Manila: Tim Malaysia mengalami hasil yang beragam pada hari ketiga Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 di mana hanya satu pasangan tunggal dan lima ganda yang maju ke perempat final.

Di babak kedua tunggal putra, peringkat 7 dunia Lee Zii Jia mengalahkan peringkat 24 dunia Shesar Hiren Rhustavito dari Indonesia 21-14, 22-20 untuk melawan peringkat 14 dunia Kanta Tsuneyama dari Jepang di perempat final.

Tunggal putra Malaysia lainnya – peringkat 35 dunia Daren Liew dikalahkan oleh peringkat 8 dunia Jonatan Christie setelah pertarungan hebat. Liew akhirnya menyerah pada stamina dan kecepatan pemain Indonesia 14-21, 21-13, 19-21. Christie akan bertemu dengan juara dunia – Loh Kean Yew dari Singapura berikutnya.

Pasangan nomor 9 dunia Aaron Chia/Soh Wooi Yik mengalahkan Danny Bawa Chrisnanta/Andy Kwek Jun Liang dari Singapura 21-16, 21-19 untuk selanjutnya menghadapi petenis nomor 7 dunia Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dari India.

Pasangan putra Malaysia lainnya – Goh Sze Fei/Nur Izzuddin mengalahkan pasangan Korea Selatan, Kang Minhyuk/Kim Wonho 21-17, 21-17 untuk melaju ke babak delapan besar.

Goh/Izzuddin dijadwalkan bertemu pasangan China, Ren Xiang Yu/Tan Qiang yang tampil mengecewakan untuk mengalahkan unggulan 1 Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan 21-9, 21-15.

Sementara itu, Man Wei Chong/Tee Kai Wun juga tidak mengecewakan ketika mereka mengalahkan pasangan lokal, Christian Bernardo/Paul John Pantig 21-7, 21-12 untuk masuk ke perempat final.

“Saya pikir kami berdua bermain sangat baik hari ini tetapi kami akan menghadapi pertandingan yang sulit pada hari Jumat,” kata Man Wei Chong.

“Saya tidak ingin berpikir terlalu jauh, hanya ingin menjalani satu per satu pertandingan dan melakukan yang terbaik selama berada di sini,” tambah Man.

Man/Tee selanjutnya akan menghadapi No. 8 Dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dari Indonesia.

Di ganda campuran, juara Korea Terbuka Malaysia dan unggulan ke-7 Tan Kian Meng/Lai Pei Jing akan bertemu dengan unggulan ke-2 Yuta Watanabe/Arisa Higashino dari Jepang sedangkan unggulan ke-7 Pearly Tan/Thinaah Muralitharan akan melawan unggulan ke-4. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dari Jepang untuk tiket ke semifinal ganda putri.

Baca artikel terbaru mengenai bulu tangkis di berita bulutangkis

Pelajari juga cedera dalam bulu tangkis di artikel jenis cedera bulutangkis