26/07/2021

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

Mengenali Tipe Burung Unik yang Berada di Indonesia

4 min read
burung-unik

Indonesia memang populer sebagai negara yang kaya sumber daya alamnya. Karena melimpahnya sumber daya alam berikut, nampaklah flora atau fauna yang bermacam yang memukau.

Keberagaman hayati yang mengagumkan ini juga tidak lepas karena ada tipe burung yang menakjubkan. Ingin ketahui apa burung unik yang dipunyai oleh Indonesia? Baca pembahasannya.

Keanekaragam Burung di Indonesia


Burung Maleo

Unggas pertama kali yang populer benar-benar unik di Indonesia yaitu burung Maleo. Karena datang dari Pulau Sulawesi, hingga burung Maleo tidak dapat ditemui di lain wilayah atau di luar negeri. Menariknya kembali, burung satu ini seringkali berjalan pada darat dibanding terbang semestinya burung pada umumnya. Tidak cuman hanya itu, sikap dari burung Maleo termasuk sangatlah unik.

Burung Merpati Nicobar

Dipanggil sebagai junai emas, burung Merpati Nicobar memang bertubuh yang dipenuhi oleh bulu-bulu warna warni bak pelangi. Sesuai namanya, burung ini datang dari Kepulauan Nicobar yang disebut daerah India. Walau demikian, burung Merpati Nicobar ini bisa juga ditemui secara mudah di beberapa daerah nusantara.

Karena memiliki bentuk yang paling cantik berikut, https://pleci.id/ membuat burung Merpati Nicobar sering jadi target buat hiasan yang lain atau rumah. Tidak sangsi bila kehadiran burung unik ini benar-benar diproteksi oleh pemerintah setempat. Mempunyai panjang yang capai 40 cm dan berat sampai 600 gr, burung bernama lain Caloenas nicobarica jadi spesies merpati paling besar di dunia.

Burung Paruh-Kodok

Mempunyai muka yang paling menggemaskan, unggas namanya burung Paruh-Kodok menjadi satu diantara spesies epidemik yang dipunyai Indonesia. Karena paruhnya yang lebar dan mata melototnya, membuat burung ini dipanggil sebagai Paruh-Kodok. Walau sepintas kelihatan seperti burung hantu, tetapi unggas ini mempunyai ketidaksamaan yang paling mencolok.

Perlu anda kenali, bila burung Paruh-Kodok sekarang mempunyai lebih kurang dua belas spesies yang dapat ditemui secara mudah di daerah Indonesia. Misalkan saja Paruh-Kodok Papua atau Podargus papuensis, Paruh-Kodok Jawa atau Batrachostomus javensis, dan Paruh-Kodok Sunda atau Batrachostomus cornutus. Luar biasanya kembali, burung ini mempunyai kekuatan penyamaran yang bagus karena warna bulunya.

Burung-Kasuari

Burung Kasuari

Menjadi satu diantara burung paling besar di dunia, burung Kasuari dapat ditemui secara mudah di Papua atau Kepulauan Maluku. Mempunyai wujud seperti burung unta, unggas satu ini jauh kelihatan benar-benar anggun. Di mana badan dari burung unik ini terikat bulu-bulu hitam lebat seperti rambut dan ada jambul yang membubung tinggi di kepalanya.

Burung Kasuari yang ada di Indonesia sekarang ada tiga jenis spesies, yaitu kasuari selatan atau Casuarius casuarius, kasuari utara atau Casuarius unappendiculatus, dan kasuari kerdil atau Casuarius bennetti. Antara ke-3 spesies itu, kasuari yang berbobot terbesar yaitu kasuari selatan dengan tinggi capai dua mtr. dan berat sampai 76 kilogram.

Burung Cendrawasih

Tidak kalah menariknya dengan burung Merpati Nicobar, unggas namanya burung Cenderawasih ini sebagai fauna asli datang dari Indonesia. Sering ada di tanah Papua, burung Cendrawasih memang mempunyai wujud badan yang unik dan dibalut dengan kombinasi bulu-bulu warna warninya yang cantik. Tidak sangsi bila beberapa orang mengincar burung ini untuk dipakai sebagai hiasan.

Salah satunya spesiesnya yang mempunyai performa unik yaitu burung Cendrawasih botak atau Cicinnurus respublica. Spesies satu ini sebagai burung epidemik Pulau Batanta dan Waigeo yang disebut sisi dari Kepulauan Raja Ampat di Papua. Tetapi sayang, burung unik ini mulai hampir musnah karena ada kerusakan alam di komunitasnya.

Burung-Cendrawasih

Burung Grebe Australasia

Jika anda menyaksikan burung Grebe Australasia secara sepintas, performanya memang seperti bebek. Tetapi sebetulnya, unggas ini sebagai spesies burung air yang paling menarik. Sesuai namanya, burung ini datang dari negara Australia. Walau demikian, anda bisa menemuinya secara mudah di Indonesia.

Masalahnya distribusi burung namanya lain Tachybaptus novaehollandiae ini menyebar dimulai dari Australia, Selandia Baru, Papua, Maluku, sampai ke Jawa. Karena ukuran yang paling kecil yaitu cuman sekitar 25 sampai 27 cm, tidaklah aneh bila burung ini dipanggil sebagai perenang dan penyelam paling andal dibanding burung lainnya.

Burung Hantu

Walau burung Hantu menyebar di penjuru dunia, tetapi anda dapat menemui spesies burung Hantu yang unik di Indonesia, misalkan saja burung Hantu Menggonggong. Mempunyai nama yang cukup unik, ini tidak lain karena suaranya seperti suara anjing ketika menggonggong. Tidaklah aneh bila banyak yang mengatakan dengan istilah ini.

Mempunyai wujud yang lebih sedang, burung bernama lain Ninox connivens ini dapat diketemukan di Indonesia persisnya yaitu di teritori Kepulauan Maluku. Jika disaksikan secara sepintas, unggas ini seperti burung hantu pada umumnya. Tetapi rupanya ukuran kepalanya lumayan kecil dengan matanya yang paling tajam ketika melihat.

Burung Osprey

Cukup banyak orang menyebutkan burung satu ini dengan istilah burung elang elang ikan atau laut. Masalahnya burung pemangsa ini sering lakukan laganya di atas perairan laut yang luas buat tangkap ikan sebagai makanannya. Walau seperti terlihat burung Elang, sebenarnya burung unik ini mempunyai ketidaksamaan yang sangat menonjol.

Di mana burung bernama lain Pandion haliaetus sebagai hanya satu spesies dalam kerabat Pandionidae, sementara elang bergabung pada kerabat Accipitridae. Sebetulnya burung Osprey sudah menyebar di sebagian besar benua di dunia terhitung Indonesia. Tetapi jika ingin melihatnya langsung, burung ini dapat ditemui secara mudah di Pulau Sumatra dan Kalimantan.

Burung Jacana

Burung Jacana sudah populer sampai pelosok nusantara karena kekhasan yang dipunyainya. Di mana burung ini mempunyai wujud kaki benar-benar langsing dan panjang. Karena wujud kaki semacam ini, membuat burung Jacana dapat berjalan pada atas teratai atau tanaman air lain lebih mudah. Salah satunya spesies yang namanya burung Jacana Ekor Pegar dapat ditemui di daerah Indonesia.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.