Doa Setelah Sholat Dhuha Beserta Ketentuan Lengkapnya, Cek Yuk! | Indozone .id

Sebagai umat islam, wajib hukumnya menjalankan solat fardu. Karena bagaimanapun solat fardu adalah solat yang tidak boleh ditinggalkan. Namun, selain solat fardu, umat islam juga dianjurkan untuk melaksanakan solat Sunnah, salah satunya adalah solat dhuha.

Solat Dhuha adalah salah satu solat Sunnah yang dianjurkan umat islam untuk melaksanakannya. Hal ini dimaksud agar amalan ibadah semakin sempurna. Terlebih saat selesai solat dhuha membaca doa selesai solat dhuha.

Solat dhuha dikerjakan pada saat matahari mulai naik kurang dari tujuh hasta sejak terbitnya matahari sampai waktu dzuhur tiba. Biasanya solat dhuha dikerjakan dua rakaat. Setelah solat dhuha, alangkah baiknya jika kita membaca doa selesai solat dhuha. Untuk itu, berikut merupakan kumpulan doa selesai solat dhuha beserta dengan artinya.

Doa Selesai Solat Dhuha

Mengutip dari berbagai sumber, berikut merupakan kumpulan doa selesai solat dhuha yang bisa Anda panjatkan setelah melaksanakan solat dhuha, berikut diantaranya:

Doa Ke-1

“Allahummaghfirli wa tub’alayya, innaka antattawwaburrahim”

Artinya: Ya Allah ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau lagi Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang sampai beliau membacanya seratus kali.

Doa Ke-2

“Allahumma innaddhudhuha’a dhuka-uka, walbahaa’abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ishmata ishmatuka. Allahumma inkaana rizqi fissamaa I’fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhiru. Wa inkaana ba’idan fa qoribhu bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ibaadakash shoolihin”

Artinya: Ya Allah sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dimana dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Apabila rezekiku berada di dalam bumi maka keluarkanlan. Apabila rezekiku sukar maka mudahkanlah. Apabila rezekiku haram maka halalkanlah. Apabila rezekiku jauh maka dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-mu. Berikan kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-Mu yang shalih.

Doa Ke-3

“Rabbighfirli warhamni wa tub’alayya, innaka antattawwaburrahim”

Artinya: Tuhanku, ampunilah aku, kasihanilah aku, terimalah taubatku, sungu Engkau Maha penerima taubat dan Maha Penyayang.

 

Itulah kumpulan doa selesai solat dhuha yang bisa kamu penjatkan ketika selesai melaksanakan solat tersebut. Perlu diketahui bahwa solat dhuha biasanya didirikan dalam 2 rakaat. Adapun waktu yang diperbolehkan untuk mendirikan ibadah tersebut adalah pada saat terbitnya matahari hingga menjelang dzuhur sekitar pukul 08.00 – 11.00.

Manfaat Solat Dhuha

Siapapun mengetahui manfaat dari solat dhuha diantaranya adalah untuk memohon rezeki dan memohon sesuatu kepada Allah. Memang semua solat memiliki manfaatnya tersendiri, namun solat dhuha dinilai istimewa.

Bahkan Rasulullah SAW bersabda “Bagi masing-masing ruas dari anggota tubuh diantara kalian pada pagi hari harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah, dan semua hal tersebut dapat diganti dengan mengerjakan solat dhuha sebanyak dua rakaat.”

Adapun manfaat yang bisa diperoleh dari melaksanakan solat dhuha adalah:

  1. Mendapatkan rejeki yang berlimpah
  2. Seolah sedang membangun emas dan istana di surga
  3. Dapat menerima janji ampunan dari Allah SWT meskipun dosa yang diperbuat sebanyak buih di lautan.

Itulah kumpulan doa selesai solat dhuha beserta dengan manfaat yang diperolehnya. Jadi, apa Anda masih mengabaikan solat dhuha setelah mengetahui manfaatnya.

By sartika