27/11/2020

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

Tips Desain Interior Untuk Rumah Minimalis

3 min read

Sesuai dengan namanya, rumah dengan desain minimalis tidak memberikan terlalu banyak ruang bagi penghuni / pemilik rumah untuk menata furnitur di sekitar rumah.

Namun jika ditata dengan baik, rumah minimalis bisa menjadi istana yang indah dan nyaman sebagai tempat peristirahatan. Berikut tips mendesain ruang tamu minimalis agar terlihat luas dan nyaman:

1. Pemilihan tema

Pemilihan tema desain minimalis memudahkan penataan dan pemilihan furnitur. Tema ini bisa satu tema per ruangan atau satu tema untuk semua ruangan di rumah minimalis. Penentuan tema dapat berupa tema warna atau jenis furnitur yang diinginkan oleh pemilik / penghuni.

2. Tata letak alternatif

Menata seluruh rumah menjadi lebih sulit tanpa bantuan konsultan / kontraktor. Oleh karena itu penataan rumah sebaiknya dilakukan secara bergantian di setiap ruangan, agar penataan rumah bisa lebih terarah, tertib dan efisien.

3. Pilih furnitur yang fungsional dan efisien

Selain tema yang dipilih, furnitur harus dipilih sesuai fungsinya. Furnitur yang lebih fungsional tentunya memiliki keunggulan yang lebih besar. Sebaiknya pilih furnitur multifungsi untuk meningkatkan efisiensi karena menyisakan banyak ruang.

4. Singkirkan semua barang yang rusak

Benda yang kurang fungsional tidak hanya bisa menjadi percuma, tapi juga membuat rumah minimalis terasa penuh dan sempit. Jadi pastikan hanya ada furnitur yang berguna di dalam ruangan. Kemudian untuk furnitur fungsional, sisakan satu atau dua dekorasi untuk dinding dan lantai agar dinding terlihat lebih lebar.

Selain itu, pastikan tidak ada benda di atas lantai yang saling tumpang tindih / menutupi karena benda-benda tersebut tidak hanya dapat menurunkan nilai estetika / keindahan, tetapi juga membuat ruang terlihat berantakan dan sempit.

5. Pilihlah furniture dengan desain cantik / unik

Pemilihan furniture dengan nilai estetika / keindahan yang tinggi membuat ruangan menjadi lebih indah. Dengan memilih furnitur yang cantik dan unik, ruangan tidak membutuhkan banyak dekorasi, karena furnitur itu sendiri sudah menjadi dekorasi yang memiliki nilai estetika tinggi.

6. Gunakan dekorasi di beberapa sudut ruangan

Meski tidak memiliki fungsi esensial, dekorasi seperti pot atau vas bunga bisa menambah aksen pada sebuah ruangan pada rumah desain minimalis. Selain itu, pastikan dekorasi yang Anda pilih sesuai dengan tema setiap ruangan.

7. Pilih warna yang lembut dan tidak mencolok

Warna-warna lembut menciptakan kesan yang lebih menyenangkan di dalam ruangan. Penggunaan warna yang berani dan berani dapat digunakan sebagai aksen, namun tidak boleh terlalu dominan pada tata ruang ruangan. Perpaduan warna terang juga bisa memberikan kesan luas.

8. Pastikan ada cukup cahaya dan ventilasi

Jangan sampai ruangan yang didesain begitu indah menjadi ramai dan gelap karena minimnya penerangan dan sirkulasi udara. Jangan menutupi ventilasi dan jendela dengan furnitur besar seperti lemari karena dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

9. Gunakan gudang atau ruang penyimpanan

Menggunakan gudang untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan membuat rumah lebih rapi. Menggunakan gudang juga membuat segala sesuatunya tidak berantakan sehingga setiap ruangan di dalam rumah lebih luas dengan desain yang minimalis.

Sebenarnya bukan hanya desain rumah minimalis saja yang perlu ditata dengan rapi, namun untuk sebuah rumah juga perlu ditata dengan baik. Semua itu dilakukan untuk mengkondisikan rumah agar nyaman untuk ditinggali. Setiap beberapa bulan, rumah bisa direnovasi untuk membantu mengatasi kejenuhan.

Dekorasi tidak harus mahal, bisa dilakukan hanya dengan memindahkan atau mengurangi furnitur yang ada di ruangan yang ingin diubah suasananya.

Kegiatan desain interior dan dekorasi rumah minimalis menjadi lebih mudah dan efektif bila segala sesuatunya diperhitungkan / direncanakan dengan benar. Hasil juga dapat dicapai tanpa terlalu sering membersihkan, memberi Anda tidur malam yang nyenyak untuk aktivitas dan tantangan hari berikutnya.

Source: https://avantela.com/home.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.