11/05/2021

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

Ikuti Tips 5 Menit Ini untuk Mempercepat Internet di HP

2 min read

Saat ini internet seakan sudah menjadi suatu kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat dunia. Pasalnya, hampir semua kegiatan dan pekerjaan saat ini membutuhkan koneksi internet. Nah, apa jadinya jika koneksi internet tidak stabil atau bahkan tidak terhubung ke jaringan Cara mengecek kuota Telkomsel?

Terutama untuk perangkat smartphone atau HP, tentunya akan menjadi masalah besar, dimana hampir seluruh aplikasi di HP saat ini membutuhkan koneksi internet.

Produktivitas menjadi berkurang karena untuk membuka email atau browsing terasa lambat. Streaming film yang terus-terusan buffering, hingga bermain game yang terganggu lagging.

Lalu adakah cara mempercepat koneksi internet di HP dengan mudah? Nah, untungnya Koinx.id sudah merangkum beberapa tips mempercepat internet di HP dengan mudah dan anti ribet, bahkan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk menerapkannya.

1. Gunakan Ad-Blocker

Lambatnya kecepatan koneksi internet di smartphone ditentukan oleh berbagai hal, salah satunya akibat kita tidak memblokir iklan.

Asal kamu tahu, keberadaan iklan ketika kita browsing di internet lewat smartphone juga akan membuat internet jadi lemot, karena harus memakan data lebih banyak untuk mengakomodir tampilan iklan. Bahkan iklan ini bisa menyedot hingga 80% kuota internet, jadi jangan heran kalau kamu tidak memblokirnya, maka kuota internet akan terus boros.

Untuk itu, sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan aplikasi Adblocker yang banyak tersedia di Google Play Store. Kamu juga bisa menggunakan browser yang sudah dibekali Adblocker seperti Opera Browser atau UC Browser. Cara mempercepat koneksi internet ini sangat mudah dilakukan kan?

2. Hapus Cache

Cache adalah salah satu hal yang sering terlupakan ketika kita merasa internet di HP kita lambat. Namanya HP, sudah pasti perangkat ini akan menyimpan banyak aplikasi yang membutuhkan koneksi Internet untuk bisa berfungsi dengan baik.

Karena aplikasi itu seiring digunakan, maka mereka akan menyimpan cache yang jika dibiarkan menumpuk hingga semakin besar akan membuat performa HP menjadi lambat.

Kenapa bisa begitu? Karena cache yang menumpuk akan memakan penyimpanan internal HP dan efeknya akan mempengaruhi koneksi internet. Karena masalah cache ini, ada dua cara mempercepat koneksi internet di HP yang bisa kamu lakukan. Pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi pembersih seperti One Tap Cache Cleaner atau Clean Master.

Kalau mau rajin sedikit, kamu bisa menghapus cache di aplikasi secara satu per satu, dengan masuk ke menu settings – aplikasi – pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya – clear cache – lanjutkan di aplikasi berikutnya.

3. Atur di Jaringan 4G

Sekarang sudah eranya jaringan 3G dan 4G, kenapa mesti menggunakan jaringan yang di bawah itu lagi? Jika memang kamu ingin koneksi internet cepat, tentu kedua jaringan itulah yang harus dipakai, bukan 2G atau WCDMA.

Lain kisahnya jika HP yang kamu pakai hanya mendukung jaringan 2G dan WCDMA, biasanya hp yang cuma mendukung jaringan itu merupakan smartphone Android jadul.

Untuk mengaktifkan jaringan “3G Only” atau “4G Only”, kamu masuk ke settings – more – mobile network – network mode – pilih jaringan “3G Only” atau “4G Only”.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi 3G/4G Speed Optimizer, fungsi aplikasi ini adalah untuk mempercepat koneksi Internet hingga 200%. Aplikasi canggih ini bekerja dengan cara memberikan tweak khusus yang akan memberikan kamu keleluasaan untuk mengatur dan memilih kecepatan koneksi Internet sesuai kebutuhan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.