Langkah Menanam Kelapa dapat kita dalami dimanapun, di sini akan diterangkan bagaimana Langkah Menanam Kelapa yang benar dan baik supaya hasilkan kelapa yang berkualitas.

Langkah Menanam Kelapa Yang Pas Dan Langkah Budidayanya

Table of Contents

Pemahaman Kelapa
Tehnik Menanam Kelapa1. Pilih Benih
2. Mempersiapkan Benih
3. Tehnik Penyemaian Dengan Polybag
4. Perpindahan Bibit
5. Media Tanam
6. Pemrosesan Media Tanam
7. Tehnik Penanaman
8. Sistem Penanaman
9. Penyiangan
10. Penjarangan Dan Penyulaman
11. Perampalan
12. Pemupukan
13. Tehnik Perawatan

Panduan Budidaya Pohon KelapaSyarat Tumbuh Tanaman Kelapa Berdasar Ketinggian Tempat Penanaman

Tipe Varietas Kelapa untuk Budidaya1. Varietas Tanaman Kelapa Type Dalam
2. Varietas Tanaman Kelapa Type Genjah
3. Varietas Tanaman Kelapa Type Hibrida
4. Kelapa Genjah Kuning Bali
5. Kelapa Genjah Kuning Nias
6. Varietas Kelapa Genjah Salak
7. Varietas Kelapa Dalam Takome
8. Kelapa Dalam Sawarna
9. Varietas Kelapa Dalam Palu
10. Varietas Kelapa Daun Tenga
11. Varietas Kelapa Dalam Bali
12. Varietas Kelapa Dalam Mapengat

Pemahaman Kelapa

Cocos nucifera ataupun lebih dikenali dengan kelapa, ialah salah satu bagian keluarga kelapa. Disamping itu, karena sebagian besar Indonesia ada di pesisir pantai, karena itu kelapa ini lebih gampang didapat, dan tanaman ini sebagai tanaman yang terbanyak dipakai baik dari sisi ekonomi atau kehidupan sosial warga pesisir itu.

Sebagai contoh, budidaya kelapa sebagai salah satunya contoh usaha yang bisa mendapatkan uang yang relatif besar karena keperluan makan selalu memerlukan kelapa, khususnya es cream. Berikut beberapa tehnik yang diperlukan saat menanam kelapa.

Tehnik Menanam Kelapa

1. Pilih Benih

Benih yang dipakai datang dari pohon induk yang berusia 20-40 tahun. Dan Pergerakan produksi buah 80-120 buah / pohon / tahun atau prediksi lain sekitaran 25 kg / pohon / tahun, tangkai lempeng dan kuat dengan daun bersih dan tanaman bebas hama dan penyakit.

Untuk penyeleksian bibit bisa diputuskan tanaman yang berusia lebih kurang 12 bulan. Selanjutnya Cari buah kelapa dengan 4/5 segi batok kelapa yang warna coklat, bundar dan cukup lonjong, lembut dan lembut, panjang buah kurang lebih. 22-25 cm dan lebar buah kurang lebih. 17-22 cm.

2. Mempersiapkan Benih

Sesudah benih dilaksanakan penyeleksian, bibit seharusnya diistirahatkan sepanjang lebih kurang 1 bulan di lokasi yang udaranya fresh, tidak bocor, kering dan tidak terserang cahaya matahari langsung. Temperatur udara yang betul untuk tempat ini ialah 25 sampai 27 ° C.

3. Tehnik Penyemaian Dengan Polybag

– Beri benih kelapa sejauh 5 cm, cedera di mana kelapa ada disebelah tangkai yang menghadap ke segi terlebar dengan pisau. Pemberian cedera seharusnya tidak dilaksanakan 2x.
– Lalu Tanam benih sekitaran 2/3 sisi dalam cedera mengarah ke atas dan mikrotil menghadap ke arah timur.
– Selanjutnya Status segitiga jadi tangensial lewat status tanam. Dan dalam per mtr. persegi itu diisi sekitaran 30-35 biji.
– Status segitiga jadi tangensial lewat status tanam. Dalam per mtr. persegi itu diisi sekitaran 30-35 biji.
– Kemudian Penaburan dalam polybag memerlukan waktu sekitaran 6 sampai 12 bulan dan memulai tumbuh sekitaran 6 lembar daun dengan tinggi tangkai sekitaran 90 sampai 100 cm

4. Perpindahan Bibit

Bibit seharusnya dipindah di awal musim penghujan. Bibit polybag perlu dipindah saat tanaman capai usia 9-12 bulan. Akar yang ada di luar polybag harus dipotong dua sampai tiga hari kemarin.

