Di dalam tubuh manusia terdapat beberapa sistem yang berfungsi untuk melakukan beberapa tugas. Contohnya seperti sistem pencernaan yang merupakan serangkaian jaringan organ yang bekerja untuk mencerna makanan. Setiap makanan yang masuk akan dicerna oleh tubuh. Apa saja fungsi sistem pencernaan?

Fungsi Sistem Pencernaan

Makanan yang masuk melalui mulut dan kerongkongan akan diolah dan dicerna oleh tubuh baik secara kimiawi maupun mekanik. Agar kesehatan organ pencernaan tetap terjaga terutama lambung, maka Anda bisa mengkonsumsi sereal umbi garut yang bisa didapatkan di distributor Nutriflakes.

  1. Mencerna Makanan Secara Mekanik

Proses pencernaan secara mekanik dilakukan dengan mengubah bentuk makanan dari yang besar atau kasar menjadi bentuk yang lebih halus dan kecil. Proses ini bisa terjadi pada organ pencernaan mulut, gigi, dan lidah. Selain itu, proses pencernaan mekanik juga dibantu oleh organ lambung.

Lambung melakukan gerak secara refleks melalui gerakan peristaltic di dinding lambung untuk membuat makanan yang masuk seperti diaduk. Bentuk makanan yang tadinya kasar dan besar akhirnya diubah menjadi bentuk yang lebih kecil dan halus.

  1. Mencerna Makanan Secara Kimiawi

Proses pencernaan makanan secara kimia yakni dengan mengubah zat makanan dari bentuk yang lebih kompleks ke bentuk sederhana. Dalam proses ini, organ pencernaan dibantu oleh enzim pencernaan. Contohnya seperti protein yang diubah menjadi asam amino atas bantuan enzim tripsin.

  1. Mengubah Makanan Menjadi Nutrisi Tubuh

Sistem pencernaan memiliki fungsi yang sangat krusial untuk mengubah makanan menjadi nutrisi sesuai kebutuhan tubuh manusia. Nutrisi ini sangat penting untuk membantu proses perkembangan, sumber energi, serta perbaikan sel tubuh.

Saat proses mengubah makanan menjadi nutrisi sudah selesai, maka organ pencernaan pun akan dengan lebih mudah mengemas limbah padat makanan agar dibuang menjadi feses atau tinja. Proses tersebut terus berulang setiap ada makanan yang masuk.

Mengingat fungsi sistem pencernaan sangat penting, maka sebagai pemilik dari tubuh yang diberi organ lengkap tentu sudah menjadi kewajiban agar menjaganya. Cara menjaga kesehatan organ pencernaan dimulai dari konsumsi makanan dan minuman yang bergizi tinggi.

By doni