26/07/2021

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

Jenis – Jenis Bisnis

2 min read

Jenis – Jenis Bisnis

Jenis - Jenis Bisnis

Jenis-jenis usaha dapat dikategorikan menurut kegiatan/barang yang diperdagangkan, sehingga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Transaksi Barang (Manufaktur)

Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi bahan baku/bahan mentah atau terdiri dari komponen yang berbeda, yang kemudian diubah menjadi produk fisik baru dengan nilai pakai yang lebih tinggi dan dijual untuk mendapatkan keuntungan. Kegiatan produksi dan konsumsi dalam manufaktur tidak berlangsung pada saat yang bersamaan (produksi diutamakan).

Contoh toko retail adalah perusahaan yang memproduksi barang-barang fisik seperti pakaian, elektronik, kendaraan dan lain-lain.

 

2. Perusahaan jasa

Usaha jasa adalah usaha yang memproduksi barang/jasa tidak berwujud yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga pelaku usaha memperoleh keuntungan dari upah atas jasa yang diberikannya. Dalam bisnis jasa, kegiatan produksi dan konsumsi dilakukan secara bersamaan. Contoh usaha jasa adalah psikolog, guru, ojek dan lain-lain.

 

3. Bisnis Pengecer dan Distributor (Penjual)

Pengecer dan distributor adalah pihak yang bertindak sebagai perantara barang/produk antara produsen dan konsumen yang juga mendapatkan keuntungan dari berbagai kegiatan produk dan penjualan. Contoh bisnis ini adalah pasar retail, warung, supermarket dan lain-lain.

 

4. Bisnis Keuangan

Perusahaan keuangan adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan manajemen modal. diberikan kepada pelaku ekonomi untuk kemudian menerima bagi hasil dengan pelaku ekonomi.

Saat ini banyak perusahaan investasi yang berkembang seperti reksa dana, investasi korporasi dan investasi dan investasi lainnya.

 

5. Bisnis Pertanian dan Pertambangan

Usaha Pertanian dan Pertambangan adalah perusahaan yang mengusahakan kegiatan pengolahan/pengambilan bahan baku (SDA) seperti tanaman pangan, budidaya, bahan galian dan lain-lain.

 

6. Bisnis informasi

Bisnis informasi adalah aktivitas yang menghasilkan keuntungan dari penjualan kekayaan intelektual. Itu berarti Anda harus menjual ide, ide, atau informasi.

 

7. Bisnis Utilitas

Industri utilitas adalah perusahaan yang menjalankan kebutuhan sehari-hari masyarakat seperti listrik dan air atau PDAM, dan biasanya didanai oleh pemerintah daerah.

 

8. Bisnis Property (Real Estate)

Bisnis real estate adalah kegiatan/kegiatan yang dapat menghasilkan keuntungan dengan menjual, menyewakan dan mengembangkan real estate, seperti rumah, gedung dan lain-lain.

 

9. Bisnis Transportasi

Bisnis transportasi adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan mengirimkan barang atau orang dari satu tempat ke tujuan konsumen. Sehingga pelaku diberi imbalan sebagai jasa. Ada banyak contoh perusahaan transportasi, termasuk bisnis bus, angkutan umum, kantor pos, perusahaan ekspedisi lainnya dan perusahaan jasa transportasi lainnya. Sumber Rangkuman Terlengkap : https://www.seputarilmu.com/

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.