5. Media Tanam

Karena tanaman kelapa bisa tumbuh di beberapa tempat tanam seperti laterit, pasir, tanah berbatu dan tanah aluvial. Supaya kelapa yang ditanamkan mempunyai keproduktifan terbaik, seharusnya ditanamkan memakai tempat aluvial. Untuk perkembangannya, diperlukan tempat dengan airtanah yang ada untuk menanam kelapa.

Disamping itu, air tanah yang diambil harus mempunyai tersedianya yang serupa sama air hujan pada bulan awal. Tanah tempat tumbuh tanaman kelapa ini ialah tanah datar. Bila mempunyai kemiringan (sekitaran 3-50%), seharusnya dibikin teras supaya tidak ada erosi pada tanah dan jaga kesuburan tanah.

6. Pemrosesan Media Tanam

– Kerjakan pekapuran jika pH tanah tinggi. Kerjakan ini sampai pH tanah capai 6-8.
– Pakai pupuk TSP untuk memupuk sekitar 300 g untuk tiap lubang yang hendak ditanamkan.

7. Tehnik Penanaman

Berikut ialah langkah menanam pohon kelapa dengan benar dan baik:

– Kerjakan langkah tanam dengan sistem tanam segitiga dari tempat yang dipakai, sebisa mungkin menjemur tanaman. Tanam tanaman dalam jarak 9 x 9 x 9 mtr..
– Selanjutnya Saat sebelum masuk 1 – dua bulan saat sebelum tanam, buat lubang tanam untuk hilangkan keasaman tanah. Ukuran yang dipakai dimulai dari 60 x 60 x 60 cm s/d 100 x 100 x 100 cm. Selanjutnya waktu tanam di bulan selanjutnya, saat curahan hujan awalnya capai 200 mm.

8. Sistem Penanaman

Sisi atas tanah digabung dengan pupuk fosfat dengan jumlah 300 g per lubang, selanjutnya benih ditempatkan ke lubang tanam. Lantas Masukan ke polybag bawah pada lubang tanam dan potong sampai ujung.

9. Penyiangan

Kerjakan Penyiangan pada piringan tanaman kelapa dengan lebar 1 mtr. pada tahun awal, 1,5 mtr. di tahun ke-2 dan 2 mtr. di tahun ke-3 . Yang penting dilaksanakan ialah memakai parang yang menghadap ke untuk menggunting parasit dan hama tanaman sampai batasan permukaan tanah. Untuk Penyiangan dilaksanakan sepanjang empat minggu pada musim penghujan dan 6 minggu – dua bulan pada musim kemarau.

10. Penjarangan Dan Penyulaman

Penipisan atau penjarangan dan penyulaman ialah alternatif tanaman yang tumbuh cacat. Bila tanaman memperlihatkan perkembangan yang tidak normal, seharusnya ubahlah tanaman dengan biji lain.

11. Perampalan

– Perampokan atau perampalan ialah buang daun yang menjadi coklat karena telah kering.
– Selanjutnya Panjatlah tanaman kelapa, lalu buang daun-daunnya yang mati.

12. Pemupukan

Pemupukan terjadi saat tanah yang ditanamkan kekurangan elemen hara untuk tanaman. Umumnya pupuk urea 100 gram dipakai untuk bulan awal, dibalurkan 15 cm dari pangkal tangkai tanaman kelapa. Untuk Pemupukan selanjutnya dilaksanakan satu tahun 2x yakni di saat musim penghujan usai sekitaran bulan April atau Mei dan saat musim penghujan diawali yakni bulan Oktober atau November.

13. Tehnik Perawatan

Siram saat masuk bulan kemarau dan jarang-jarang turun hujan. Untuk menahan ini terjadi, penyiraman termonitor harus dilaksanakan tiap 3 hari. Seharusnya penyiraman ini dilaksanakan di sore hari.

Baca : Membuat Kecap Air Kelapa yang Benar-benar Gampang Sekali

Panduan Budidaya Pohon Kelapa

Langkah Menanam Kelapa diawali dengan cuaca, ketinggian, dan perawatan pohon:

Keadaan tumbuh tanaman kelapa berdasar cuaca

– Tanaman kelapa sebagai tanaman yang tumbuh prima pada wilayah dengan curahan hujan di antara 1300 – 2300 mm / tahun serta bisa bertahan hidup sampai 3800 mm ataupun lebih dengan drainase yang baik sekali. Karena fotosintesis dibutuhkan, diperlukan minimal 120 jam / bulan untuk jumlah waktu minimal untuk terserang cahaya matahari.
– Dan Tanaman ini tumbuh pada temperatur sekitaran 20-27 derajat Celcius. Karena tanaman ini benar-benar peka pada temperatur dingin (sekitaran 15 derajat Celcius), peralihan psikis terjadi pada tanaman kelapa.
– Untuk Kelembapan yang diperlukan tanaman kelapa /bulan rerata 70 – 80%. Kelembapan minimal yang diperlukan sekitaran 65%. Bila semakin tinggi dari 80%, tanaman lebih rawan terkena penyakit dan hama dari umumnya.

