https://mdm.tanihub.com/images/10001/product/BuahNagaMerah.jpg

Buah naga atau yang lebih dikenal sebagai pir stroberi, merupakan buah tropis yang begitu populer di sejumlah kalangan lantaran kulit merah cerahnya dan daging buah dengan rasa manisnya.

Tambah lagi penampilannya yang unik seolah-seolah menunjukkan suatu kekuatan magis membuat orang-orang mempercayai khasiatnya untuk kesehatan. Kendati demikian, melansir laman healthline, buah naga memang memiliki sederet manfaat untuk kesehatan manusia, ditunjukkan sebagai berikut.

 

Membantu Melawan Penyakit Kronis

Buah naga mengandung antioksidan vitamin C, beta-karoten, likopen dan betalain. Suatu penelitian bahwa mengonsumsi buah naga sebagai program diet dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.

 

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah naga mengandung flavonoid, yaitu antioksidan yang berdampak positif bagi kesehatan jantung. Apalagi buah naga tinggi betalain; mampu mengurangi kadar kolesterol LDL.Biji yang kaya akan lemak omega-3 dan omega-9 pun semakin menguatkan kesehatan jantungmu.

 

Kaya akan Serat

Satu buah naga mengandung 7 gram serat, yang artinya bisa memenuhi 28 persen kebutuhan serat perempuan dan 18 persen kebutuhan serat laki-laki.

Artinya, mengonsumsi 3-4 buah serat dapat menjadi sumber energi terbaikmu, tambah lagi melindungi dari masalah atau penyakit rendah serat, seperti gangguan pencernaan, kelebihan berat badan, membantu menghadapi diabetes tipe 2, dan masih banyak lagi.

 

Melindungi Usus

Percaya atau tidak, ususmu merupakan rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam. Ketidakseimbangan jumlah mikroorganisme dalam usus, mengakibatkan terjangkitnya beberapa penyakit pada dirimu, seperti asma dan gagal jantung, misalnya.

Kebetulan buah naga mengandung prebiotik, serat yang menjadi makanan sehari-hari bakteri sehat, yaitu bakteri asam laktat dan bifidobacteria. Demikianlah memakan buah naga secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri sehar, sehingga kamu pun terhindar dari infeksi pada saluran pencernaan ataupun diare.

 

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Pasokan vitamin C dan karotenoid yang tinggi dari buah naga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi, dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan. Mengingat sel darah putih rentan mengalami kerusakan imbas tubuh mengandung radikal-radikal bebas.

 

Meningkatkan Kandungan Zat Besi dalam Tubuhmu

Buah naga merupakan salah satu dari sedikit buah segar yang mengandung zat besi. Nutrisi yang berperan aktif dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuhmu, juga sebagai sumber energi.

Dilansir dari Healthline, satu buah naga mengandung 8 persen zat besi harian. Bersama dengan vitamin C — yang membantu tubuh dalam menyerap zat besi — kamu bisa memenuhi kebutuhan zat besi tubuhmu.

 

Sumber Magnesium

Setidaknya tubuhmu membutuhkan asupan 24 gram magnesium atau sekitar satu ons. Buah naga mengandung 18 persen magnesium harian, yang mampu menjadi bahan pakan untuk lebih dari 600 reaksi biokimia dalam tubuhmu. Entah itu untuk memecah makanan menjadi energi, kontraksi otot, pembentukan tulang, ataupun pembuatan DNA.

 

Meremajakan Kulit

Selain kaya akan vitamin C, buah naga juga kaya akan kolagen, yang mampu menjaga kulitmu agar tetap tampak sehat dan muda.

 

Membantu Menstabilkan Gula Darah

Mengonsumsi buah darah diketahui dapat membantu menstabilkan gula darahmu setelah memakan makanan kaya akan glukosa. Terbukti, buah mujarab satu ini mampu melawan resistensi insulin.

Itulah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan tubuhmu. Tampak sekali bukan, bagaimana buah naga dapat menghindarkanmu dari berbagai penyakit berbahaya?

Apalagi jika kamu memakan buah naga segar, terbaik, dan berkualitas, yang diperoleh langsung dari petani Indonesia. Melalui Tanihub, tentunya. Sudah pasti, kandungan nutrisi pada buah naga ini tidak rendah lantaran kesalahan dalam memanen.

By sartika