Kita semua pernah mendengar tentang manfaat retinol untuk kulit, tetapi apakah Anda menggunakannya? Dan jika ya, apakah Anda mendapatkan hasil maksimal dari rutinitas perawatan kulit Anda? Jika belum, inilah alasan mengapa Anda perlu memulainya:

Retinol adalah bahan anti-penuaan terbaik yang dapat Anda gunakan.

Retinol adalah bentuk vitamin A yang menawarkan banyak manfaat untuk kulit Anda. Retinol adalah salah satu bahan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengatasi anti-penuaan, jerawat, dan masalah kulit lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa retinol adalah bentuk vitamin A yang lebih kuat, sehingga dapat menyebabkan iritasi bagi sebagian orang ketika diterapkan langsung pada kulit. Itulah sebabnya retinol sering ditemukan dalam produk dengan konsentrasi yang lebih rendah seperti krim dan serum yang dijual bebas (1).

Namun, jika Anda ingin mendapatkan semua manfaat yang ditawarkan bahan ini, maka menggunakannya langsung pada wajah Anda akan diperlukan di beberapa titik!

Retinol menghaluskan tekstur kulit.

Menurut American Academy of Dermatology, retinol membantu menghaluskan tekstur kulit dan membantu memperbaiki tampilan garis-garis halus dan kerutan. Retinol juga mengurangi tampilan pori-pori besar. Sedangkan untuk bekas jerawat, ini dapat dikurangi dengan penggunaan retinol secara teratur selama beberapa bulan.

Retinol adalah turunan vitamin A yang bekerja untuk mempercepat pergantian sel di kulit Anda. Proses ini menyebabkan sel-sel mati terlepas lebih cepat dari epidermis Anda (lapisan terluar), yang membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan karena tidak terlalu terlihat ketika tidak tertutupi oleh lapisan demi lapisan sel kulit mati yang telah terakumulasi dari waktu ke waktu!

Retinol meningkatkan produksi kolagen.

Kulit Anda terdiri atas tiga lapisan: epidermis, dermis dan hipodermis. Epidermis adalah lapisan terluar kulit Anda yang dapat Anda lihat. Epidermis melindungi Anda dari sinar UV dan penuaan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Epidermis juga memproduksi sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel lama sesuai kebutuhan sehingga kulit tetap sehat dan tampak muda.

Dermis adalah lapisan paling tebal dari kulit Anda yang mengandung kolagen (protein) dan elastin (protein lain). Kolagen memberikan kekuatan pada tubuh Anda, sementara elastin memberikan elastisitas sehingga kulit Anda dapat memantul kembali setelah diregangkan atau mengalami stres. Hal ini membantu mencegah keriput dengan memungkinkan fleksibilitas dalam jaringan wajah Anda tanpa kendur atau berkerut dari waktu ke waktu karena tarikan gravitasi pada otot-otot wajah ketika mereka tidak didukung dengan baik oleh kedua protein ini yang menyatukan semuanya di bawah tekanan dari atas!

Retinol mencegah hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Dengan konsentrasi antioksidannya yang tinggi, retinol adalah pilihan yang bagus untuk mencegah hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Hal ini dapat sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki warna kulit yang lebih gelap (yang memiliki risiko lebih tinggi terkena hiperpigmentasi) dan bagi mereka yang sudah mulai mengembangkan bintik-bintik hitam di wajah mereka.

Retinol juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi munculnya kemerahan pada kulit.

Retinol mengurangi munculnya bintik-bintik hitam.

Manfaat lain dari retinol adalah telah terbukti mengurangi munculnya bintik-bintik hitam, bintik-bintik dan perubahan warna kulit lainnya. Retinol juga telah terbukti membantu menekan pertumbuhan sel melanoma dan membunuh sel tumor dalam penelitian. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki bintik-bintik hitam atau bintik-bintik karena kerusakan akibat sinar matahari (seperti terbakar sinar matahari), retinol mungkin dapat membantu membuatnya kurang terlihat juga!

Jika Anda ingin menggunakan produk dengan retinol dalam perawatan kulit Anda, perlu diingat:

Beberapa orang mengalami iritasi ringan ketika menggunakan bahan ini untuk pertama kalinya; mulailah perlahan-lahan dengan produk konsentrasi rendah seperti 0,1% atau 0,25% Tretinoin Cream dari SkinCeuticals® dan tingkatkan dari sana jika diperlukan

  • Jika kulit Anda menjadi teriritasi setelah menggunakan produk dengan konsentrasi yang lebih tinggi seperti 1% atau 2%, segera hentikan penggunaannya sampai iritasi mereda

Retinol mengelupas dan mencerahkan kulit.

Retinol mengeksfoliasi dan mencerahkan kulit.

Eksfoliasi adalah kunci untuk menjaga kulit awet muda, karena mengelupas sel-sel mati dan membantu menjaga pori-pori tetap bersih. Retinol adalah exfoliant yang bagus karena memiliki struktur kimia yang mirip dengan vitamin A (retinol adalah bentuk alkohol dari asam retinoat) dan merangsang pembaruan sel dengan membantu mempercepat pergantian sel. Retinol juga mencegah bintik-bintik hitam, keriput, dan jerawat.

Gunakan retinol pada wajah Anda untuk terlihat lebih muda dan lebih bercahaya!

Retinol adalah bahan anti-penuaan terbaik yang dapat Anda gunakan pada kulit Anda. Retinol menghaluskan garis-garis halus dan kerutan, meningkatkan produksi kolagen, mencegah hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar UV, mengurangi bintik-bintik hitam dan meratakan warna kulit. Retinol tidak hanya membuat Anda terlihat lebih muda tetapi juga membuat kulit Anda lebih bercahaya dengan meningkatkan aliran darah ke wajah.

Baca artikel terkait minyak telon & baby lotion untuk bayi

Manfaat retinol untuk wajah:

  • Membantu mengobati bekas jerawat atau noda yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi atau bintik-bintik gelap pada kulit Anda
  • Mencegah penuaan dini akibat kerusakan akibat sinar matahari dengan merangsang produksi kolagen yang membantu mengencangkan kulit kendur yang longgar

 

 

 

 

By roket