Keuangan adalah kebutuhan utama yang harus dikelola sedemikian rupa. Menjadi pegawai di coworking space jakarta berarti menerima gaji setiap bulan. Sayangnya, seluruh nominal gaji tidak bisa dimasukkan ke dalam tabungan.

Beberapa orang bekerja dengan tujuan menghidupi kebutuhan dari gaji dan sejumlah keinginan. Maka dari itu, pengeluaran harus diatur dengan baik sehingga tetap berkecukupan selama sebulan, bahkan mungkin sampai bulan berikutnya.

Tips Mengatur Pengeluaran agar Tetap Hemat

Seperti yang diketahui sebagai masalah umum, menghemat adalah jalan utama untuk bertahan hidup dari gaji. Sikap hemat juga bisa memberikan keuntungan, yaitu kesempatan untuk bisa menabung demi kepentingan di hari tua. Bagaimana tipsnya?

  1. Catat Pengeluaran

    Tips pertama adalah dengan selalu mencatat setiap kali ada dana yang keluar. Lakukan pencatatan dengan konsisten dan rutin. Perhatikan daftar aliran dana yang keluar dan lihat untuk apa saja dana tersebut digunakan.

  2. Utamakan Membeli Barang Kebutuhan

    Beli benda-benda yang menjadi kebutuhan, bukan karena mengikuti apa yang sedang menjadi tren saat itu. Jika hanya mengikuti kemauan, maka pengeluaran akan membengkak dan seolah terpakai dengan sia-sia.

  3. Bawa Bekal

    Tips ini sebenarnya tidak hanya berlaku bagi pekerja virtual office jakarta saja, tetapi sudah disarankan sejak dini ketika masih bersekolah. Membawa bekal ke kantor secara otomatis akan mengurangi pengeluaran karena beberapa menu makanan di tempat makan harganya lebih mahal.

    Karena itu, cobalah untuk makan siang dengan menu yang sudah disiapkan dari rumah atau kost untuk makanan satu hari. Tumbuhkan niat untuk bangun lebih awal agar makanan dapat disiapkan sebelum jam berangkat kantor.

  4. Berburu Promo dan Diskon

    Tips jitu selanjutnya adalah dengan berburu diskon dan promo. Kegiatan ini efektif dalam menjaga pengeluaran, sebab pembelian menggunakan harga yang lebih rendah dari biasanya.

    Berburu diskon memang ampuh apabila ingin membeli keinginan para pekerja virtual office Jakarta, tapi akan lebih bagus lagi apabila mencari barang kebutuhan yang sedang diskon.

  5. Pengaturan Budget 50-30-20

    Pengaturan ini adalah salah satu metode mengelola keuangan yang sedang populer dan cukup efektif. Jika saat ini masih belum tahu atau bingung seperti apa formula umum yang cocok dicoba, gunakan formula 50-30-20 ini.

    Setiap bulannya, bagi nominal gaji dengan besaran atau perbandingan 50% untuk keperluan utama, 30% untuk kebutuhan sampingan, dan 20% untuk menabung atau investasi. Tabungan bisa disimpan di dalam rekening, atau berinvestasi reksadana atau saham.

  6. Hindari Menggunakan Kartu Kredit

    Kartu kredit memang akan mempermudah pembayaran, tetapi besar tagihan justru akan menjadi beban sebab pengeluaran secara otomatis akan bertambah. Sikap konsumtif pun akan terpicu sehingga berbelanja dilakukan tanpa pertimbangan yang lebih dalam.

Bekerja langsung di coworking space Jakarta berarti memasukkan ongkos atau biaya bensin ke dalam pengeluaran. Lakukan strategi yang tepat agar nominal gaji dapat dikelola dengan efektif. Dengan demikian, kondisi keuangan pun bisa tetap stabil dan kebutuhan selalu tercukupi.

By roket