28/10/2020

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

Dampak Buruk Black Coffee Jika Dikonsumsi Berlebihan

2 min read
Dampak Buruk Black Coffee Jika Dikonsumsi Berlebihan

Untuk seseorang yang suka minum kopi, menikmati secangkir black coffee atau kopi hitam di pagi hari adalah salah satu ritual wajib yang akan memberikan tambahan semangat saat beraktivitas. Ya, secara umum, black coffee memang memberikan beragam manfaat pada tubuh.

Di dalam ide minuman ini terdapat kandungan kafein dan antioksidan yang bisa dikatakan cukup tinggi. Kafein pada black coffee akan meningkatkan kinerja otak sehingga daya ingat menjadi lebih baik. Selain itu, antioksidan akan melengkapi nutrisi untuk aliran darah sehingga tubuh menjadi lebih segar dan jantung lebih sehat.

Namun, jika Anda mengonsumsi black coffee secara berlebihan, maka akan ada dampak buruk yang akan terjadi. Apa saja dampak buruk tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Beberapa Dampak Buruk Black Coffee Jika Berlebihan

Sebelum membahas tentang dampak buruk dari black coffee jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu Anda harus tahu berapa standard kelebihan yang dimaksud. Nah, secara umum, mengonsumsi black coffee setiap hari di perbolehkan. Hanya saja, ada batasan sekitar 2-3 cup sehari untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Jika Anda mengonsumsi kopi lebih dari batasan tersebut, ada beberapa dampak buruk yang mungkin terjadi, yaitu:

  • Insomnia

Sebagaimana disinggung di awal, black coffee memiliki kandungan kafein yang bisa membuat tubuh lebih segar dan bugar. Hal ini sangat membantu terutama untuk Anda yang ingin beraktivitas dengan lancar tanpa adanya rasa kantuk yang muncul.

Namun, jika Anda berlebihan dalam konsumsi black coffee, maka apa yang terjadi adalah Anda akan mengalami insomnia. Masalah susah tidur ini terjadi karena jumlah kafein yang ada di dalam aliran darah terlalu banyak.

  • Pencernaan terganggu

Perlu diketahui bahwa black coffee memiliki kandungan asam. Tentu, tinggi atau rendahnya kandungan asam tersebut tergantung pada jenis kopi yang dikonsumsi. Hanya saja, jika Anda mengonsumsi black coffee dengan jumlah yang berlebihan, maka jumlah asam yang masuk ke dalam tubuh pun bisa dikatakan cukup berlebihan.

Dalam hal ini, asam yang terlalu tinggi bisa menyebabkan masalah pada pencernaan. Umumnya, lambung akan menjadi organ yang terkena dampak. Selain itu, Anda juga bisa mengalami diare yang disebabkan oleh asam kopi.

  • Sakit kepala mendadak

Asam kopi yang terlalu tinggi dan porsi black coffee yang berlebihan bisa mengakibatkan sakit kepala mendadak bagi sebagian orang. Gangguan ini umumnya muncul karena proses yang terjadi pada otak di mana otak mendapatkan nutrisi dari kopi yang terlalu banyak sehingga tidak bisa mengontrol.

Jika hal ini terjadi, maka bisa jadi Anda akan kehilangan keseimbangan, keluar keringat dingin dan akhirnya kesehatan Anda terganggu. Pada kondisi tertentu, pusing yang melanda bisa disertai dengan muntah.

Nah, dengan risiko sebagaimana di atas, Anda sebaiknya mengatur pola konsumsi black coffee setiap hari. Untuk memudahkan mengatur porsi minum kopi, Anda bisa mengonsumsi Nescafe Dolce Gusto yang menawarkan porsi pas untuk seharian!

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.