Menurut islam dimanakah letak cincin tunangan yang tepat? Apakah harus ada syarat dan aturan tertentu untuk meletakkan cincin tunangan tersebut? Kali  ini kita akan membahas tentang letak cincin tunangan menurut islam.

Letak Cincin Tunangan Menurut Islam

Sebelum adanya Islam, cincin tunangan sudah dijadikan sebagai simbol pada zaman Romawi dan Yunani Kuno. Saat sepasang kekasih telah memutuskan untuk lanjut ke jenjang yang lebih serius, mereka menggunakan cincin sebagai simbol pengikat.

Dalam Islam sendiri, tidak ada penguat untuk mewajibkan cincin tunangan, tetapi jika cincin mahar ada dalama Hadits Nabawi.

Cincin Tunangan Menurut Islam

Dalam hadits tidak disebutkan cincin tunangan, oleh karena itu cincin tunangan ini hanya sekedar acara seremonial atau simbol dari ikatan sementara dari kedua pasangan. Selain letak cincin tunangan dalam islam, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

1. Apakah Pria Boleh Memakai Cincin?

Dalam beberapa hadits, pria diharamkan untuk menggunakan cincin emas. Namun, beberapa pendapat mengatakan bahwa diperbolehkan pria memakai cincin asalkan tidak terbuat dari emas.

Bahkan  dari Anas bin Malik RA yang mengatakan bahwa Rasulullah suka mengenakan cincin perak di jarinya. 

Maka dari itu pria diperbolehkan mengenakan cincin tunangan asalkan tidak terbuat dari emas.

2. Cincin Tunangan Bagi Wanita

Letak cincin tunangan dalam islam untuk wanita boleh di jari mana saja, tidak ada larangan dari hadits tertentu. Bentuk cincinnya terbuat dari emas, karena emas diperbolehkan untuk wanita.

Akan tetapi, karena tradisi sejak zaman dulu sudah menjadi simbol jari manis kiri sebagai tanda tunangan, jadi kebanyakan orang memasangnya di jari manis kiri.

3. Bahan Cincin Tunangan Pria

Selain letak cincin tunangan dalam islam, ada juga bahan yang harus menjadi alternatif dari emas untuk cincin tunangan pria. Salah satunya adalah logam perak yang dipakai juga oleh Rasulullah. Perak ini murah, dan lebih mudah untuk ditemukan.

Selain perak, ada juga bahan palladium yang bisa dijadikan pengganti dari logam emas. Namun, dari segi harga cincin palladium ini lebih mahal jika dibandingkan cincin perak.

Tetapi untuk kadar kekerasan, cincin palladium lebih keras dibandingkan dengan cincin perak. Ada lagi logam yang bisa dijadikan alternative emas, yakni platinum.

Platinum ini memiliki keunggulan karena tidak menyebabkan alergi di kulit. selain itu, platinum juga tidak mudah korosi seperti bahan logam lain

Dalam islam memang tidak ada hadits yang kuat tentang cincin tunangan ini, letak cincin tunangan dalam islam bagi wanita digunakan di jari manis kiri, sedangkan pria juga sama. Namun, untuk cincin pria diharamkan jika menggunakan cincin emas. 

Untuk itu dibutuhkan logam lain untuk menggantikan emas pada cincin tunangan pria. Itulah penjelasan letak cincin tunangan dalam islam. Semoga bermanfaat!