23/01/2021

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

Cara Mengoptimalkan Situs Web Dinamis

4 min read

Teknologi internet dan e-commerce sudah maju sekarang dan terus berkembang dari hari ke hari. Akibatnya, orang lebih suka memiliki situs web dinamis untuk bisnis atau keberadaan online mereka. Nah bagi sebagian webmaster atau search engine optimizer baru yang sudah berpengalaman dalam melakukan SEO agar website statis sederhana menjadi perlu mengetahui juga tentang bagaimana cara optimasi Dynamic Website?

Untuk SEO yang sukses dari situs web dinamis, diperlukan beberapa teknologi mesin pencari yang kompleks dan metode yang secara substansial berbeda dan jauh lebih canggih daripada teknik SEO yang digunakan untuk situs web “statis” biasa yang lebih konvensional.

Pada artikel ini Anda dapat menemukan beberapa tip berguna dan penting tentang cara mengoptimalkan situs dinamis, tetapi pertama-tama saya ingin menjelaskan tentang apa itu webpags atau situs Dinamis.

Pengenalan Situs Web Dinamis: Sekarang ini sering kali situs web bisnis adalah situs dinamis berarti bahwa halaman web adalah halaman yang dibangun secara dinamis yang memungkinkan interaksi pengguna dan keranjang belanja online adalah contohnya.

Situs dinamis adalah situs web yang halamannya dibuat dengan cepat dan biasanya dibuat dengan bahasa pemrograman seperti ASP, PHP, atau JAVA. Seringkali situs dinamis yang berbasis database berarti bahwa konten situs disimpan dalam database dan kode dinamis “menarik” konten dari database.

Masalah dalam mengindeks URL Dinamis:

Sangat sulit untuk membuat situs web dinamis diindeks dengan benar di mesin pencari utama kecuali mereka dioptimalkan secara profesional. Bahkan sebagian besar mesin pencari mengklaim bahwa mereka sekarang mengindeks sebagian besar situs web dinamis tetapi masih hanya dalam beberapa kasus dan terbatas pada sejumlah URL.

Salah satu alasan terpenting di balik masalah dengan situs dinamis untuk diindeks oleh mesin telusur utama adalah karena Mesin telusur sering menganggap URL dinamis sebagai kumpulan tautan yang tak terbatas.

Sekarang hari seringkali halaman web dinamis dibuat “dengan cepat” dengan berbagai teknologi seperti ASP (Active Server Pages), teknologi Cold Fusion, JSP (Java Server Pages) dan sebagainya. Sekarang semua halaman ini ramah pengguna dan berfungsi sangat baik bagi pengguna sebenarnya yang mengunjungi situs web, tetapi biasanya membuat kekacauan dengan sebagian besar spider mesin pencari.

Alasan utama di baliknya adalah karena semua halaman dinamis bahkan tidak ada hingga pengguna benar-benar menelusuri kueri atau variabel yang menghasilkan halaman. Seringkali spider mesin pencari tidak diprogram untuk memilih atau memilih kueri atau variabel apa pun. Dengan cara ini, halaman dinamis tersebut tidak dihasilkan dan oleh karena itu tidak dapat diindeks.

Salah satu kesulitan utama dengan spider mesin pencari adalah mereka tidak dapat membaca dan tidak terlatih untuk memahami database dinamis dari URL yang berisi string kueri yang dibatasi oleh tanda tanya atau karakter database lainnya (# & *!%) yang disebut sebagai “perangkap laba-laba”. Setelah laba-laba mesin pencari jatuh ke dalam salah satu perangkap itu, biasanya hal itu merupakan berita buruk untuk situs web dinamis tersebut.

Sebagai konsekuensi langsung bahwa sebagian besar crawler pencarian memiliki masalah signifikan “membaca” level mana pun ke dalam database dinamis yang khas, sebagian besar spider mesin pencari ini telah diprogram untuk mendeteksi dan kemudian mengabaikan sebagian besar URL dinamis.

Cara mengoptimalkan situs dinamis agar diindeks oleh SE utama:

1. Menggunakan Alat Penulisan Ulang URL atau Perangkat Lunak – Ada beberapa Alat Penulisan Ulang URL dan perangkat lunak yang tersedia di web yang mengubah URL dinamis menjadi URL Statis. Jadi lebih baik menggunakan alat ini untuk mengonversi URL dinamis situs Anda ke URL Statis.

Sebagai contoh- Exception Digital Enterprise Solutions menawarkan perangkat lunak yang membantu mengubah URL dinamis menjadi statis.

Dengan cara ini, mengubah URL dinamis menjadi statis membantunya mudah diindeks oleh Google.

2. Menggunakan CGI / Perl Scripts – Menggunakan CGI / Perl script adalah salah satu cara termudah agar situs dinamis Anda diindeks oleh web crawler. Path_Info atau Script_Name adalah variabel dalam aplikasi dinamis yang berisi alamat URL lengkap.

Untuk memperbaiki masalah ini, diperlukan penulisan skrip yang akan menarik semua informasi sebelum string kueri dan mengatur sisa informasi yang sama dengan variabel.

Ketika Anda menggunakan skrip CGI / Perl, bagian kueri dari URL dinamis diberi variabel. Jadi, dalam contoh di atas “? Id = 586” diberikan variabel, katakanlah “X”. URL dinamis [http://www.xyz.com/abcproduct.asp?id=586] akan berubah menjadi- [http://www.xyz.com/productname/A]

melalui skrip CGI / Perl yang dapat dengan mudah diindeks oleh mesin pencari.

3. Mengelola Server Web-

Apache Server – Apache memiliki modul penulisan ulang yang memungkinkan Anda mengubah URL yang berisi string kueri menjadi URL yang dapat diindeks oleh mesin telusur. Modul ini bagaimanapun, tidak diinstal dengan perangkat lunak Apache secara default, jadi Anda perlu memeriksa dengan perusahaan hosting web Anda untuk pemasangan.

ColdFusion – Diperlukan untuk mengkonfigurasi ulang ColdFusion di server Anda sehingga “?” dalam string kueri diganti dengan ‘/’ dan meneruskan nilainya ke URL.

4. Halaman Statis terhubung dinamis

 

Halaman – Membuat Halaman Statis yang ditautkan ke serangkaian Halaman dinamis menjadi sangat efektif terutama jika Anda adalah pemilik toko online kecil. Awalnya cukup buat halaman statis yang menghubungkan ke semua halaman dinamis Anda. Dan optimalkan halaman statis ini untuk peringkat mesin pencari.

Pastikan untuk menyertakan judul link untuk semua kategori produk, tempatkan tag “alt” yang sesuai untuk gambar produk bersama dengan deskripsi produk yang mengandung kata kunci populer yang relevan dengan bisnis Anda. Kirimkan halaman statis ini ke berbagai mesin pencari utama termasuk semua halaman dinamis sesuai pedoman untuk pengiriman mesin pencari.

Dengan cara ini jika Anda akan mengoptimalkan situs web dinamis maka semua tip di atas dapat membantu Anda untuk berhasil mengoptimalkan situs web Anda dan situs Anda akan diindeks oleh mesin pencari utama tanpa menghadapi masalah apa pun dan Anda memiliki peluang besar untuk membawa situs Anda di antara yang teratas peringkat di mesin pencari utama.

 

Sumber Artikel:  Jasa Pembuatan Website Pekanbaru

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.