Fokus dalam mencetak generasi-generasi Qur’ani, Sebelum melanjutkan artikel Perhatikan 6 Cara ini Agar Kamu Betah di Pesantren, Sekedar kami info:

Apabila Anda Mendambakan putra/putri untuk menjadi Tahfidz kunjungi website Pondok Pesantren Tahfidz

Kehidupan dipondok pesantren memang tidaklah ringan, akan tetapi dengan sejalan berjalnnya waktu semuanya bakal berasa nikmat serta elok, semuanya ada masanya. Berbagai hal yang menimbulkan satu orang tak senang, antara lain jauh dari orang-tua, pekerjaan yang begitu penuh, makanan yang gak selezat hasil ibu, persoalan dengan kawan, antre yang begitu panjang, ketetapan yang berasa seperti membatasi. Semuanya itu yaitu berbagai hal yang menimbulkan satu orang tak krasan dalam pondok.

Banyak yang udah punya niatan yang kuat buat menyambung studi atau sekolah nya ke ponpes, dengan niatan serta maksud yang bervariasi, dimulai dengan pengin lebih dekat sama Allah, perdalam pengetahuan agama, atau pengin hidupnya bertambah aman serta tidaklah terlalu bebas. Seluruhnya mimiliki niatan yang bagus, akan tetapi, faktanya sesudah tiba serta bertempat di ponpes lumayan banyak santri yang terasa tak senang, serta selanjutnya memutus untuk keluar.

Akan tetapi, walaupun begitu, ponpes nyata-nyatanya begitu elok serta seburuk yang diasumsikan. Berikut berbagai hal yang bisa bikin kamu krasan serta senang di pondom pesantren

1. Niatan yang ikhlas dari dalam hati buat tuntut pengetahuan di jalan Allah swt

Niatan paling penting, terpenting niatan buat tuntut pengetahuan dijalan Allah, Allah swt bakal meringankan kepentingan hambanya yang terus bermaksud buat melaksanakan perihal baik, terpenting tuntut pengetahuan, apabila kamu punya niatan yang kuat karenanya InsyaAllah, Dia bakal menjadi lancar serta meneguhkan hatimu buat tinggal serta tuntut pengetahuan dalam Ponpes.

2. Tidak langgar ketetapan pondok

Tiap-tiap ponpes jelas punya kebijaksanaan sendiri, ketetapan diselenggarakan untuk mendidik santri buat hidup berdisiplin serta teratur. Tiap-tiap ketetapan yang dilanggar akan menyebabkan hukuman, jadi jauhkanlah pelanggaran biar kamu jauh dari hukuman, hukuman cuma bakal membikin kamu berduka serta jengkel dalam menjalankannya, lebih bagus turuti dan kerjakan keseharianmu dengan damai tanpa ada menyalahi peraturan.

3. Ingat upaya orang tua di rumah

Sewaktu kamu berduka serta tak senang, coba ingat bagaimana upaya orang-tua yang udah susah payah mengais rizki biar kamu belajar secara nyaman. Orang-tua tidak akan anaknya tidak sukses serta jadi orang yang gak berfaedah, sebab itu mereka mempercayai kamu di pondok hingga sukses.

Banyak di luar sana yang tak bersekolah namun bekerja buat penuhi kepentingan tiap hari, jadi, kenapa kamu yang udah dikasihkan nikmat malahan ingkar? Ingat! Allahswt membenci hambanya yang tak ucapkan syukur.

4. Turuti sejumlah kegiatan di pondok

Buat menyingkirkan rasa bosan serta jenuh di pondok, ikuti semuanya pekerjaan yang ada dalam pondok, tiap-tiap pondok pesntren jelas meiliki pekerjaan yang bervariasi untuk membuat kepribadian santrinya, diluar itu pekerjaan yang diselenggarakan dipondok dapat jadi tambahan prestasi buat kamu. Jadi, cari serta ikuti pekerjaan dalam pondok sebanyaknya.

5. Tak boleh mengubur persoalan sendiri

Kehidupan dalam pondok yaitu kehidupan bersama kawan, seluruh yang kita melakukan jelas terjalin dengan kawan, kadangkala sebagian persoalan pun muncul disebabkan seseorang kawan, akan tetapi, kamu mesti punya sejumlah kawan yang bisa kamu percayai, beritahukan padanya semuanya persoalan serta dan uneg-uneg yang kamu rasa, kawan yang bagus bakal memberinya pemecahan serta merehatkanmu dari keresahan sebab suatu persoalan. Sahabat tidak hanya kawan sewaktu kamu lagi puas saja akan tetapi, kawan yang yang ada pada dalam senang serta duka.

6. Pandai-pandailah saat memutuskan kawan

Sewaktu kamu terasa tak senang, bisa-bisa sebab terdapatnya kawan yang tak memberi dukungan, kawan yaitu seluruhnya sewaktu kamu tinggal dipondok, jadi, apabila temanmu senang kamu akan senang serta kebalikannya. Jangan pernah kamu memohon pulang dari pondok disebabkan kawan dekatmu udah pulang dari pondok.

Kamu masih punya beberapa ratus sampai beberapa ribu kawan yang lain yang siap memberi dukungan serta membawamu buat sukses di hari esok. Ponpes tidaklah penjara namun lapangan perjuangan jadi, yang sebaiknya kamu melakukan yaitu bertarung, bertarung buat apa? Bertarung untuk terus hidup dengan kehidupan yang bermakna serta memiliki kualitas.

Allah swt bakal memperingan semuanya kepentingan hambanya, jadi, jangan sempat lupa berdoa kepadaNya, mohon seluruhnya pada Allah sebab memang Ia la pemilik seluruhnya. Percayakan kalau tiap-tiap yang kamu lakoni ada maknanya serta apa yang kamu melakukan dalam pondok dapat menjadi pahala yang bakal menolongmu masuk dalam surgaNya.

By nasya