Cara kerja alat ukur debit air bermacam macam bergantung terhadap jenis teknology yang digunannya. Pemilihan jenis water flow sensor bergantung terhadap obyek dan faedah yang menghendaki di dapatkan sehubungan bersama aplikasi dilapangan. Karena fungsinya sebagai alat ukur debit maka flow meter membawa satuan units yang tidak sama bersifat satuan flow rate, satuan velocity dan juga satuan volume totalizer atau mass totalizer.

Type alat ukur debit air yang banyak di memakai oleh pdam untuk pelanggan memakai mechanical register sebagai alat ukurnya yang terhubung bersama sensor turbine dari jenis woltman meter. Cara kerja flowmeter ini adalah kala air bertekanan mengalir dalam flow meter maka turbine atau paddle akan berputar. Putaran ini diteruskan ke mekanikal register agar didapatkan kuantitas volume air yang mengalir dalam alat ukur debit air.

Seperti yang diketahui jenis alat ukur debit air ini tersedia sebagian sesuai bersama langkah kerjanya seperti wolt man flow meter, magnetic flow meter, ultrasonic flow meter, analog water meter, single jet water meter dan mekanikal flowmeter.

 

Jenis Alat Ukur Debit air

Jenis alat Ukur Debit air yang paling banyak di memakai baik di industri pengolahan air maupun di industri sesuai bersama langkah kerja alatnya dapat di kelompokan sebagai selanjutnya :

Woltman flow meter

Woltman water meter mengukur kecepatan air yang mengalir bersama pemberian turbin atau paddle agar kerap dikenal bersama turbine flow meter. Volume aliran yang masuk dihitung secara mekanis, melalui tempat penampang yang diketahui dan ditunjukkan bersama penghitung rol dalam meter kubik. Bentuk unik dari paddle wheel terlalu mungkin water meter Woltman untuk termasuk rentang pengukuran yang benar-benar besar bersama pressure reduce kecil.

By toha