27/11/2020

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

Pengertian & Fungsi Kabel UTP

3 min read

Kabel unshielded twisted pair (UTP) atau biasa disebut dengan kabel jaringan / kabel LAN merupakan salah satu kebutuhan terpenting dalam sebuah jaringan komputer. Jaringan komputer tidak dapat terhubung tanpa kabel ini (kecuali Anda menggunakan jaringan nirkabel).

Fungsi dari kabel UTP adalah untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.

PENGERTIAN SINGKAT TENTANG KABEL UTP

Kabel UTP merupakan alat untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lainnya. Kabel ini berisi 8 kabel kecil dengan warna berbeda yang dibungkus dalam 4 pasang kabel. Kabel mungil ini tidak melintir tanpa alasan, melainkan fungsinya untuk menghilangkan dan menyebabkan kebocoran.

PENAMAAN KABEL

Mengapa kabel jaringan ini disebut tidak terlindungi? Ini karena kabel UTP terbuka dan rentan terhadap gangguan elektromagnetik. Lalu kenapa kabel ini disebut twisted pair? Seperti yang sobat ketahui diatas, masing-masing 8 kabel dililitkan pada kedua kabel kabel UTP tersebut untuk membuat 4 pasang kabel.

FUNGSI SETIAP WARNA KABEL PADA KABEL UTP

Ada beberapa kabel dengan warna berbeda dalam satu kabel UTP. Setiap kawat memiliki warna orange, white-orange, green, white-green, blue, white-blue, brown dan white-brown. Setiap kabel memiliki peran dan tugasnya masing-masing.

KATEGORI KABEL UTP

Kabel UTP dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kualitas transmisi datanya. Kategori kabel UTP biasanya disebut CAT [x]. X adalah kabel UTP nomor kategori 1. Semakin tinggi kategori x, semakin cepat pula kecepatan transfer datanya. Berikut beberapa kategori kabel UTP yang ada saat ini.

CAT1 (Kategori 1)

Kabel UTP CAT1 adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi data paling rendah, yaitu hanya 1 Mbit / s. Pada kecepatan lambat, kabel UTP kategori ini sangat tidak cocok untuk media transfer data antar komputer dalam jaringan.

Kabel ini ditujukan untuk komunikasi data suara analog saja, sehingga penggunaannya terbatas pada telepon saja. Pada tahun 1983, kabel kategori komunikasi telepon analog menjadi luas dengan Plain Old Telephone Service (POTS).

Yuk ketahui juga untuk cara membuat foto polaroid yang keren habis, semua cara membuat polaroid pada tautan tersebut akan kita bahas step by stepnya.

CAT2 (Kategori 2)

Kabel CAT2 UTP sedikit lebih baik daripada kabel CAT1, dimana kategori kabel ini dapat mengirimkan suara dan data dengan kecepatan terbaik hingga 4 Mbit / s. Kabel CAT2 digunakan dalam jaringan yang menghubungkan node dalam jaringan dengan teknologi Token Ring.

CAT3 (kategori 3)

Kategori selanjutnya adalah CAT3. Karena penggunaannya, kabel ini digunakan pada jaringan yang sama dengan CAT2, yaitu jaringan Token Ring dengan fungsi transmisi data dan suara. Bahkan, ini menggantikan kabel UTP CAT2 dengan kecepatan transfer data berkualitas tinggi 10 Mbit / s.

Selain itu, kabel Kategori 3 ini hanya mendukung jaringan 10BaseT (10 Mbit / s, baseband, twisted pair). Dengan kata lain, kabel CAT3 adalah kabel dengan kualitas paling rendah untuk menggunakan teknologi Ethernet, seperti juga teknologi jaringan saat ini.

CAT4 (Kategori 4)

Kabel UTP kategori 4 atau CAT4 masih digunakan untuk menggantikan kabel CAT3 atau CAT2 di jaringan Token Ring, namun dengan kecepatan transfer data 16 Mbps lebih cepat dari kabel UTP CAT3.

CAT5 (Kategori 5)

Kabel CAT5 UTP merupakan kabel UTP yang saat ini banyak digunakan dalam dunia jaringan komputer. Kecepatan transfer data hingga 100 Mbit / s, oleh karena itu jaringan Token Ring, Ethernet (10BaseT) dan FastEthernet (100BaseT) didukung.

Bahkan dukungan untuk GigabitEthernet (1000BaseT). Selain kecepatan transmisi yang dapat didukung oleh jaringan modern saat ini, kabel CAT5 UTP juga lebih murah daripada kabel serat optik. Untuk jarak kurang dari 100 meter, hanya berlaku kecepatan 1 Gbit / s.

CAT5e (Kategori 5e)

Kabel CAT5e merupakan transformasi dari kabel CAT5 dengan kecepatan maksimal 1 Gbit / s. Dukungan untuk jaringan Gigabit Ethernet. Kategori ini adalah tingkat lanjutan dari CAT5 (dalam hal fungsi lebih baik daripada CAT5) yang diproyeksikan untuk digunakan pada jaringan GigabitEthernet pada frekuensi 100 MHz, walaupun kabel CAT6 direkomendasikan untuk jenis jaringan ini.

CAT6 (Kategori 6)

Kabel CAT6 adalah kabel UTP dengan kecepatan transfer data 1 Gbit / s dan frekuensi 200 MHz, yang lebih tinggi dari CAT5e. Lebih cocok untuk jaringan Gigabit Ethernet daripada kabel CAT5 atau CAT5e.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.