14/05/2021

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

6 Peluang Usaha di Desa

3 min read

Kontribusi desa dalam mendukung perekonomian nasional tidak perlu diragukan lagi. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir program pembangunan desa telah menjadi prioritas pemerintah pusat terutama peningkatan sektor ekonomi, situasi ini merupakan peluang yang baik untuk menggali berbagai peluang usaha yang ada di desa.

Selain itu, kepulangan lulusan ke desa merupakan sumber daya yang baik untuk menggerakkan perekonomian di desa, salah satunya adalah usaha di desa. Berikut ini mencakup berbagai jenis peluang usaha di pedesaan;

1. Bisnis Pulsa

Menjual kredit merupakan salah satu usaha yang menjanjikan di desa karena tergolong usaha kecil tapi menguntungkan di desa. Kami juga tidak kesulitan mencari agen atau distributor dari berbagai operator karena jumlahnya yang banyak.

Hal terbaik dari bisnis pulsa adalah memiliki pasar yang sangat luas yang mencakup semua kelas ekonomi di masyarakat. Karenanya, penjualan kredit tidak hanya menguntungkan di kota besar tetapi juga bisnis yang menguntungkan di desa karena semua lapisan masyarakat membutuhkannya.

2. Jual Token Listrik

Lambat laun, mereka mulai beralih ke sistem kelistrikan berbayar atau menggunakan token listrik, termasuk masyarakat di desa tersebut. Karenanya, bisnis penjualan token listrik adalah bisnis pedesaan yang paling menguntungkan.

Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi penjual atau toko token listrik, Anda hanya perlu mencari distributor token listrik PLN di wilayah Anda. Jual token listrik juga menjadi bisnis di desa dengan harga rugi yang sangat rendah karena yang dijual adalah kebutuhan pokok masyarakat.

3. Usaha Galon

Peluang bisnis di desa berbeda dan berkembang. Usaha isi galon merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan di desa karena pada umumnya desa memiliki sumber air yang banyak dan air dalam ruangan yang berkualitas. Selain itu, berbagai alat instalasi untuk usaha depo air minum cukup mudah ditemukan secara online dan langsung ke toko.

Selain itu, penggunaan dispenser listrik yang semakin meningkat seharusnya menjadikan usaha pengisian galon menjadi usaha yang menguntungkan di desa dan memiliki prospek yang baik untuk masa depan.

4. Jasa Pangkas Rambut

Jenis usaha ini merupakan peluang usaha yang potensial di desa yang akan datang. Jadi, para penduduk desa tidak perlu repot pergi ke kabupaten atau kota kabupaten untuk mendapatkan jasa tukang cukur.

Ini juga merupakan kesempatan bagi para sarjana sebelum kembali ke desanya untuk mempelajari ketrampilan tersebut sambil mendirikan usaha di desa. Dan saat ini sudah banyak pelatihan dengan harga terjangkau untuk mempersiapkan Anda menjadi tukang cukur yang handal.

Untuk menjalankan usaha di desa usaha cukur bisa dilakukan secara leluasa, dengan cara login ke lokasi atau warga yang datang ke tempat kita atau menggunakan handphone, yang jika ada permintaan akan kita temukan konsumennya.

5. Jualan Kue Tradisional

Setiap desa pada umumnya memiliki jajanan khas yang memiliki cita rasa tersendiri. Oleh karena itu, berjualan kue tradisional desa merupakan usaha yang menguntungkan di desa karena masih banyak jamaahnya. Hal ini dikarenakan jenis usaha di desa tersebut tentunya mendapat perhatian dari masyarakat perkotaan, ditambah lagi dengan perkembangan teknologi pengemasan yang dapat menjadikan pengemasan handling secara tradisional lebih higienis dan baik.

Potensi usaha di desa ini juga memiliki modal yang besar karena sebagian besar bahan bakunya masih tersedia di lahan pertanian pedesaan. Sehingga jenis usaha yang ada di desa ini juga akan berkontribusi dalam peningkatan taraf hidup petani di desa tersebut.

6. Usaha Pertanian Hidroponik

Hidroponik adalah cara bertumbuh dengan mengandalkan media tanam air dan menambahkan berbagai jenis nutrisi. Jenis usaha ini lebih disukai di perkotaan, namun bukan berarti tidak cocok untuk penggunaan usaha pedesaan.

Pada umumnya masyarakat pedesaan memiliki 24liesasecond.com banyak usaha tani, sehingga menjalankan usaha tani hidroponik bukanlah hal yang sulit untuk dipelajari dan dipraktekkan. Selain itu, jenis usaha di desa ini memiliki bahan instalasi yang juga mudah didapatkan dan dirakit. Sudah banyak tutorial di channel Youtube yang menjelaskan cara menanam menggunakan metode hidroponik.

Selain itu hidroponik merupakan salah satu usaha yang menjanjikan di desa karena selain menjual tanaman di kemudian hari, kita mempunyai anggota instalasi, kita juga bisa menjual berbagai jenis instalasi atau bahkan menjadi instruktur bagi masyarakat yang baru memulai usaha hidroponik.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.