14/05/2021

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

Manfaat Daun Sirih Selain Untuk Mengobati Luka.

2 min read
manfaat daun sirih

Sirih (piper betle) tanaman merambat yang sering dimanfaatkan daunya sebagai obat herbal. Daun sirih sering kali dimanfaatkan sebagai obat luka, hal ini karena tanaman sirih mempunyai kefektivitas seperti antiseptik.

Daun sirih diketahui mempunyai kemampuan antibakteri, antifungi, antiradang, antiiflamasi, antioksidan serta antimikroba. Hal tersebutlah yang membuat tanaman satu ini banyak digunakan untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sirih

Simak Berikut ini beberapa manfaat daun sirih selain untuk mengobati luka pada kulit, diantaranya.

1. Menghilangkan bau badan.

Yang pertama sirih bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di tubuh. Bau tak sedap dapat dikarenakan adanya bakteri dan jamur yang tumbuh, dan hal ini akan semakin bertambah apabila kamu berkeringat.

Masalah bau badan terkadang tak bisa hilang hanya dengan mandi setiap hari, pasalnya terkadang baru selesai mandi dan dalam beberapa jam kedepan bau badan timbul kembali.

Untuk itu kamu bisa mencoba daun sirih dalam mengatasi bau badan tersebut. Cukup rebus daun sirih lalu gunakan untuk membilas tubuh saat mandi, selain itu ada baiknya baju kamu juga direndam menggunakan sirih dan dicuci secara bersih.

2. Sirih menurunkan kolesterol jahat.

Kadar kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Penelitian menemukan bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan kolesterol jahat, serta membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dimobilisasi dari plasma ke hati, kemudian dihilangkan dalam bentuk asam empedu.

Untuk mensiasatinya kamu bisa mengkonsumsi sirih secara teratur.

3. Menghilangkan bau mulut dan karang gigi.

Berkumur-kumur menggunakan air rebusan dau sirih bisa mengurangi pembentukan plak atau karang gigi dan sekaligus mengatasi bau tak sedap pada mulut.

4. Mengatasi mimisan.

Mimisan merupakan bertandanya ada pendarahan pada hidung, hal ini karena adanya pembuluh darah yang pecah. Mimisan dapat terjadi karena adanya benturan, gesekan saat mengupil serta telaput hidung mengering.

Walau terlihat mengerikan namun mimisan bukan lah hal yang berbahaya, umunya mimisan dapat berhenti dengan sendirinya dalam beberapa menit. Namun jika kamu merasa aneh cobalah untuk menggunakan daun sirih dalam menghentikan pedarahan.

Cukup plitir daun sirih sampai mengeluarkan airnya, setelah itu masukan ke dalam hidung dan tunggu beberapa menit, dan mimisan akan berhenti.

5. Meringankan nyeri lambung.

Daun sirih yang rendam menggunakan air panas terbukti memiliki lendir yang berguna untuk melapisi lambung.

Hal ini tentunya manfaat rebusan daun sirih sebagai melindungi dinding lambung dan menghindari gesekan yang mana menyebabkan terluka.

Jika kamu merasakan nyeri lambung, coba mengkonsumsi air rendaman daun sirih sebagai salah satu alternatig mengatasinya.

Nah itulah beberapa manfaat dari daun sirih selain mengobati luka pada kulit.

Perlu kamu ingat sebaik-baiknya menggunakan obat herbal dari tanaman, baiknya untuk tidak menggunakan secara berlebihan.

Walaupun hal tersebut merupakan cara alami namun kemungkinan bisa menyebabkan efek samping.

Sumber : healty99

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.