Inilah Pemandian Air Panas di Jawa Tengah Yang Wajib Dicoba

Tidak hanya tempat wisata yang begitu menakjubkan, di Jawa Tengah juga punya tempat pemandian air hangat yang begitu menarik dan harus kamu kunjungi. Selain murah, pemandangan disini juga begitu indah dan airnya bersih. Tapi kadang ada wisata pemandian yang tutup karena pandemi, jangan khawatir kamu masih bisa mencobanya di rumah dengan mandi air hangat menggunakan Handal Water Heater. Inilah pemandian air panas di Jawa yang wajib kamu coba:

1.Pemandian Air Panas Diwak

Pemandian air panas diwak.

Pemandian air panas diwak adalah pemandian air panas di Jawa yang terletak di Desa Diwak, Kecamatan Bergas, Semarang. Kalian tak perlu takut kesiangan atau kemalaman kalau ke pemandian air panas Diwak. Soalnya, pemandian air panas ini buka selama 24 jam loh.

Pemandian air panas di sini mengandung belerang, cocok buat kalian yang ingin melepas lelah sekaligus mengatasi berbagai masalah kulit.

Selain air panas yang menyegarkan tubuh, pemandangan di sekitar kolam berupa sawah asri juga memanjakan mata. Ditambah lagi dengan tiket masuk yang sangat terjangkau.

Kamu juga bisa membeli makanan dan minuman untuk mengisi perut di beberapa warung di sekitar pemandian.

Tiket masuk: Rp3 ribu*

Alamat: Dusun Kali, Desa Diwak, Kecamatan Bergas, Semarang.

 

2. Pemandian Air Panas Baturraden

Pemandian air panas baturaden.

Lokawisata Baturraden merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang terletak di Purwokerto. Berada di lereng Gunung Slamet, tempat ini juga punya pemandian air panas lho.

Enggak cuma satu, tapi ada dua pemandian air panas di Baturraden. Bernama Pancuran Pitu dan Pancuran Telu, kedua kolam air panas ini mengandung belerang.

Jarak kedua kolam ini sekitar 1 kilometer. Pancuran Pitu memiliki tujuh pancuran dan Pancuran Telu memiliki tiga pancuran air.

Oh ya, kamu juga bisa menjajal jasa pijat belerang yang ditawarkan. Ampuh banget untuk merelaksasi tubuh. Serunya lagi, kamu bisa sekaligus mengunjungi beberapa curug dan air terjun di dalam lokawisata Baturraden. Seperti curug telu, curug muntu, dan masih banyak lagi.

Jam buka lokawisata Baturraden: 08.00 – 17.00 WIB.

Tiket masuk: Rp14 ribu*

Alamat: Dusun III Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas.

3. Pemandian Air Panas Candi Umbul

Pemandian air hangat candi umbul.

Sobat tiket yang sedang berwisata ke Magelang, bisa juga berendam di kolam air panas. Posisi kolam air panas ini terletak di dalam kawasan candi Umbul.

Tak hanya menghangatkan tubuh, air di dalam kolam ini juga mengandung belerang. Untuk fasilitas di tempat pemandian ini, tersedia kamar mandi dan ruang ganti.

Kolam air panas yang dipercaya merupakan peninggalan kerajaan masa lampau ini sangat unik dan indah. Karena di sekeliling kolam terdapat batu-batuan candi dengan latar pepohonan yang asri.

Menginjakkan kaki di sini, kamu pasti akan merasa seperti menyusuri waktu ke masa lalu. Jadi jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto ria ya.

Jam buka: 06.00 – 18.00 WIB.

Tiket masuk: Rp5 ribu*

Alamat: Jl. Candi Umbul, Grabag, Perkebunan, Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Magelang.

 

4. Pemandian Air Panas Derekan

Pemandian air panas derekan.

Tak jauh dari pemandian air panas Diwak, ada juga pemandian air panas Derekan. Sobat tiket yang mau mampir ke sini bisa menjadikan candi Ngempon sebagai patokannya.

Letaknya sangat dekat dengan candi Ngempon. Candi dan pemandian ini hanya dipisahkan sebuah aliran sungai.

Sobat tiket bisa sekalian berwisata ke candi Ngempon dan berendam air belerang setelahnya. Enggak perlu takut pemandian air panas ini akan tutup karena pemandian ini juga buka selama 24 jam.

Fasilitas di kolam pemandian ini juga cukup memadai kok. Kolam antara pria dan wanita dipisah serta tersedia kamar mandi untuk bilas.

Tiket masuk: Rp4 ribu*

Alamat: Desa Derekan, Kecamatan Pringapus, Semarang.

5. Pemandian Air Panas Nglimut Gonoharjo

Pemandian Air Panas Nglimut Gonoharjo.

Bergeser sedikit dari Semarang, ada pemandian air panas Nglimut Gonoharjo. Letaknya di kabupaten Kendal.

Pemandian satu ini sangat lengkap lho. Tak hanya menyediakan kolam air panas dengan belerang, tempat ini juga punya kolam air dingin. Ada juga kolam untuk anak-anak. Tempat ini pas deh buat sobat tiket yang mau liburan bersama keluarga.

Selepas berendam, kamu bisa duduk-duduk santai di gazebo. Karena fasilitas kolam yang cukup banyak, pemandian ini selalu ramai. Jadi siap-siap berbagi dengan pengunjung lain jika datang pada hari libur atau akhir pekan ya.

Jam buka: 08.00 -17.00 WIB.

Tiket masuk: Rp20 ribu*

Alamat: Nglimut, Gonoharjo, Limbangan, Kabupaten Kendal.

 

6.Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci.

Rekomendasi berikutnya adalah pemandian air panas Guci yang buka selama 24 jam. Posisinya berada di lereng Gunung Slamet, tepatnya di desa Guci, kabupaten Tegal.

Pemandian air panas ini dikenal dengan nama Pancuran 13. Namanya diambil dari jumlah pancuran yang ada di sini. Sama seperti pemandian air panas lainnya, air di pemandian ini juga mengandung belerang.

Udara pegunungan yang sejuk seketika langsung berubah hangat saat sobat tiket masuk ke dalam kolam air panas.

Pemandian air panas cuma salah satu dari beberapa destinasi wisata di Desa Guci. Soalnya desa Guci yang dikenal sebagai desa wisata punya beberapa destinasi lain selain pemandian air panas. Kamu bisa sekalian trekking ke hutan dan berwisata ke air terjun.

Tiket masuk: Rp5 ribu*

Alamat: Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Baca juga: Solar Water Heater