Mengatahui cara kontrol kualitas beton ready mix tentu perlu dipahami. Hal tersebut bertujuan agar beton tetap berada pada kondisi yang kokoh dan kuat. Itulah mengapa, langkah perawatan hingga proses penanganan dilapangan wajib dikuasai.

Cara Untuk Kontrol Kualitas Beton Ready Mix

Beberapa Cara Untuk Kontrol Kualitas Beton Ready Mix

Supaya biaya yang telah dikeluarkan dengan harga ready mix yang tak murah tidak menjadi percuma, tentu diperlukan treatment khusus. Langkah ini dinamakan proses Quality Control. Tujuannya tentu supaya tetap terjaga kekuatannya. Berikut beberapa cara kontrolnya.

  1. Proses Pencampuran Bahan

Pada tahap pertama yang perlu Anda perhatikan guna mendapatkan hasil maksimal adalah ketika proses pencampuran berlangsung. Dalam hal ini memastikan bahwa tidak ada satupun material yang terlewatkan. Pastikan kalau semuanya sudah dicampur sesuai ketentuan.

Tak hanya itu saja, meskipun semua bahan telah dicampurkan pastikan juga bawah setiap masing-masing nya sesuai penakaran. Jangan sampai ada satupun yang kapasitasnya diluar dari syarat penggunaan. Baik terhadap campuran air, semen hingga agregat lainnya.

  1. Proses Pengadukan (Mixer)

Cara berikutnya untuk kontrol kualitas beton ready mix adalah saat proses pengadukan berlangsung. Dalam hal ini memastikan semua campuran sudah masuk ke dalam mesin mixer. Kemudian, proses pengadukan dilakukan hingga semua tercampur merata.

Selain itu, pastikan bahwa prosesnya tidak dilakukan dengan memakan waktu yang cukup lama. Pasalnya, beton hanya mampu bertahan kurang lebih 2 jam, sebelum akhirnya mengering. Optimalkan pengadukan sampai menjadi beton sesuai keinginan.

  1. Proses Pengujian

Salah satu tahap yang tak boleh dilewatkan begitu saja adalah proses pengujian. Dalam hal ini, setelah kedua langkah sebelumnya sudah dilaksanakan, maka cobalah untuk mengujinya. Lakukan uji slump terhadap bahan contohnya.

Proses pengujian dilakukan agar bisa memastikan bahwa beton sudah sesuai dengan ketentuannya atau belum. Test uji Memggunakan beberapa alat bantuan hingga benar-benar hasilnya sesuai. Jika tidak, maka keputusan akhirnya adalah tidak busa digunakan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara untuk kontrol kualitas beton ready mix. Meskipun kekuatannya sudah terjamin, langkah ini tentu tak bisa dilewatkan begitu saja. Mengingat fungsi beton sangatlah krusial terhadap konstruksi bangunan.

By doni