Rahasia CEO dan Pemimpin Sukses

Berbicara di depan umum, pembicara harus pandai berbicara secara teknis, tetapi mereka juga harus memiliki substansi. Mereka perlu terlihat dan terdengar seperti pemimpin–terutama jika mereka adalah CEO dan eksekutif.
Fokus pertama Anda harus konten. Keterampilan teknis saja tidak cukup. Bukan hanya apa yang Anda katakan, tetapi bagaimana Anda membuatnya jelas dan menarik. Pesan adalah fondasinya. Tanpa itu Anda hanya pembicara, bukan pemimpin.

Rahasia #1: Bicara tentang ide-ide besar

Setiap pidato, presentasi atau komunikasi membutuhkan satu ide besar. Ide-ide besar adalah semua yang kebanyakan orang ingat. Ide bagus memiliki kehidupannya sendiri. Dan itu tidak membutuhkan pidato yang besar. Besar karena kekuatannya, bukan panjangnya. Pidato Gettysburg Abraham Lincoln adalah 271 kata, dan itu adalah salah satu pidato terbaik yang pernah diberikan.

Rahasia #2: Bicara sekarang

Tidak ada yang suka pidato kalengan. Pidato kalengan mematikan orang. Anda harus berbicara dengan orang-orang tentang apa yang terjadi sekarang. “Jika Anda berpikir tentang pengaturan yang biasa,” kata salah satu CEO, “Anda memiliki audiens yang duduk di sana mengatakan ‘Siapa orang ini dan mengapa dia berbicara?’ Itu bukan pengaturan yang bagus untuk memulai. Tampaknya agak bermusuhan, “dia mengamati. Pesan Anda harus tentang mereka dan tentang apa yang terjadi pada saat itu untuk memenangkan audiens yang bahkan tidak yakin mereka ingin mendengarkan.

Rahasia #3: Tetap sederhana

Satu masalah besar dengan banyak pidato adalah mereka mencoba melakukan terlalu banyak. AKDSEO merupakan agency digital marketing yang fokus melayani jasa Backlinks dan Link building website, termasuk di dalamnya Jasa Menaikkan DA ( Domain Authority), Pesan Anda harus sederhana dan mudah diingat.

Roger Marino, pendiri raksasa teknologi tinggi EMC, mengatakan bahwa dia belajar sejak dini tentang betapa pentingnya komunikasi dalam bisnis–terutama dalam hal menjaga segala sesuatunya tetap sederhana. Reed Manning, Spa & Salon Marino menganggap para profesor brilian di sekolah itu sebagai orang yang benar-benar dapat mengomunikasikan gagasan dengan cara yang dapat dipahami orang. “Komunikasi adalah segalanya,” dia merasa. “Kamu benar-benar harus mengirim pesan ke rumah.”

Tetap sederhana adalah bagaimana dia sekarang membuat orang tertarik dan asyik dengan subjek yang ada. “Saya hanya menjelaskan langkah-langkahnya,” jelasnya. “Seorang CEO harus melakukan hal yang sama: membawa orang dari A ke B ke C.”

Rahasia #4: Jadilah penembak jitu

Sebuah survei yang dilakukan firma saya tentang komunikasi menemukan bahwa kualitas nomor satu yang diinginkan orang dalam diri seorang pemimpin adalah kejujuran dan integritas. Untuk berbicara seperti seorang CEO, pesan Anda harus benar. Audiens menginginkan seorang pemimpin lebih dari sekadar pembicara yang baik; mereka ingin seorang pemimpin mengatakan yang sebenarnya, apa pun yang terjadi.

Rahasia #5: Jadilah orang yang optimis

Ketika Anda adalah CEO, Anda menghadapi saat-saat baik dan buruk, dan Anda harus menyeimbangkan kenyataan dengan harapan. Ciri khas kepemimpinan adalah optimisme. CEO harus melihat dan berbicara tentang apa yang mungkin.