Persyaratan Tumbuh Tanaman Kelapa Berdasar Ketinggian Tempat Penanaman

Perkembangan optimal tanaman kelapa ini ialah 0-450 m dpl. Saat tanaman kelapa ditanamkan di daratan tinggi dan tengah (sekitaran 450-1000m dpl), waktu pemupukannya lebih lamban secara umum dan rendah minyak.

Tipe Varietas Kelapa untuk Budidaya

Kelapa unggul yang sudah dibuat dan dilepaskan sebagai varietas unggul nasional ialah: Kelapa Kuning Bali, Kelapa Kuning Nias, Kelapa Dalam Salak, Kelapa Takome, Kelapa Dalam Sawarna, Kelapa Palu Dalam, Kelapa Tenga Dalam, Kelapa Dalam Bali), Dan Kelapa di Mapanget. Yok baca tipe varietas kelapa untuk budidaya di bawah ini.

1. Varietas Tanaman Kelapa Type Dalam

Pada tanaman kelapa penyerbukan silang Ini tawarkan macam yang bagus di antara pohon atau pribadi dengan komunitas tinggi yang mekar dalam kurun waktu 3 sampai tujuh tahun sesudah penanaman, tangkai pohon kerutan dengan kualitas yang relatif baik dan kelopak besar pada tangkai. Dan Pada spesies ini, kelapa yang tumbuh terbanyak ialah kelapa merah.

2. Varietas Tanaman Kelapa Type Genjah

Kelapa genjah sebagai hasil eksploitasi Plasmanutfah di Pemantang Panjang Kalimantan Selatan di tahun 1980-an. Varietas ini tumbuh baik di daratan rendah sampai 300 mdpl dan di wilayah berkembang di tempat kering dengan cuaca lembab (curahan hujan Keuntungannya ialah tahan pada Phytopthora dan produksi tinggi. Lantas Kelapa ini bisa juga berperanan sebagai tanaman hias yang airnya dapat menjadi minuman fresh.

Kekuatan peningkatan kelapa awalnya ini bisa dikomersialkan di teritori peningkatan rekreasi, dan kekuatan berpartner dengan usaha kebun induk di sentral kelapa untuk sumber benih periode panjang dengan memakai benih kelapa cepat.

3. Varietas Tanaman Kelapa Type Hibrida

Tipe ini sebagai kombinasi dari 2 tipe kelapa, kelapa dalam dan awalnya. Untuk capai karakter tanaman yang lebih bagus dari umumnya. Selanjutnya tanah yang diperlukan ialah tanah berpasir, mempunyai abu gunung dan simak dengan pH sekitaran 5,2 – 8.

Kelapa hibrida ini biasanya mulai berbuah saat pohon berusia 5-7 tahun. Keunggulan lain dari tipe hibrida ini ialah bisa ditanamkan di halaman muka atau di pelataran rumah, karena tinggi dan ukuran pohon ini cukup pendek dibanding tipe secara umum.

4. Kelapa Genjah Kuning Bali

Varietas Kelapa Kuning Bali pas ditanamkan di daratan rendah sampai ketinggian Kelapa GKB mulai berbuah pada usia 40 bulan. Wujud buah bundar, wujud buah bundar tanpa sabut, ukuran buah kecil, warna kulit buah kuning. Produksi tandan rerata 12-14 buah per pohon, jumlah buah 9-12 buah per tandan atau sekitar lebih dari 60 dan kurang dari 110 buah / pohon / tahun. Kandungan minyak 62%, cukup peka pada penyakit Phytopthora sp.

5. Kelapa Genjah Kuning Nias

Varietas kelapa kuning awalnya Nias pas ditanamkan di daratan rendah sampai ketinggian Kelapa Nias Kuning Awalnya (GKN) mulai berbuah pada usia 40 bulan. Wujud buah bundar, wujud buah tanpa kelapa, ukuran buah kecil, warna kulit buah kuning. Untuk Rerata produksi bundel 12-14 buah per pohon, jumlah buah 8-10 buah per ikat atau sampai + 60-120 buah / pohon / tahun. Produksi kopra yang maksimal ialah 3 ton / ha / tahun. Dan Kandungan minyaknya 63%, sensitif pada Phytopthora sp.

