Sudah dikenal sebagai kota udang, Cirebon memiliki beragam kuliner kuliner lezat yang tidak akan pernah terlupakan. Saat berkunjung, Anda bisa mencicipi kuliner khas kota Cirebon. Cita rasa yang ditawarkan, dijamin akan membuat wisatawan mengulang. Kuliner khas, lebih enak disantap setelah puas keliling kota Cirebon. Maka dari itu ragam kuliner siap memanjakan lidah.

1. Empal Gentong

Buat kamu yang suka kuah santan, cobain kuliner yang satu ini. Kuah santannya disajikan dengan daging sapi dan sapi, di atasnya ditaburi bumbu-bumbu yang siap menambah nafsu makan.

Sepintas tampilan Empal Gentong tidak berbeda dengan gulai, hanya rasa yang ditawarkan kuliner ini gurih dan rasanya manis. Rasanya lebih enak, karena dibuat dengan cara tradisional.

Bagaimana tidak, karena kelezatan kuliner ini dimasak menggunakan kayu bakar dan gentong yang terbuat dari tanah liat. Rasanya akan lebih enak lagi, jika disajikan panas dan ditemani nasi atau lontong.

Empal Gentong pun semakin nikmat, dengan taburan irisan bawang bombay dan perasan jeruk lemon. Bila lambung yang biasa digunakan adalah limpa, babat, paru-paru, dan usus. Makanan lezat ini berasal dari desa Bettembat, kecamatan Tengah Tani.

2. Nasi Lengko

Beberapa di antaranya tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ketenaran tidak terlepas dari rasa yang enak dan sehat. Pecinta sayur tentu menyukai kehadiran Nasi Lengko.

Karena hidangan ini, sayuran murni dan berbagai protein nabati. Kuliner ini cocok untuk Anda yang tidak suka daging. Meski hanya berisi sayuran, Anda akan merasa puas saat memakannya.

3. Docang

Kuliner khas Cirebon yang tidak boleh dilupakan untuk dicicipi adalah Docang. Hidangan populer ini disajikan dengan campuran lontong, daun singkong, kerupuk, tempe gembus, dan taoge.

Agar lebih asyik, Docang akan ditaburi kelapa muda parut. Kelihatannya sederhana, tapi rasa yang ditawarkannya tak terlupakan. Umumnya, Docang akan disediakan sebagai menu andalan untuk sarapan.

Anda sedang membutuhkan Rental HIACE Cirebon dan sekitarnya? Bisa klik pada link tersebut.

4. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang sangat populer di berbagai kalangan, sehingga menjadi makanan wajib saat berkunjung ke kota Cirebon. Nama kuliner populer ini, diambil dari nama daerah di wilayah barat kota Cirebon.

Di daerah inilah asal muasal pedagang beras Jambal. Diberi nama, sesuai dengan asal usulnya, agar hadist tersebut lebih mudah. Kenikmatan hidangan ini adalah nasi putih yang dibungkus daun jati.

Berbagai lauk pauk biasanya disajikan, seperti hidangan di buffet. Namun seiring berjalannya waktu, daun jati tidak lagi digunakan untuk wadah pembungkus nasi.

Namun, daun jati hanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat Nasi Jamblang. ingin mencicipi Nasi Jamblang yang enak? Anda bisa menemukannya di setiap kios yang ada di kota Cirebon. Umumnya, setiap warung akan menampilkan kuliner populer ini.

5. Tahu Gejrot

Saking terkenalnya hingga di berbagai daerah, tahu gejrot menjadi makanan khas yang patut dicoba. Beri nama, mirip dengan kuliner khas Semarang. Kuliner ini ada, menyediakan tahu yang dipotong kecil-kecil. Kemudian tahu dibumbui dengan bumbu yang menambah cita rasa. Bumbu yang digunakan adalah baeang merah, gulai merah, cabai, dan bawang putih.

6. Empal Asem Amarta

Hanya tersedia di warung makan Empal Asem Amarta, yang membuat pengunjung semakin penasaran dengan rasanya. Masakan yang satu ini berisi bawang bombay, belimbing wuluh, irisan daging, dan tomat.

Semua bahan ini, akan dituangkan dengan kuah bening. Ini juga mengandung daging, yang teksturnya lembut dan tidak alot. Karena cara memasak dagingnya dilakukan dengan cara yang khusus.

Kami juga menyediakan Rental Mobil Cirebon dan sekitarnya.

7. Gado Gado Ayam

Berbeda dengan gado-gado lainnya, jenis gado-gado yang ada di kota Cirebon terbilang unik. Seperti biasa, kuliner ini akan menyajikan aneka sayuran yang dilumuri saus kacang.

Namun yang membedakannya adalah penambahan suwiran ayam di dalamnya. Meski tak cukup disiram dengan kuah kacang, gado gado ini akan dilumuri kuah gulai ayam. Pengunjung dijamin kenyang, dan akan merasa puas setelah makan.

Lelah setelah berjalan-jalan di kota Cirebon, Anda bisa mencicipi aneka kuliner khas di sana. Mulai dari jajanan tradisional hingga makanan khas Cirebon, Anda bisa menemukannya dengan mudah. Dari berbagai jenis kuliner tersebut, Anda bisa memilih sesuai dengan selera Anda. Mau kasih kado buat yang tersayang? Tak perlu khawatir, karena ada minuman dan makanan khas Cirebon yang aman dibawa kemana-mana.

By ansyah