Di dunia sekarang ini di mana Internet menjadi sangat diperlukan, pemasaran web menjadi sangat diperlukan. Namun, mungkin ada banyak penanggung jawab perusahaan yang tidak mengetahui tindakan spesifik apa yang harus diambil.

Oleh karena itu, pada artikel ini, kami akan menjelaskan fungsi dasar “Google Ads”, yang menangani iklan Internet terbesar di dunia. Silahkan simak kelebihan dan kekurangan penggunaan 5 jenis iklan tersebut. 

Apa itu Iklan Google?

Google Ads adalah iklan online yang disediakan oleh Google, mesin pencari terbesar di dunia. Ini ditujukan untuk pemasaran seperti publisitas dan promosi penjualan produk dan layanan perusahaan Anda, dan Anda dapat meningkatkan efek daya tarik bagi pengguna potensial di web. Biaya periklanan minimum tidak ditetapkan, dan mudah untuk memulai bahkan bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman dalam manajemen periklanan di masa lalu.

Fitur dasar Google Ads

Untuk memahami Google Ads, penting untuk memahami fungsi dasarnya. Anda dapat menggunakan beberapa genre iklan seperti iklan video yang sudah tidak asing lagi melalui YouTube dan daftar iklan yang Anda lihat secara tidak sadar.

Tersedia 5 jenis iklan 

Google Ads memiliki lima jenis layanan periklanan utama. Masing-masing memiliki fungsi periklanan yang berbeda, jadi pilihlah sesuai dengan produk atau layanan yang ingin Anda iklankan dan audiens target Anda.

 

Iklan Penelusuran

Iklan listingan disebut juga search-linked ads, dan dapat menayangkan iklan sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna. Hal ini ditandai dengan kemampuan untuk menampilkan iklan yang terkait dengan kata kunci yang diminati pengguna, sehingga mudah untuk mendapatkan efek iklan. Selain itu, untuk iklan cantuman, Google menetapkan jumlah tawaran untuk setiap kata kunci, dan semakin tinggi volume pencarian, semakin tinggi pula jumlah tawarannya.

 

Display Ads

Iklan bergambar adalah iklan yang ditayangkan ke ruang iklan di aplikasi dan situs web. Tidak seperti iklan pencarian berbayar, yang mendistribusikan iklan dengan menyetel kata kunci tertentu, iklan dapat ditampilkan kepada sejumlah pengguna yang tidak ditentukan. Hal ini ditandai dengan penggunaan gambar dan video untuk memberikan efek iklan visual yang efektif untuk branding produk Anda sendiri.

 

iklan video

Iklan video, seperti iklan bergambar, adalah iklan yang ditayangkan ke YouTube selain aplikasi dan situs web. Tidak seperti iklan listingan hanya dengan teks atau iklan dengan gambar saja, Anda dapat mengharapkan efek daya tarik yang tinggi karena Anda dapat beriklan melalui satu video utuh. Dimungkinkan juga untuk mengatur atribut seperti usia, jenis kelamin, dan wilayah tempat tinggal, dan juga merupakan titik distribusi iklan yang ditargetkan dapat dilakukan.

 

kampanye aplikasi

Kampanye Aplikasi adalah metode mengiklankan aplikasi melalui media seperti Google Penelusuran, Google Play, dan YouTube. Tidak seperti iklan lainnya, iklan dibuat secara otomatis berdasarkan informasi aplikasi, jadi Anda tidak perlu menyiapkannya sendiri. Ketika pengguna menyentuh iklan, itu beralih ke layar unduhan aplikasi, sehingga mudah untuk mendapatkan hasil.

 

iklan belanja

Iklan belanja adalah iklan yang menyampaikan informasi tentang toko yang menjual produk dan harga sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna. Misalnya, jika Anda mencari “komputer”, nama toko yang menjual komputer tersebut beserta harganya akan muncul di bagian atas dan kanan hasil pencarian. Ini adalah metode yang efektif untuk membuat target mengenali “nama toko” dan “nama produk” belanja online.

 

Jasa Iklan Google ads

Jasa Google Ads memungkinkan Anda mengelola beberapa akun iklan sekaligus. Misalnya, jika Anda memiliki akun untuk setiap produk, Anda harus beralih akun saat mengelola pengiriman iklan dan data keefektifan iklan. Dengan fitur yang disebut PKS (Pusat Klien Saya), Anda dapat masuk sekali dan terhubung ke semua akun Anda.

By roket