Manfaat Membuat QRIS bagi Penjual dan Pembeli

Dengan adanya peran teknologi yang semakin berkembang, semua urusan menjadi lebih praktis dan cepat. Termasuk juga dengan hal transaksi. Metode non-tunai yang dilalilan melalui platform toko online. Terlebih lagi ada penggunaan QRIS yang menjadikannya lebih canggih dan praktis. Untuk mengenali lebih dekat, simak apa saja manfaat yang diperoleh dari penggunaan QRIS bagi penjual dan pembeli dan cara membuat QRIS.

Kenali Standard Pembayaran QRIS

Quick Response Indonesian Standard atau QRIS merupakan kode QR yang digunakan sesuai dengan standar pembayaran nasional untuk memfasilitasi sistem transaksi dengan menggunakan aplikasi non-tunai, seperti akum virtual, dompet digital, atau berbagai aplikasi fintech lainnya.  

Dengan adanya QRIS, kegiatan transaksi semakin mudah dilakukan. Selain itu, kegiatan ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun sehingga kedua pihak penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung di toko fisik.Pelayanan pembayaran transaksi juga menyediakan berbagai jenis pembayaran yang praktis.

Keuntungan Penggunaan QRIS yang Diperoleh Penjual

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa QRIS menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Salah satunya yaitu dari sisi penjual. Inilah mengapa banyak pebisnis online yang memanfaatkan pelayanan transaksi online. Disamping kemudahan ada juga banyak kemudahan lainnya yang dapat menarik calon pelanggan untuk membuat QRIS.

1. Transaksi Semakin Praktis

Dengan memanfaatkan pelayanan QRIS, proses pembayaran menjadi lebih sederhana dan instan. Hal ini karena merchant cukup hanya menggunakan satu kode QR untuk melayani para pelanggannya dengan bantuan aplikasi pembayaran yang telah berizin resmi di Indonesia. Selain itu, QRIS membuat tampilan meja kasir menjadi lebih rapi tanpa memajang banyak QR code.

2. Terhindari dari Uang Palsu

Dengan menggunakan QRIS, tentunya pebisnis akan terhindar dari peredaran uang palsu yang marak secara otomatis. Hal ini karena penggunaan kode QR tidak memerlukan uang tunai fisik melainkan dalam bentuk online. Oleh sebab itu, pembayaran melalui internet dinilai lebih aman dan nyaman bagi penggunannya.

Keuntungan Penggunaan QRIS yang Diperoleh Pembeli

1. Tidak Perlu Biaya Transportasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan membayar online, pembeli tidak perlu keluar rumah dan cukup hanya berdiam diri sambil mengakses aplikasi melalui smartphone. Dengan ini, pelanggan tidak perlu repot-repot untuk mengeluarkan biaya transportasi atau bensin agar sampai ke toko.

2. Tidak Perlu Mengantri

Selain gratis biaya transportasi, pembeli juga merasakan dampak positif dari penggunaan QRIS yaitu tidak perlu menunggu lama di antrian yang panjang. Dengan ini, pembeli tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga hanya untuk membeli suatu produk. Alhasil, biayanya lebih murah dan biaya dapat dialokasikan untuk keperluan lainnya.

Demikian informasi mengenai manfaat dari penggunaan kode QR sebagai metode pembayaran online. Hal ini tentunya membuat anda tertarik untuk membuat QRIS agar keperluan jual beli menjadi lebih mudah dan cepat. Layanan Duitku siap membantu anda menunjang kegiatan transaksi dengan aman dan nyaman.