Lokasi Rekreasi di Dieng yang Dapat Didatangi Untuk Berlibur

Lokasi Rekreasi di Dieng ya Rekan Pelancong yang ada di Jawa tengah dapat singgah berlibur pada 4 lokasi rekreasi di Dieng berikut, dapat didatangi saat akhir minggu kelak. Refreshing sesaat pada alamnya yang menentramkan dan memiliki keelokan kekal. Yok baca penjelasannya.

1. Candi Arjuno

Pertama ada Candi Arjuno, kompleks candi Hindu yang aktif dipakai untuk upacara Galungan dan Ruwatan Anak Gimbal. Rekan Pelancong dapat menyaksikan keelokan situs kuno ini dengan panorama daratan tinggi Dieng yang mempersejuk.

Peristiwa paling dinanti ialah di saat bulan Mei-Agustus ada peristiwa embun es yang kelihatan pada rumput-rumputan kompleks candi. Sarana rekreasi ada tempat parkir, toilet umum, museum kailasa dan candi, harga ticket masuk Rp 20.000 per-orang (ticket terusan dari Kawah Sikidang).

Candi Arjuna ada di Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa tengah. Jam operasional rekreasi jam 07.30-17.00 WIB, membuka tiap hari.

baca : 4 Pantai di Lombok, Ada yang Seperti Ada dalam Planet Krypton

2. Savana Pangonan

Selanjutnya ada Savana Pangonan atau Savana Dieng sebagai padang rumput yang subur. Di sini Rekan Pelancong dapat menyaksikan sunrise atau sunset sekalian sekedar duduk pada rumput-rumputan atau membuat tenda, situasinya benar-benar syahdu menentramkan. Janganlah lupa mendokumentasikan peristiwa, berpose pada panoramanya.

Lajur ke arah savana tidak ada kesusahan dan memerlukan waktu sekitaran 30 menit trackking ke arah savana. Lokasinya masih satu tempat dengan Kawah Sikidang dan Candi Arjuna, untuk harga ticket masuk Rp 10.000 per-orang.

Savana Pangonan ada di Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa tengah. Jam operasional rekreasi jam 07.00-17.00 WIB, membuka tiap hari.

3. Telaga Dringo

Seterusnya ke arah rekreasi air di Telaga Dringo, masih sedikit pelancong yang ketahuinya. Telaga terselinap ini mempunyai keelokan seperti Ranu Kumbolo. Di sini Rekan Pelancong dapat kemping pada tempatnya dan nikmati sunrise yang mengagumkan.

baca juga : Tempat Liburan di Tapanuli Utara, Salah Satunya Ada Kolam Air Soda

Telaga Dringo sebagai telaga paling tinggi dengan ketinggian 2.202 mtr. dari permukaan laut (mdpl). Pemandangan bukit-bukit, rimba dan lembah akan menegur Rekan Pelancong di telaga ini. Harga ticket masuk benar-benar dapat dijangkau yakni Rp 5.000 per-orang. Telaga Dringo ada di Dusun Pekasiran, Batur, Banjarnegara, Jawa tengah. Jam operasional rekreasi membuka tiap hari sepanjang 24 jam.

4. Gunung Prau

Selanjutnya bila Rekan Pelancong hoby mendaki dapat coba pendakian ke arah pucuk Gunung Prau yang memiliki ketinggian 2565 mdpl. Saat sampai pucuknya akan disajikan panorama Gunung Sumbing, Merbabu, Sindoro dan Slamet dan kabut seperti pada atas awan. Apa lagi view saat sunrise benar-benar mengagumkan.

baca lagi : tour murah pulau papatheo jakarta

Sarana pada basecamp-nya ada toilet, musala, penitipan sepeda, warung logistik, pos pendakian, tempat camping dan sunrise poin. Ada 3 lajur pendakian yakni lewat Dieng, lewat Kalilembu, dan lewat Patak Banteng. Harga ticket masuk Rp 15.000 per-orang, ongkos parkir Rp 10.000 untuk motor, dan mobil Rp 20.000.

Gunung Prau ada di Kabupaten Tangkai, Kendal, Wonosobo, Jawa tengah, jam operasional membuka sepanjang 24 jam tiap hari.

Begitu daftar 4 lokasi rekreasi di Dieng dan sekelilingnya, dapat menjadi tujuan berlibur Rekan Pelancong seterusnya. Selalu aplikasikan dan menjaga prosedur kesehatannya ya!