Ketika Bill Ford, Jr. menggulingkan CEO Jacques Nasser di Ford Motor Company pada tahun 2001, perusahaan kehilangan miliaran dolar. Namun pada konferensi pers kuartal itu pada bulan Juni 2003, Ford menjawab setiap pertanyaan dengan optimisme yang tak terkendali. “Kami kembali pada pijakan yang kokoh,” katanya. “Saya merasa baik tentang di mana kita berada hari ini dan ke mana kita menuju.” Dalam waktu 20 bulan, Ford telah mengubah optimisme menjadi kenyataan dengan sepenuhnya mengubah perusahaan.

Rahasia #6: Fokus pada masa depan

Di masa-masa sulit, kita melihat kepada para pemimpin. Walikota New York Rudy Giuliani berada di tengah kota Manhattan ketika pesawat pertama menabrak World Trade Center pada 11 September 2001. Pagi itu, karir politiknya berada di atas es tipis; dia telah diusir dari rumah oleh istrinya yang sangat marah setelah publisitas tentang seorang wanita simpanan.

Tapi hari itu, Giuliani tahu apa yang harus dia lakukan. Di lokasi bencana, dia benar-benar mempertaruhkan nyawanya, terperangkap di reruntuhan Ground Zero selama 15 menit. Tapi melalui semua itu, dia fokus pada harapan. “Warga New York adalah orang-orang terhebat di dunia,” kata Giuliani, “dengan departemen kepolisian terbaik, pemadam kebakaran terbaik, dan pekerja darurat terbaik (di mana pun).”

Pesannya kuat. Warga New York, dan beritanya, berhasil melewati hari yang menakutkan, terima kasih banyak atas pesan Rudy Giuliani.

Rahasia #7: Jadilah nyata

Seorang CEO berada pada posisi yang tidak menguntungkan dengan banyak audiens. Judul Anda menunda mereka. Mereka percaya bahwa mereka tidak memiliki kesamaan dengan Anda. Ini adalah cara yang buruk untuk memulai pidato, rapat, atau bahkan percakapan. Tugas Anda adalah menemukan cara untuk membuat koneksi. Untuk terhubung, Anda harus nyata.

Dan Wolf, CEO Cape Air, memiliki reputasi untuk melakukan hal ini. Hangat, menonjolkan diri, dan tulus dengan audiensnya, Dan memanfaatkan latar belakang dan minat eklektiknya untuk terhubung. Dalam pertemuan kota dengan karyawan dia dapat berhubungan dengan semua individu – pilot, mekanik, pebisnis.

“Saya menggunakan humor yang menonjolkan diri,” jelasnya. “Dan keterampilan organisasi saya tidak bagus, jadi itu bahan yang bagus untuk humor juga.” Pemimpin yang baik menemukan cara untuk memanusiakan diri mereka sendiri dan tetap mempertahankan otoritas mereka.

Rahasia #8: Berdiri untuk sesuatu

Hasil survei saya itu juga memperjelas bahwa orang tidak hanya akan bekerja untuk mendapatkan gaji. Mereka pergi bekerja untuk menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar. Mereka ingin pekerjaan itu memiliki tujuan; mereka ingin organisasi memiliki misi. Mereka ingin tahu bahwa apa yang mereka lakukan membuat perbedaan dalam beberapa hal.

Orang yang mewujudkan misi dan tujuan organisasi adalah CEO. CEO yang paling sukses sangat selaras dengan misi dan tujuan organisasi. Para CEO itu mewakili sesuatu.

CEO dan pemimpin yang berhasil sebagai pembicara tidak sampai ke puncak karena keberuntungan. Kebanyakan pemimpin yang berbicara dengan baik menjadi pembicara yang hebat karena mereka memilih untuk menjadi pembicara. Dengan memperhatikan 8 rahasia ini, CEO mana pun dapat mengikuti jalannya.

By akhad