25/11/2020

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

Tips Memulai Online Shop Agar Sukses dan Efektif

3 min read

Pada tahun 2020 akan dikembangkan lebih lanjut teknologi, semua aktivitas berbasis internet dan teknologi. Dari mengantarkan sembako hingga berdagang secara online, ini bukan lagi suatu keanehan.

Berjualan online memang lebih fleksibel dan efektif, baik dari segi waktu maupun uang. Dengan berjualan online, Anda dapat mengurangi biaya dibandingkan dengan penjualan tradisional. Salah satunya dapat menekan biaya sewa gedung. Jika Anda memiliki toko online, Anda tidak perlu menyewa toko untuk memajang produk.

Apalagi bisnis toko online sekarang terlihat sederhana. Hanya perangkat elektronik yang terhubung ke Internet yang dapat melakukan bisnis.

Perhatikan, bagaimanapun, bahwa meskipun semuanya terhubung ke internet saat ini, toko online hanyalah tipuan untuk membuatnya selalu berfungsi seperti yang Anda inginkan. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar toko online Anda sukses:

1. Apa yang dijual?

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai toko online, Anda perlu mengetahui apa yang ingin Anda jual terlebih dahulu. Ini berlaku tidak hanya untuk bisnis online tetapi juga untuk bisnis offline.

Namun, ini sangat penting untuk sebuah toko online. Perdagangan online tentunya sangat erat kaitannya dengan jasa pengiriman. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis online, Anda perlu menentukan jasa pengiriman produk mana yang akan dijual bersama.

Tentu saja, jika Anda menjual makanan atau pakaian, sistemnya tidak sama. Jika Anda ingin menjual pakaian, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman umum yang membutuhkan waktu beberapa hari agar produk sampai ke pembeli.

Namun, jika Anda memang memilih untuk menjual bahan makanan, Anda harus memilih-milih layanan pengiriman. Sangat tidak mungkin untuk menggunakan layanan pengiriman yang disertakan dengan pakaian. Anda harus memilih layanan pengiriman cepat yang dapat mengirim bahan makanan dalam hitungan jam.

2. Platform toko online

Ada banyak platform untuk bisnis online saat ini. Baik melalui pihak ketiga maupun secara langsung. Saat memulai bisnis online, itu juga memainkan peran penting platform mana yang akan digunakan. Hal ini terkait dengan strategi futures agar bisnis Anda selalu berjalan lancar dan tidak tersangkut di tengah jalan.

Anda dapat menggunakan platform yang sesuai dengan jenis bisnis Anda. Bisa menggunakan platform pihak ketiga yang membuat penjual dan pembeli selalu merasa aman.

Misalnya, jika Anda menjual produk antik hingga jutaan rupiah untuk memudahkan pembeli, Anda bisa memilih platform yang memungkinkan pembayaran cicilan. Hal ini tentunya menjadi nilai plus bagi para pembeli karena mereka dapat melakukan pembayaran cicilan meskipun dilakukan secara online.

3. Visual adalah segalanya

Saat menjual secara offline, tampilan produk yang dijual bisa menjadi sangat penting. Ini juga berlaku untuk toko online. Namun media yang digunakan berbeda. Toko online lebih cenderung menggunakan foto sebagai media tampilan produk.

Foto produk yang sangat menarik membuat calon pembeli merasa seperti sedang membelinya. Anda dapat melakukan pemotretan untuk kebutuhan toko online Anda. Saat Anda harus menyewa fotografer dan mockup untuk membuat foto yang bagus, calon pembeli merasa terdorong untuk membeli.

4. Promosi

Promosi? Siapa yang tidak peduli dengan promo apapun itu? Periklanan memiliki banyak tujuan, termasuk untuk meningkatkan kesadaran publik tentang toko online Anda. Dengan suatu tindakan, pembeli akan lebih tertarik untuk membeli produk Anda.

Ada banyak jenis tindakan. Anda dapat mengambil promosi dengan diskon, pengiriman gratis, pembelian promosi gratis, atau suvenir untuk pembelian dengan nilai tertentu.

Anda tidak perlu takut kehilangan uang dengan menerapkan sistem ini karena akan menarik banyak pembeli yang dapat membantu menutupi biaya iklan Anda.

5. Kualitas produk

Terlepas dari bisnisnya, baik online maupun offline, kualitas produk pasti selalu penting. Apalagi di toko online yang artinya pembeli tidak bisa memverifikasi sendiri. Maka Anda selalu perlu mengecek kualitas produk yang dijual untuk menjaga kepercayaan pembeli.

Dengan mengontrol kualitas produk yang Anda jual, pembeli akan lebih percaya pada bisnis Anda. Dan pembeli dapat berbagi pengalaman mereka dengan orang lain. Ingat, promosi dari mulut ke mulut memainkan peran besar dalam hal ini. Jadi jangan pernah mengecewakan pembeli, karena produk berkualitas buruk menyebar dengan cepat juga.

Anda ingin tau belajar peluang usaha? Jika iya, silahkan bisa kunjungi tautan tersebut, disana banyak juga contoh proposal usaha yang bisa kamu dapatkan.

More Stories

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.