan daya ingat seseorang. Ketika tidur, ingatan seseorang akan menyusun kembali informasi dari berbagai hal yang sudah terjadi. Cukup istirahat akan membuat tubuh menjadi terasa lebih bugar dan terhindar dari stres.

Aktif Bersosialisasi

Aktif bersosialisasi dan menjalin komunikasi seperti dengan sahabat, teman, dan orang-orang terdekat merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif.

Berkumpul dengan mereka dapat membuat diri terbebas dari stres dan depresi. Kedua kondisi tersebut erat kaitannya dengan penyebab menurunnya daya ingat seseorang.

By roket