Arsip Infografis  – Produsen otomotif asal Jerman BMW memamerkan mobil terbarunya di ajang tahunan consumer electronic show atau CIS 2022 mobil yang dipamerkan yaitu BMW ixplode dibekali dengan teknologi eksterior yang dapat berganti-ganti warna.

Perubahan warna dimungkinkan dengan bungkus body yang dikembangkan secara khusus dan dipasang secara presisi mengikuti kontur eksterior mobil. Ketika diberi rangsangan sinyal listrik teknologi elektroforesis membawa pigmen warna yang berbeda di permukaan sehingga lapisan eksterior mobil mengambil warna sesuai dengan yang diinginkan.

Teknologi ini membuat BMW selangkah di depan dalam hal teknologi eksterior mobil teknologi. Inc yang inovatif membuka cara baru untuk mengubah penampilan kendaraan sesuai dengan preferensi estetika pengemudi dan juga kondisi lingkungan teknologi.

Teknologi elektrik foresis EIN ini adalah teknologi eksklusif yang dikembangkan oleh perusahaan Mein corporation yang meniru tampilan tinta di atas kertas. Elektroforesis berasal dari kata Yunani yaitu elektron yang berkaitan dengan muatan atau sifat menarik dan foresis yang berarti migrasi atau gerakan.

Dalam definisi yang lebih teknis elektroforesis adalah gerakan partikel terdispersi secara relatif terhadap cairan di bawah pengaruh medan listrik seragam spasial. Elektroforesis sebenarnya adalah teknik yang digunakan di laboratorium. Para peneliti dari bidang genetika dan biologi molekular menggunakan elektroforesis untuk analisis DNA dan juga ERNE.

Teknik ini melibatkan pemisahan makro molekul berdasarkan ukuran dengan menerapkan muatan negatif sehingga molekul bergerak menuju muatan positif. Proses yang sama ini berlaku untuk teknologi tampilan elektroforesis. Kontrak Sewa Ruko 

Sederhananya tampilan elektroforesis bekerja dengan menggerakkan partikel pigmen bermuatan negatif dan positif dengan menerapkan medan listrik positif atau negatif. Peralihan antara medan listrik positif dan negatif menghasilkan gerakan dan penempatan yang bervariasi dari partikel pigmen yang bermuatan negatif dan positif.

Incorporation menjelaskan bahwa teknologi tinta elektronik mereka sebagai jenis layar yang terbuat dari jutaan mikrokapsul kecil transparan berukuran sekitar diameter rambut manusia. Setiap mikrokapsul mewakili satu piksel dan masing-masing berisi partikel pigmen putih bermuatan positif dan partikel pigmen hitam yang bermuatan negatif.

Ketika medan listrik diterapkan pada mikrokapsul, partikel hitam bermuatan negatif bergerak ke satu arah sedangkan partikel putih bermuatan positif bergerak ke arah lain. Begitu partikel berada di tempatnya mereka akan tersuspensi bahkan ketika medan listrik dihilangkan ketika medan listrik di balik partikel bertukar tempat karakteristik ini memungkinkan mikrokapsul hampir tidak menggunakan energi saat partikel tersuspensi.

Awalnya teknologi ingini hanya menampilkan gambar dan teks dalam skala abu-abu namun saat ini ingin mampu menghasilkan gambar dan teks berwarna dengan menggunakan filter warna diatas layer Inc.

Aplikasi teknologi ingini pada mobil BMW akan membawa ke level yang sangat berbeda. Kita bisa mengganti warna mobil sesuai dengan suasana bahkan mungkin bisa mengkamuflase seperti keadaan sekitar seperti mengikuti warna rumput, bebatuan ataupun warna padang pasir.

Warna eksterior yang berbeda juga meningkatkan efisiensi kendaraan misalnya saat panas, warna akan berubah menjadi terang agar tidak menyerap panas dari matahari. Dengan begitu mobil akan menghemat energi untuk AC atau pendingin udara.

Dalam cuaca yang dingin warna eksterior yang gelap akan membuat suasana didalam lebih hangat karena warna hitam cenderung bisa menyerap panas. Dalam mobil listrik efisiensi energi berarti akan meningkatkan jarak tempuh kendaraan.

Teknologi Inc teruji sangat hemat energi dibandingkan dengan layar proyektor sebab teknologi ingin tidak membutuhkan energi untuk menjaga keadaan warna yang dipilih menjadi konstan. Arus listrik hanya dibutuhkan saat perubahan warna yang sangat singkat.

Cara penggunaan Inc

Pada proyek percontohan ini tim pengembang dari BM double you harus bekerja ekstra keras pada detail aplikasinya yang harus dilakukan secara manual. Untuk mengcover badan kendaraan harus dilakukan simulasi template terlebih dahulu dengan menggunakan kertas karton presisi.

Tim lalu melakukan pengujian elektroforesis pada material rubbing khusus yang diberi jalur tembaga tipis berbentuk diagonal untuk mengalirkan arus listrik. Komputer lalu melakukan desain modeling 3D agar sesuai dengan kontur bodi mobil dan tetap menjaga jalur tembaga saling terhubung dengan sempurna.

Modelling ini sangat penting karena lekuk bodi harus bisa dicover secara akurat dan presisi. Setelah dilakukan modelling mulai dilakukan cutting atau pemotongan lembar elektroforesis dengan menggunakan mesin potong CNC atau laser cutting. Aplikasinya pada kendaraan mirip dengan proses pemasangan stiker.

Tahapan yang paling rumit berikutnya adalah menghubungkan jaringan kabel tembaga yang ada di tepi lembaran Inc. Sebelum saling dikoneksikan di tiap lembar yang menempel harus diuji dulu dengan memberikan arus listrik dan mensimulasikan warnanya.

Selain bodi pelek roda perusahaan juga bisa menerapkan teknologi ini sehingga mobil akan benar-benar bisa berkamuflase secara optimal. Para Enginer BMW menyatakan bahwa teknologi ini masih sangat awal namun potensinya bisa jauh lebih maju kedepannya.

Enginer sudah menemukan banyak langkah solusi yang lebih efisien untuk aplikasi secara massal dan membuat material yang bisa jauh lebih murah. Terobosan dari teknologi BMW ini kemungkinan akan membawa revolusi eksterior mobil di masa depan.