26/07/2021

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

9 Manfaat Berenang Untuk Tubuh

2 min read

9 Manfaat Berenang Untuk Tubuh

9 Manfaat Berenang Untuk Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan di atas, berenang memiliki beberapa manfaat bagi perkembangan dan kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat renang untuk binaraga sebagai berikut:

1. Memperkuat dan Melatih Pernapasan

Berenang adalah olahraga yang dilakukan di air. Hal ini memungkinkan perenang untuk menahan nafas dan juga mengontrolnya agar tidak cepat lelah saat berenang, sehingga saluran nafas terlatih menjadi panjang dan kuat untuk menahan nafas di dalam air. merangsang kerja semua otot dan merangsang suplai darah ke pembuluh darah, jantung dan paru-paru menjadi lebih lancar. Begitu banyak orang yang mengatakan bahwa berenang memiliki manfaat lebih dari olahraga aerobik

 

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Olahraga renang ini memiliki gerakan yang rumit sehingga hampir semua otot dapat melakukan gerakan yang dapat melatih dan menguatkan otot, dimana otot-otot dalam tubuh kita dilatih dan dapat berkembang dengan kuat.

 

3. Mempercepat Pertumbuhan Tubuh

Menurut penelitian para ahli, olahraga renang ini memiliki keunggulan yaitu mempercepat proses pertumbuhan tubuh dibandingkan dengan olahraga lainnya. Berenang sangat efektif dalam mempercepat pertumbuhan tubuh. Telah diteliti dan menjadikan olahraga renang ini sebagai olahraga yang dapat merangsang pertumbuhan dan menjaga kesehatan tubuh, selain itu olahraga renang ini juga harus ditunjang dengan pola makan yang baik dan bergizi.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga renang ini memiliki gerakan yang rumit agar peredaran darah menjadi lancar dan dapat merangsang dan melatih kerja jantung sehingga jika kita melakukan olahraga renang ini secara rutin maka jantung kita akan terlatih dan menjadi kuat serta sehat.

5. Membentuk Tubuh

Selain untuk kebugaran, olahraga renang ini juga dapat digunakan sebagai alternatif kontur tubuh, karena kekuatan otot yang semakin kuat, volume dan massa otot yang otomatis meningkat, memberikan Anda bentuk tubuh yang ideal.

 

6. Mengurangi Stress

Berenang adalah olahraga yang dilakukan di air. Melalui aktivitas di dalam air dapat meningkatkan hormon endorphin di otak sehingga suasana hati menjadi tenang dan nyaman sehingga kita bisa rileks dan mengurangi stres.

 

7. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Jika Anda berenang minimal 20 menit, jaga agar tubuh tetap fit, karena berenang dengan gerakan konstan dan teknik yang sama membantu tubuh Anda tetap bugar dan merangsang metabolisme tubuh serta membakar lemak di dalam tubuh.

 

8. Sebagai terapi untuk cedera

Untuk atlet yang baru pulih dari cedera, berenang dapat digunakan sebagai terapi alternatif, karena gerakan renang ini dapat memperbaiki tendon dan otot yang terganggu, tetapi ini harus dilakukan dengan izin dan pengawasan terapis (ahli).

 

9. Meningkatkan Mood (relaksasi)

Berenang merupakan salah satu olahraga yang dapat meningkatkan mood karena renang merupakan olahraga yang sangat menyenangkan. Sebagian orang menjadikannya sebagai sarana rekreasi, sehingga tidak heran jika sekarang banyak pohon air yang dijadikan sebagai hiburan. semuanya dapat digunakan oleh Anda. Sumber Rangkuman Terlengkap : https://www.kelaspjok.com/

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.