Jenis Mutiara Termahal

Jenis mutiara termahal sering dimanfaatkan selaku salah satu material buat membuat perhiasan. Wujudnya khas dengan warna yang berkilauan menjadikan harga mutiara di pasaran relatif mahal. Apalagi biayanya bisa memegang angka jutaan rupiah per gr. Harga mutiara dibedakan dari jenisnya. Kian sangat jarang jenisnya, hingga kian mahal pula biayanya. Ini merupakan sebagian jenis mutiara mahal yang kerap tersebar di pasaran.

Blister pearl ialah mutiara alam ataupun budidaya yang berkembang menempel pada cangkang ataupun bagian dalam kulit tiram. Karakteristik khasnya ialah satu sisi berkilau. Ada susunan mutiara sedangkan sisi yang lain polos tanpa terdapat susunan mutiara. Pada abad ke- 13 warga Tiongkok sudah menggunakan metode meletakkan arca mungil Budha di bagian sisi dalam kulit dari remis air tawar. Sisi tiram yang berlapis mutiara kemudian dijual selaku cinderamata. Tennessee, Amerika Serikat merupakan salah satu wilayah yang diketahui selaku penghasil Blister pearl.

Jenis Mutiara Termahal

1. Mutiara Mabe– Jenis mutiara termahal dengan wujud separuh bola

Proses budidayanya mirip dengan mutiara Blister, cuma dikala sudah jadi pinggiran mutiara Blister tersebut dipotong. Hingga kesimpulannya didapatkan mutiara berupa separuh bola. Setelah itu bagian intinya dibersihkan, kemudian bagian dalam yg kosong diisi dengan parafin. Berikutnya bagian bawahnya ditutup memakai mother of pearl.

Jenis mutiara termahal ini biasanya diternakkan di tiram- tiram yang tidak bisa menciptakan mutiara secara utuh. Terkadang terdapat pula yang menyebut dengan sebutan half pearl. Tiram penghasil Mabe pearl ialah jenis Pteria Penguin.

2. Keshi– Jenis mutiara termahal dengan arti nama kecil dalam bahasa Jepang

Keshi mempunyai makna mutiara tanpa inti. Nama Keshii maknanya“ kecil”, diambil dari kata dalam bahasa Jepang. Jenis mutiara keshii biasanya berdimensi kecil. Terkadang dalam sesi budidaya mutiara hendak dimasukkan material yang agak sedikit berbeda.

Material tersebut berdimensi agak kecil serta dimasukkan dalam mantel tiram. Kesimpulannya mempunyai hasil jenis mutiara yang ukurannya disengaja kecil. Mutiara yang berkembang dengan tidak terencana terletak di bagian otot adductor tiram mutiara. Keshi biasanya berkembang selaku ikutan dari mutiara jenis Akoya.

Wujudnya mungil dan tanpa inti ataupun nukleus. Keshi dikumpulkan setelah mutiara jenis Akoya dipanen. Dimensi panjang serta lebar Keshi bisa menggapai lebih dari 10 milimeter. Keshi yang wujud, kilauan dan rupanya indah bisa berharga besar. Bangsa Arab merupakan pembeli terbanyak jenis mutiara termahal Keshi.

3. Abernathy Pearl– Jenis mutiara termahal yang ditemui di sungai Tay

Jenis mutiara termahal natural dari air tawar ini ditemui oleh William Abernathy. Dia ialah seseorang penyelam mutiara di sungai Tay tepatnya pada tahun 1967. Abernathy Pearl mempunyai berat 44 grains. Mutiara tersebut dikira mutiara yang sangat sempurna yang sempat ditemui dari sungai- sungai yang terdapat di Skotlandia. Mutiara tersebut diberi julukan“ The Little Willie”.

4. Mutiara South Sea– Jenis mutiara termahal dengan julukan The Big Girl Pearls

Asalnya dari wilayah Burma, Australia, Indonesia, dan Kepulauan Polinesia. Warna jenis mutiara termahal satu ini putih serta keemasan. Diameternya dekat 8- 18mm. Tiram penghasilnya merupakan jenis Pinctada Maxima. Indonesia diketahui selaku penghasil utama di dunia buat mutiara dengan warna keemasan ini.

5. Black Pearl– Jenis mutiara termahal selaku hasil budidaya tiram tertentu

Mutiara black pearl, dapat ditemui di wilayah perairan Tahiti. Jenis mutiara termahal ini dihasilkan dari budidaya tiram Pinctada margaritifera.

Black Pearl memiliki dimensi cukup besar ialah 5 milimeter hingga 12 milimeter. Mutiara ini ditemui dalam bentuk bundar, model tetesan air, oval dan baroque. Umumnya black pearl mempunyai warna hitam dan menciptakan perpaduan biru, hijau hitam, coklat dan gelap abu- abu dikala terserang cahaya.

6. Akoya Pearl– Jenis mutiara termahal dengan karakteristik warna lebih terang

Akoya pearl diketahui pula dengan istilah classic pearl. Cocok namanya, pearl ini biasa ditemukan di daerah Jepang. Sebagian kecil bisa ditemui di Korea dan Cina. Mutiara jenis ini merupakan hasil budidaya tiram jenis Pinctada fucata.

Akoya Pearl umumnya mempunyai paduan warna rose, silver ataupun abu- abu. Sedangkan apabila terserang sinar, Akoya pearl bisa menimbulkan warna bayangan biru, pink dan emas. Akoya Pearl dijual dengan harga 4, 37 dollar AS per gr.

7. Mutiara Biwa– Jenis mutiara sangat mahal dengan kilau yang amat menarik

Mutiara Biwa, mutiara air tawar yang ialah hasil budidaya di daerah Danau Biwa, Jepang. Wujudnya sangat unik, rupanya juga bermacam- macam, pula kilaunya indah. Biwa pearl mulai dibuat tahun 1925. Setelah itu pernah menyudahi penciptaan pada tahun 1990 karena tiram- tiram penghasilnya mati. Mutiara Biwa yang tersebar saat ini ini ialah hasil dari Tiongkok.

8. Mutiara Blister– Jenis mutiara termahal dengan pembuatan yang mempunyai metode khusus

Blister pearl ialah mutiara alam ataupun budidaya yang berkembang menempel pada cangkang ataupun bagian dalam kulit tiram. Karakteristik khasnya ialah satu sisi berkilau. Ada susunan mutiara sedangkan sisi yang lain polos tanpa terdapat susunan mutiara. Pada abad ke- 13 warga Tiongkok sudah menggunakan metode meletakkan arca mungil Budha di bagian sisi dalam kulit dari remis air tawar. Sisi tiram yang berlapis mutiara kemudian dijual selaku cinderamata. Tennessee, Amerika Serikat merupakan salah satu wilayah yang diketahui selaku penghasil Blister pearl.

9. Mutiara Mikimoto– Jenis mutiara yang mahal dengan mutu besar serta ialah hasil peternakan

Mikimoto pearl ialah hasil budidaya yang mempunyai standar mutu besar. Dihasilkan oleh industri bernama Mikimoto yang didirikan di Jepang. Industri tersebut didirikan oleh Kokichi Mikimoto ialah seseorang peternak, pengamat sekali orang dagang mutiara. Dia ialah penyebab industri bidang budidaya mutiara.

Nah, itu tadi 9 jenis mutiara termahal yang biasa ditemukan di perhiasan. Varietas mutiara yang tersebar di dunia nyatanya berbagai macam. Asalnya dari posisi yang berbeda dan harga masing- masing varietas juga bermacam- macam. So, which pearl is your favorite?

By inaz