Hasil pengukuran fluida mengacu pada model flow meter yang terbagi pada model volumetrik dan mass dari suatu fluida. Ada sebagian model hasil pengukuran dari kaliberasi flow meter berdasarkan model dan langkah kerjanya yaitu :

 

Jenis Mass flow meter

Mass flow rate dengan unit mass/h
Total Mass dengan unit mass
Jenis Velocity flow meter
Flow Velocity dengan unit distance/h
Flow rate dengan unite volume/h
Volumetrik / Totalizer dengan unit volume
Jenis Volumetrik Flow meter
Volum Flow rate dengan unit volum/hour ( kalau ada sensor tambahan atau dengan dial gauge )

Total Volume dengan unit volume

Namun demikian pada aplikasi tertentu, flow meter hanya dibutuhkan hanya pada kapasitas layaknya volume per waktu atau mass per waktu. Pada sistem pemadam kebakaran bisanya yang dibutuhkan adalah flow rate dengan unit satuan volume per waktu. begitu termasuk pada rotameter. Dan untuk kalibrasi Fill Rite Flow Meter yang diaplikasikan pada proses, dan hanya membaca flow rate maka kaliberasi cukup pada kapasitas saja.

Pada sistem filling bisanya kalibrasi flow meter yang dibutuhkan berdasarkan total volume atau total mass, begitu termasuk untuk kontrol stock. Untuk aplikasi pada kontrol dan melindungi performa mesin layaknya pompa, comressore, sistem pneumatik dan lainya termasuk hanya dibutuhkan flow rate.Jadi model dan model flow meter yang kita butuhkan, mesti disesuaiakan dengan :

Maksud pemasangan flow meter
Tujuan penggunaan flow meter
Fungsi Dipasangnya Flow Meter
Pengembangan fungsi dapat datang

By toha