6. Varietas Kelapa Genjah Salak

Kelapa Genjah Salak pas ditanamkan di daratan rendah sampai ketinggian Kelapa GSK mulai berbuah pada usia 24 bulan. Wujud buah bundar, wujud buah tanpa kelapa, wujud telur, ukuran buah kecil, warna kulit buah hijau. Produksi anggur rerata 11 sampai 14 buah per pohon, 20 sampai 23 barisan buah sampai + 80 sampai 120 buah / pohon / tahun. Kandungan minyak 65%, tahan pada Phytopthora sp.

7. Varietas Kelapa Dalam Takome

Di teritori peningkatan kelapa Takome di tempat kering dengan cuaca lembab dengan ketinggian Kelapa DTE mulai berbuah pada usia lima tahun dan memulai panen pada usia enam tahun. Ukuran buahnya kecil, wujud buah bundar dan wujud buah tanpa kelapa bundar dengan warna kulit hijau, kuning kehijauan dan coklat. Jumlah buah / sekitar 15-20 buah dengan 12-15 tandan buah / tahun, hingga jumlah buah / pohon / tahun sekitar 90-150 buah. Dan Produksi kopra 2,63 ton / ha / tahun yang mengandung minyak 62% dan cukup tahan pada Phytopthora sp.

8. Kelapa Dalam Sawarna

Area peningkatan pada tempat kering dengan cuaca lembab dengan curahan hujan kurang dari 1500 mm / tahun cukup tolerir pada kemarau panjang. Dan Kelapa ini dilepaskan sebagai kelapa unggul nasional di tahun 2004.

Di Sawarna, kelapa mulai berbuah pada usia empat tahun dan memulai panen pada usia lima tahun. Buahnya besar, wujud buahnya elips dan wujud buahnya gepeng dengan warna kulit menguasai hijau. Jumlah buah dengan 12-13 tandan buah / tahun, hingga jumlah buah / pohon / tahun 75.Dan Produksi kopra 2,8 ton / ha / tahun yang mengandung minyak 70% dan cukup tahan pada penyakit Phytopthora sp.

9. Varietas Kelapa Dalam Palu

Wilayah peningkatan pada tempat kering cuaca basah dengan curahan hujan Ukuran buah besar, wujud buah bundar telur, wujud buah tanpa sabut bundar dasar rata, dan warna kulit buah menguasai hijau. Jumlah buah/tandan 6 butir dengan 12-13 tandan buah/tahun hingga jumlah buah/ pohon/tahun 75 butir. Untuk Produksi kopra 2,8 ton/ha/tahun dengan kandungan minyak 69,28%, dan cukup tahan pada penyakit Phytopthora sp.

10. Varietas Kelapa Daun Tenga

Area peningkatan berada di tempat kering dengan cuaca lembab dengan curahan hujan kurang dari 2500 mm / tahun dan tahan kekeringan sampai tiga bulan. Varietas ini dikeluarkan di tahun 2004 sebagai kelapa favorit nasional. Dan kelapa mulai berbuah pada umur lima tahun dan memulai dipanen pada umur enam tahun.

Ukuran buahnya sedang, buahnya bundar, wujud buahnya gepeng, dan warna kulitnya dikuasai warna hijau. Untuk Produksi kopra dapat capai 3 ton / ha dengan kandungan minyak 69,31% dan resisten pada penyakit Phytophthora palmivora.

11. Varietas Kelapa Dalam Bali

Area peningkatan pada tempat kering dengan cuaca lembab dengan curahan hujan Ukuran buahnya besar, wujud buahnya berupa telur, wujud buahnya gepeng, dan warna kulitnya dikuasai warna hijau. Jumlah buah / anggur 6 biji dengan 12-13 tandan buah / tahun, hingga jumlah buah / pohon / tahun 75. Produksi kopra 2,8 ton / ha / tahun dengan kandungan minyak 69,28 dan cukup tahan pada Penyakit Phytopthora palmivora.

12. Varietas Kelapa Dalam Mapengat

Area peningkatan ada di tempat kering dengan cuaca lembab dan curahan hujan> 2500 – 3500 mm / tahun. Dan Kelapa Dalam Mapanget dikeluarkan di tahun 2005 sebagai Kelapa Unggul Nasional. Kelapa Mapanget Dalam mulai berbuah pada usia lima tahun. Wujud buah bundar, ukuran buah sedang, warna kulit buah biasanya merah kecoklat-coklatan.

Disamping itu, sabut kelapa dapat digunakan dalam pembikinan tali. Untuk pembikinan tali itu bisa dilaksanakan dengan manual atau dapat memakai mesin pemintal tali sabut kelapa.

Begitu keterangan berkenaan Langkah Menanam Kelapa dan langkah pembudidayaannya, selamat mempraktikkan dan mudah-mudahan berguna.

 

kunjungi juga Solusi Kesehatan, Kehamilan, Persalinan dan Anak

By dzail