Akhir-akhir ini buket bunga kering menjadi tren baru yang kian hits di kalangan masyarakat, terutama pecinta estetika. Bahkan bunga kering menjadi alternatif yang menarik bagi Anda yang tidak punya waktu lebih banyak untuk merawat bunga segar. Berikut komposisi dan cara melakukan pengeringan bunga sehingga bisa dijadikan karangan bunga yang estetik.

Pengeringan Bunga

Untuk membuat buket bunga kering, Anda bisa memanfaatkan tanaman hias yang bentuk dan teksturnya menarik, seperti willow, biji mata uang paus, tangkai kapas, cattail, bawang putih hias, dan lainnya. Selain itu, Anda bisa menggunakan bunga yang dibudidayakan. Misalnya bunga-bunga acroclinium, perbungaan kecil hydragea elegan, gypsophilia kecil putih, ataupun mawar klasik dengan pesona yang tak lekang oleh waktu.

Berikut ini proses pengeringan bunga dalam aturan seni yang bisa Anda coba atau bisa A:

  1. Potong bagian bunga yang akan dikeringkan, lalu ikat tanaman Anda di pangkal batang.

  2. Gantung tanaman tersebut terbalik di ruangan yang berventilasi baik dan terlindungi. Biarkan selama 3 minggu hingga semua bagian mengering secara maksimal.

  3. Semprotkan hairspray pada bagian-bagian rapuh dari tanaman Anda untuk diperbaiki.

  4. Gunakan pernis bening untuk menjaga tampilan yang alami. Semprotkan pernis tersebut pada jarak 30 cm untuk menghindari menempelkan area berbulu.

Komposisi Buket Bunga Kering

Biasanya komposisi buket bunga kering bisa Anda pesan ke karangan bunga terdekat. Namun umumnya komposisi yang digunakan yaitu busa, wadah atau bahan asli seperti piring batu tulis, batu-batu besar, potongan gabus, dan lainnya.

Buket bunga kering bisa ditempatkan secara vertikal dalam bentuk buket klasik maupun horizontal dengan busa menggunakan staples. Anda juga bisa menambahkan kayu manis, beberapa bintang adas manis, ataupun labu hias kecil. Rangkailah buket bunga kering sesuai dengan kreativitas dan selera Anda. Selain itu, pertimbangkan juga karakter ruangan yang Anda inginkan.

Itulah beberapa hal mengenai rangkaian bunga dari buket bunga kering, mulai dari proses pengeringan hingga komposisi bunga yang bisa Anda rangkai. Sebagai referensi, Anda bisa melihat beberapa contoh karangan bunga Surabaya pada https://www.memeflorist.com/.