Sebagai seseorang yang hidup di zaman digital sekarang, wajib mengetahui tips aman dalam bertransaksi secara online agar terhindar dari berbagai macam kejahatan yang bisa terjadi. Hal ini karena bisa saja uang yang disimpan secara digital menjadi tiba-tiba lenyap tanpa sebab. Oleh sebab itu, anda wajib mengetahui tips aman dalam menggunakan pembayaran online.

Tips Aman Menggunakan Transaksi Online

1. Merahasiakan Nomor PIN atau Kode OTP

Apabila anda ingin menggunakan online payment dengan aman, usahakan untuk tidak pernah membocorkan nomor PIN atau OTP anda kepada siapapun, termasuk dengan petugas bank. Bahkan, petugas bank sebenarnya tidak diperbolehkan untuk meminta nomor PIN/OTP dari nasabah. Apabila ada petugas yang seperti itu, anda bisa melaporkannya ke pihak bank.

2. Mengganti Password atau PIN dengan Teratur

Agar keamanan diri secara digital terjaga, sangatlah disarankan untuk mengubah PIN atau kata sandi dengan berkala. Hal ini bisa mempersulit pelaku kejahatan dan mencegah kemungkinan adanya upaya pertahan siber atau digital yang mencoba melakukannya ke akun anda. Anda dapat mulai mengganti kata sandi dengan berkala dari sekarang.

3. Mengaktifkan Notifikasi SMS atau Email dalam Pembayaran secara Online

Dengan mengaktifkan notifikasi SMS atau email, anda bisa memantau kegiatan keuangan digital yang digunakan sebagai online payment dari mana saja dan kapan saja selama masih memiliki akses internet. Apabila terjadi sesuatu yang janggal atau mencurigakan padahal anda tidak melakukan apapun, anda bisa segera menghubungi pihak bank atau pelayanan keuangan digital yang digunakan.

5. Waspada ketika Menjual Perangkat Elektronik

Apabila anda hendak menjual perangkat lunak, seperti smartphone, gadget, laptop, atau computer, pastikan semua jejak file yang ada di dalamnya telah terhapus. Anda dapat melakukan factory reset terlebih dahulu. Hal ini agar terhindar dari penyalahgunaan data yang ada di dalam perangkat.

6. Mengunduh Aplikasi dan Situs Resmi

Sebelum menggunakan online payment, tentunya pengguna melakukan pemasangan aplikasi atau pelayanan keuangan terlebih dahulu. Dalam tahap awal ini, usahakan untuk menggunakan aplikasi pelayanan yang resmi di Playstore atau Appstore. Apabila hendak mengunduh, perhatikan notifikasi akses aplikasi dan izinkan sesuai dengan kebutuhan saja.

7. Berhati-hati dengan Toko Online Penipu

Penipuan jual beli tidak hanya marak di offline, tetapi juga bisa terjadi pada toko online dan memiliki pola dan motif yang serupa. Pada umumnya, akun Instagram olshop penipu mempunyai banyak pengikut dan interaksinya minimal seperti tidak ada likes atau komen. Selain itu, fotonya juga terlihat buram, generiek, dan beresolusi rendah. Pastikan anda terhindar dari toko semacam ini.

Demikian informasi mengenai tips dalam mengamankan penggunaan online payment. Hal ini sangatlah wajib diketahui oleh semua orang karena sekarang merupakan zaman modern yang dimana-mana membutuhkan peran teknologi. Adapun pelayanan yang dapat dipercaya dalam penggunaan transaksi online yaitu Duitku dengan berbagai macam fitur yang dimilikinya.

 

By roket