ERP adalah sebuah sistem yang dibutuhkan untuk menyediakan informasi secara cepat dan tepat. Peluang usaha yang berkembang sangat mendorong pengembangan ERP, dan tidak mudah untuk membangun perusahaan tanpa sistem informasi yang efektif. 

Keuntungan ERP

  • Mempermudah pengendalian kerja dan proses bisnis serta kinerja perusahaan.

  • Memudahkan manajemen untuk mengatur keuangan, membantu menghitung laba/rugi, dan memudahkan pencatatan transaksi.

  • Memudahkan pelaporan kepada regulator, audit dan lainnya.

Membuat semua departemen di perusahaan terintegrasi

Integrasi Data: Penyusunan data dapat dilakukan secara sistematis dan terintegrasi dengan menggunakan software ERP. Data dapat diintegrasikan ke berbagai lokasi yang ada, sehingga pengendalian administrasi perusahaan akan lebih mudah dan cepat, termasuk data dari modul HRIS, keuangan, dan lain-lain. 

Integrasi Proses Bisnis: Perusahaan dituntut untuk mempersingkat waktu dalam proses bisnisnya agar lebih efisien dan efektif sehingga proses bisnisnya tidak terlalu panjang. Dengan adanya integrasi data diperoleh informasi lengkap tentang besarnya biaya-biaya yang diperlukan untuk menghasilkan sebuah barang atau jasa tertentu bersama-sama dengan lajur kerja (timeline) suatu pekerjaan.

Meningkatkan efisiensi dan produktivitas

ERP mengintegrasikan semua departemen di perusahaan. Sehingga, secara otomatis pembagian kerja akan lebih terarah dan kontrol yang dilakukan oleh eksekutif lebih mudah. Sistem ini juga memungkinkan manajer untuk memantau kelancaran kerja dan mengendalikan proses bisnisnya dengan mudah. Dengan adanya ERP, efisiensi dan produktivitas dapat ditingkatkan dengan cara:

  • Mengkoordinasikan kebutuhan secara rinci. 

  • Menggilas proses pemprosesan data sebelum dimasukkan ke sistem

  • Merumuskan standar pelayanan optimal yang harus dilaksanakan oleh setiap staff/unit kerja

Mendapatkan keuntungan

ERP adalah sistem komputer yang merupakan pengelola data dari seluruh bagian perusahaan. Dengan ERP, data yang terkonsolidasi akan memudahkan perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis mereka.

Mengurangi biaya

Ini menunjukkan keuntungan yang berkaitan dengan penggunaan data yang terkonsolidasi, seperti:

  • Penggunaan fungsi-fungsi lain dalam ERP untuk membantu manajemen bisnis membangun produk baru.

  • Memperoleh informasi komprehensif tentang kegiatan bisnis selama ini dan mendapatkan gambaran lebih jelas tentang bagaimana proses bisnis berjalan secara keseluruhan.

  • Menciptakan kesempatan bagi pengambilan keputusan yang lebih baik untuk perubahan strategis sebagai respon terhadap perubahan lingkungan eksternal dan internal serta situasi pasar (pasar atau pasar potensial).

Konklusi 

Kesimpulannya, ERP adalah alat yang hebat untuk membantu perusahaan menjadi lebih efisien dan menguntungkan. Ini dapat digunakan di industri apa pun dan oleh berbagai ukuran perusahaan; namun, ini sangat bermanfaat bagi perusahaan besar dengan banyak departemen atau lokasi berbeda yang tersebar di seluruh dunia. 

 

By roket