28/10/2020

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

Konsumsi Kafein yang Terlalu Berlebihan Bisa Berdampak Negatif

2 min read
Konsumsi Kafein yang Terlalu Berlebihan Bisa Berdampak Negatif

Menurut organisasi kajian kesehatan asal Amerika Serikat, AARP menyatakan bahwa kandungan kafein di dalam kopi dapat memberikan dampak yang negative bagi sejumlah orang. Hal ini juga dibenarkan oleh seorang peneliti dalam farmakologi perilaku Fakultas Kedokteran Johns Hopkins bernama Steven Meredith yang dikutip dari laman AARP.org.

Jika seseorang mengonsumsi kafein dalam dosis rendah hingga sedang, artinya tidak terlalu berlebihan maka aman. Dikarenakan kafein bersifat adiktif, banyak orang yang memiliki ketergantungan dan sulit untuk berhenti atau bahkan mengurangi konsumsi kopi hitam. Padahal, di Amerika Serikat ketergantungan kafein yang berlebihan bisa berdampak pada gangguan mental seseorang.

Dampak negatif yang bisa ditimbulkan akibat seseorang mengonsumsi kopi hitam berkafein secara berlebihan yaitu:

  1. Dapat meningkatkan kecemasan dan mengganggu pola tidur seseorang. Banyak orang yang mengandalkan kopi untuk begadang, sehingga mereka lebih sering menderita insomnia yang menyebabkan tidur menjadi gelisah atau tidak tenang. Banyak juga yang menganggap bahwa meminum kopi hitam dapat membantu kelelahan di siang hari.
  2. Jika kalian sedang tidak sehat atau sakit dan harus mengonsumsi obat, sebaiknya berhenti untuk minum kopi sementara. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi hitam bisa bereaksi dengan beberapa obat, di antaranya obat tiroid, antibiotic cipro, obat psikiatrik dan depresi, serta obat mulas Tagamet.
  3. Menurut Linda Massey selaku professor nutrisi emeritus di Washington State University, menyatakan bahwa kafein dapat menyebabkan pelemahan tulang belakang pada wanita yang mengalami pascamenopause. Hal ini berlaku jika wanita tersebut meminum kopi hitam lebih dari 3 cangkir atau settara dengan 300 mg kafein yang tidak diimbangi dengan konsumsi kalsium dalam makanan mereka.
  4. Dikarenakan kafein dapat berdampak pada kekuatan tulang belakang terutama pada wanita yang sudah tua, maka harus diimbangi dengan konsumsi minimal 800 mg kalsium di setiap harinya yang bisa didapatkan melalui makanan atau suplemen. Pernyataan ini diujarkan oleh direktur Laboratorium Metabolisme Tulang di Tufts University, Boston.
  5. Tidak hanya teh, jika kalian memiliki riwayat asam lambung atau magh, dengan meminum kopi hitam tentu bisa mengacaukan perut kalian karena kandungan kafeinnya. Maka, jangan berlebihan ketika mengonsumsinya agar asam lambung yang kalian derita tidak kambuh.
  6. Bagi kalian yang memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya batasi porsi untuk mengonsumsi kopi. Kalaupun ingin mengonsumsi dalam jumlah banyak, kalian harus menggunakan kertas saring untuk menghilangkan kandungan cafestol , yaitu senyawa dalam kopi yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

Kalian bisa lihat sendiri kan beberapa dampak negative yang bisa ditimbulkan apabila mengonsumsi kafein secara berlebihan? Jadi, sebaiknya konsumsilah sesuai dengan takaran dan porsi yang sedang-sedang saja.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.