8 Cara Mengatasi Telinga Gatal Secara Cepat dan Ampuh

Rasa gatal yang terus-menerus di telinga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda tentu tidak dapat menggaruknya, meskipun efek yang akan datang tidak terlalu bagus. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi telinga gatal dengan baik dan aman serta penyebabnya.

Penyebab telinga gatal sangat beragam, salah satunya karena infeksi telinga luar, seperti karena jamur. Penyebab lainnya adalah telinga kering, alergi, atau iritasi, seperti karena anting atau penyakit tertentu. Obat atau dermatitis merupakan salah satu contoh penyakit kulit yang dapat menyerang dan menimbulkan rasa gatal pada telinga.

Sedang mencari alat bantu dengar? bisa kunjungi pusat alat bantu dengar aqm-hearingcenter.com

Padahal, begitu sudah mencapai tahap infeksi, telinga yang gatal bisa disertai demam, bengkak, dan keluar nanah. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan dan harus dicegah sejak dini. Perlu Anda garis bawahi, sebaiknya Anda tidak membersihkan telinga dengan menggunakan cotton buds.

Pakar kesehatan bahkan memperingatkan agar tidak membersihkan telinga dengan alat ini. Hal ini karena cotton buds dapat mengeringkan telinga dan menjadi lebih gatal. Lantas, bagaimana cara mendengarkan telinga gatal yang tepat dan aman? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Minyak Zaitun

Cara pertama untuk mengobati telinga gatal adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan bahan alami yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai masalah telinga, salah satunya telinga gatal. Caranya, hangatkan beberapa tetes minyak zaitun dan oleskan pada bagian luar telinga yang gatal. Manfaatkan sebaik-baiknya sampai gatal-gatal selesai.

2. Baby Oil

Cara lain untuk mengobati telinga gatal adalah dengan menggunakan baby oil. Baby oil merupakan bahan yang cukup efektif dan aman untuk membantu melembabkan area kulit kering yang menjadi salah satu penyebab telinga gatal. Begini caranya, oleskan beberapa tetes baby oil pada telinga yang gatal sampai gatal hilang.

3. Air Hangat dan Alkohol

Cara ketiga untuk mengobati telinga gatal adalah dengan menggunakan campuran air hangat dan alkohol. Anda bisa menggunakan atau meneteskan campuran air hangat dan alkohol pada telinga yang gatal. Ulangi setiap hari, sampai gatal hilang.

4. Cuka Putih

Cuka putih adalah bahan lain yang dapat digunakan untuk mengobati telinga yang gatal. Cuka putih bisa memberikan efek yang cukup cepat dan efektif untuk masalah yang satu ini.

Anda butuh layanan tes pendengaran tangerang dan sekitarnya? bisa cek pada tautan tersebut.

Selain itu, penggunaan cuka putih juga dapat mencegah munculnya rasa gatal di kemudian hari. Cara menggunakan cuka putih pada telinga yang gatal hampir sama dengan menggunakan air hangat dan alkohol yang dioleskan atau dioleskan pada telinga.

5. Gel Lidah Buaya

Cara menghilangkan telinga gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan gel lidah buaya. Gel lidah buaya juga memiliki manfaat lain yang tak kalah bagus dari rambut tebal, yaitu menghilangkan rasa gatal.

Efek menenangkan atau menyejukkan dari lidah buaya adalah membuat ramuan ini efektif untuk mengobati gatal. Cara penggunaan, cukup gulung atau tempelkan gel lidah buaya pada telinga yang gatal. Ulangi sampai gatal hilang.

6. Hidrogen Peroksida

Cara keenam untuk mengobati telinga gatal adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida adalah bahan kuat lainnya untuk menghilangkan telinga yang gatal. Ini karena hidrogen peroksida dapat mencampur kotoran di telinga. Kemudian, jika dicampur dengan air dan dituangkan beberapa tetes ke telinga, bahan ini juga bisa menghilangkan kotoran yang membandel.

7. Obat Topikal

Cara ketujuh untuk mengobati telinga gatal adalah dengan menggunakan obat oles. Jika kondisi kulit seperti psoriasis mempengaruhi telinga, maka lebih baik menggunakan obat topikal (salep) untuk mengobatinya. Dan jika penggunaan obat topikal masih tidak berhasil, atau bahkan menyebabkan infeksi telinga lain, segera periksakan ke dokter untuk diagnosis lebih lanjut.

8. Antihistamin

Cara terakhir untuk mengobati telinga gatal adalah dengan antihistamin. Telinga gatal yang disebabkan oleh rinitis alergi membutuhkan antihistamin untuk mengobati. Jika alergi makanan menyebabkan telinga gatal, Anda dapat melacak pola makan dan pola alergi Anda untuk mengetahui makanan yang tepat yang menyebabkannya.