07/03/2021

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

Mengenal Permainan Dolip

2 min read
permainan dolip

Permainan Dolip-dolipan

Permainan dolip-dolipan merupakan salah satu permainan tradisional atau kuno yang berkembang di masyarakat Indonesia. Saat ini,mungkin permainan dolip-dolipan ini sudah banyak ditinggal dan tergantikan dengan permainan berbasis online menggunakan gadget.

Permainan dolip-dolipan merupakan permainan sekaligus olahraga badan karena memaksa tubuh untuk bergerak. Maksudnya bergerak di sini adalah berlari. Karena notabenenya dolip-dolipan merupakan permainan kejar-kejaran. Yang biasa memainkan permainan ini umumnya adalah anak laki-laki usia Taman Kanak-kanak ataupun usia Sekolah Dasar.

Meskipun sudah ditinggalkan oleh anak-anak perkotaan, ternyata permainan dolip-dolipan juga sudah mulai ditinggalkan oleh anak-anak pedesaan. Hal tersebut tidak lain dikarenakan permainan ini telah tergeser posisinya dengan permainan online. Sebagai seorang pemuda, kita tidak bisa membiarkan hal tersebut terjadi pada kelestarian permainan tradisional yang telah berkembang dan mendarah daging di tanah air.

Ternyata, permainan dolip-dolipan tidak hanya sekadar permainan kejar-kejaran biasa. Seperti permainan lainnya, permainan dolip-dolipan juga memiliki manfaat serta aturan main bagi para pemainnya. Pada artikel kali ini, kami akan membahas semua tentang permainan dolip-dolipan ini. Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Permainan Dolip-dolipan

Permainan dolip-dolipan memiliki beberapa manfaat yang berguna untuk perkembangan anak usia dini. Yaitu diantaranya, permainan dolip-dolipan dapat membuat tubuh anak menjadi lebih bugar karena dalam bermain sudah disertai dengan olahraga berlari, mengasah perkembangan motorik pada anak, melatih kerja sama sesama tim, mempererat persahabatan anak, melatih anak agar cepat tanggap terhadap kondisi di sekitarnya. Dan masih banyak lagi lainnya.

Aturan Bermain dalam Permainan Dolip-dolipan

Seperti permainan pada umumnya, permainan dolip-dolipan juga memiliki aturan mainnya sendiri. Namun, aturan yang dimaksud disini memang tidak serumit aturan main dalam permainan lainnya. Dominan dalam olahraga membuat permainan dolip-dolipan bukan termasuk ke dalam permainan formal.

Pertama, anak akan melakukan penyeleksian untuk menentukan tim mana yang menang dan tim mana yang kalah. Selanjutnya, tim yang menang akan dikejar oleh tim yang kalah. Aturannya, ketika dikejar dan hampir tertangkap, pemain harus mengatakan “Dolip!” dengan lantang diikuti dengan jari jempol yang diletakkan pada bibir. Kemudian badan juga harus membeku dan tidak boleh bergerak sebelum ada partner yang menolong.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.