Kita tahu suatu benda tapi belum tentu tahu Bagaimana Sejarahnya, apa Maksud benda tersebut di buat, siapa penemunya dan lain sebagainya. Saat ini kita akan membahas Sejarah Sound System yang perlu kamu ketahui.

Sejarah-Sound-system-yang-perlu-kamu-ketahui

Meskipun industri Sound System masih tergolong muda, tapi juga memiliki perjalanan yang cukup panjang. Era dimana lahirnya transducer (microphone & Loudspeaker) di tandai sebagai era cikal bakal dimana industri sound system dimulai. Pada tahun 1874, Ernst Wener Von Siemens adalah orang yang pertama kali yang menjelaskan prinsip kerja Transducer tersebut.

Kemudian Siemens mendapatkan Paten di Amerika atas penemuannya pada tanggal 14 april 1874. Pada tahun 1876, Alexander Graham Bell mematenkan penemuannya yang diberi nama Telephone, yang dimana alat ini juga berfungsi untuk mentransmisikan suara, alat ini juga di anggap sebagai Microphone pertama di dunia.

Lalu pada 14 Desember 1877, Ernst W Siemens kembali mematenkan penemuannya di Jerman. Penemuannya itu berupa “Nonmagnetic parchment diaphragm” sebagai radiator yang di gabungkan dengan penemuan sebelumnya (Transducer).

Jadi penemuan ini menjelaskan tentang fungsi Horn sebagai alat bantu untuk mengeraskan suara, dan ini disebut Loudspeaker yang pertama kali di gunakan di dunia. Pada saat itu alat ini sebenarnya sudah sangat populer digunakan sebagai pemutar Piringan Hitam (Phonograph), Pastinya anda tahu bukan, karena sampai sekarang banyak orang mengoleksinya.Pada tanggal 27 April 1898, Oliver Lodge mengembangkan penemuan dari Transducer tersebut dan di patenkan di Inggris.

Pada Januari 1913, dua orang ilmuwan yaitu Edwin S. Pridham & Peter Laurits Jensen, pendiri Commercial Wireless and Development Company mematenkan sebuah alat yang disebut Radio Loudspeaker. Lalu Pada tahun 1915, Perusahaan mereka yang disebut Magnavox Company memasang dan mengOperasikan Soundsystem pertamanya di Panama-Pacific Exposition di San Fransisco, dan inilah Sound System PERTAMA di dunia.

Karena merekalah yang pertama kali berhasil mengeraskan pidato dan musik secara langsung (Live Music & Speech sound Reinforcement system) hingga bisa terdengar pada jarak yang cukup jauh.Dan pada September 1919, Magnavox Company memberikan Sound Systemnya untuk digunakan oleh Presiden Amerika Serikat, Thomas Woodrow Wilson, yang pada saat itu digunakan untuk Pidato Sambutan.

Bayangkan kalau belum ada temuan-temuan seperti itu, bagaimana kita membuat suatu acara atau Event,Sound system ruangan rapat Wireless bagaimana kita me-Launchingkan Produk kita, Bagaimana kita membuat Live Music dan lain sebagainya. Begitulah sejarah singkat dari Sound System sampai dikembangkan lagi sampai saat ini.

By toha