23/01/2021

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

Kebijakan Pariwisata Indonesia dan Juga Dampaknya Untuk Perekonomian

3 min read
Kebijakan Pariwisata Indonesia dan Juga Dampaknya Untuk Perekonomian

Manfaat pariwisata jika dilihat dari segi ekonomi adalah meningkatnya devisa negara. Itulah sebabnya, pemerintah membuat berbagai kebijakan di sektor pariwisata. Kebijakan pariwisata Indonesia itulah yang juga berdampak pada perekonomian industri dengan manfaat ekonomi yang besar.

Nah, jadi ada kebijakan langsung dan tak langsung di dalam sektor pariwisata ini yang tujuannya adalah untuk membuat pariwisata Indonesia menjadi semakin maju. Sektor pariwisata ini juga menjadi alat untuk mencapai tujuan di dalam bidang ekonomi.

Kebijakan Pariwisata Indonesia dari Pemerintah

Peran pariwisata dalam perekonomian ini ternyata penting banget ya. Ditambah lagi, makin banyak tempat-tempat wisata menarik di Indonesia yang harus banget dikunjungi. Hal ini mendapat perhatian pemerintah dengan membuat beberapa kebijakan khusus di bidang pariwisata tersebut.

Ada beberapa kebijakan pariwisata di Indonesia yang diatur oleh negara di dalam Keputusan Presiden, yang diantaranya sebagai berikut:

  1. Kebijakan umum yang ada di bidang pengembangan kepariwisataan nasional yang juga ditetapkan oleh Presiden.
  2. Dibentuknya dewan pertimbangan kepariwisataan nasional yang tujuannya adalah untuk membantu presiden dalam menetapkan kebijakan umum itu sendiri.
  3. Dewan pertimbangan kepariwisataan nasional yang meliputi Menteri Negara dan 14 Menteri yang lainnya dan menjadi anggota di dalam dewan itu.
  4. Menteri perhubungan yang menjadi sektor pariwisata, dan Beliau punya tanggung jawab penuh atas dilaksanakannya kebijakan umum yang sudah ditetapkan oleh Presiden.
  5. Adanya Ditjen Pariwisata di dalam Departemen Perhubungan yang tugasnya adalah menampung persoalan/masalah di bidang pariwisata secara administratif.

Ada juga faktor yang mendasari keinginan pemerintah dalam meningkatkan atau mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia, berikut beberapa faktor terkait itu:

  1. Semakin berkurangnya peranan sektor minyak dalam hal devisa negara jika dibandingkan dengan zaman dulu.
  2. Nilai ekspor di beberapa sektor minyak juga mengalami penurunan.
  3. Prospek di bidang pariwisata yang menunjukkan kecenderungan dengan cara yang konsisten dan terus meningkat.

Dampak Positif dari Pariwisata Indonesia Kalau Dilihat dari Segi Ekonomi

Kontribusi pariwisata terhadap ekonomi nasional dan regional juga memberi dampak positif loh untuk perekonomian Indonesia. Apa saja tuh dampak positif dari bidang pariwisata ini? Simak penuturan lengkapnya di bawah ini:

1. Menambah Jumlah Devisa Negara

Inilah yang penting di dalam bidang pariwisata yang dampaknya sangat baik untuk perekonomian kita, yaitu bertambahnya jumlah devisa negara. Devisa negara ini bisa berasal dari sektor mana saja, tetapi dari sektor pariwisata jumlahnya terbilang sangat besar.

2. Menambah Kesempatan Kerja

Industri pariwisata menjadi kegiatan mata rantai yang panjang, itulah sebabnya industri ini mampu menghasilkan lapangan pekerjaan. Terutama untuk masyarakat sekitar yang ada di kawasan wisata di suatu wilayah di Indonesia.

3. Pendapatan Nasional yang Meningkat

Bukan cuma devisa negara saja yang meningkat, pendapatan nasional juga ikut meningkat loh. Jika pendapatan nasional meningkat maka pendapatan per kapita masyarakatnya otomatis akan ikut meningkat juga.

Pendapatan masyarakat yang meningkat ini berasal dari penjualan barang dan jasa di bidang wisata, contohnya biro perjalanan, barang-barang souvenir, restoran, hotel dan masih banyak lagi.

4. Meningkatnya Pajak PBB Bagi Pemerintah

Bertambah banyaknya hotel dan bangunan yang ada di Indonesia ini juga berakibat baik pada jumlah pendapatan PBB. Kalau jumlah hotel dan bangunan wisatanya bertambah, PBB juga akan ikut meningkat dong.

5. Posisi Neraca Pembayaran Luar Negeri Menguat

Dampak positif lainnya yang berasal dari bidang pariwisata ini adalah semakin menguatnya posisi nerada dalam pembayaran luar negeri.

Pariwisata ini menjadi salah satu bidang ekspor yang samar, nah dengan adanya perkembangan di bidang pariwisata ini maka hal itu akan meningkatkan ekspor negara terkait. Hal itu juga akan memperbaiki neraca pembayaran secara internasional.

Tadi kita sudah bahas lengkap tentang kebijakan pariwisata Indonesia yang dibuat pemerintah. Namun, kebijakan ini berubah lagi semenjak munculnya wabah pandemi covid-19. Kebijakan pengembangan pariwisata di masa pandemi bisa berubah lagi sewaktu-waktu.

Namun, kebijakan yang dibuat pemerintah ini emang harus banget dibuat demi tercapainya kemajuan di bidang pariwisata tapi berdampak positif juga untuk kesehatan. Supaya ada keselarasan antara sektor pariwisata dan bidang kesehatan masyarakat Indonesia.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.