Tips Memilih Bahan Untuk Pintu Kayu

Sebelum membahas, kami juga menyediakan jasa pintu folding gate yang berfungsi mengamankan isi bangunan dari hal hal yang tidak diinginkan, dengan pekerjaan berkualitas tinggi dan harga murah.

Pintu dan jendela rumah merupakan hal yang wajib dimiliki di setiap rumah. Jika jendela memiliki fungsi kunci sebagai jalan keluar udara, sebagai pintu mulai masuk dan keluar orang lain atau di dalam rumah.

Dulunya pembuatan pintu hanya dilakukan secara tidak sengaja, kini juga terdapat berbagai jenis rumah seperti rumah minimalis, rumah klasik, atau rumah modern, desain pintu rumah banyak dikembangkan mengikuti desain rumah yang ada. Jika rumah berdesain minimalis maka pintunya akan terlihat sederhana dan natural.

Sebaliknya jika rumah memiliki desain yang mewah, maka pintu rumah juga dibuat paling mewah dengan ukiran dan dekorasi pada pintunya. Tapi memilih atau membuat pintu bukan hanya soal desain. Desain memang penting, tetapi jenis dan kualitas kayu juga penting.

Untuk memiliki pintu yang kuat maka kayu harus terbuat dari kayu yang kuat dan lunak. Nah, sebelum anda repot dengan desain pintu yang ada, ada baiknya membaca 4 tips memilih material pintu kayu, seperti dilansir aluplus.com

Tips Memilih Material Untuk Pintu Kayu

1. Jenis Kayu

Ada berbagai jenis kayu berkualitas yang bisa ditemukan di pasaran, beberapa di antaranya adalah kayu merbau, kayu besi, dan bayam dari Makassar. Agar tahan lama, untuk rangka rumah sebaiknya menggunakan kayu merbau. Selain awet, rangka jenis ini juga kuat dan tahan rayap.

2. Gunakan Obat Anti Rayap

Selain memilih jenis kayu, Anda juga bisa menggunakan obat antijamur untuk menjaga kualitas kayunya. Saat menggunakan obat antiite, Anda bisa menyemprotkan obat tersebut di atas tanah sebelum pondasi rumah dibangun dan di atas permukaan kayu bangunan.

Selain menggunakan obat antiite, sebaiknya Anda juga melakukan perawatan rutin pada rangka kayu dan furnitur lainnya untuk mencegah serangan rayap.

3. Pemilihan Dalam Teksturnya

Tekstur adalah elemen terpenting dalam memilih kayu untuk sebuah bingkai. Untuk itu, saat memilih kayu, Anda harus memperhatikan teksturnya. Biasanya kayu halus memiliki tekstur yang keras dengan warna coklat kemerahan.

Meski tidak banyak pilihan, tekstur jenis ini bagus dan berkualitas. Lalu bagaimana cara mengetahui kayu bertekstur bagus? Cara ini sangat mudah, ketika kayu terkena air maka kayu tersebut bisa luntur. Jika bingkai yang Anda pilih memiliki sifat-sifat ini, pastikan tekstur kayunya berkualitas baik.

4. Hindari Belang Pada Kayu

Jika saat ini Anda ingin membeli kusen atau pintu, ada baiknya melihat bahan kayu yang digunakan karena dapat menentukan kualitas kusen itu sendiri.

Jika kusen pintu yang Anda pilih memiliki trim putih, lebih baik tidak memilih desain yang sangat bagus. Umumnya, garis-garis putih pada kayu di sepanjang tepi kayu merupakan sasaran empuk rayap.