07/03/2021

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

5 Kiat Menjaga Imun Tubuh Tetap Baik di Masa Pandemi

3 min read

Menjaga imun tubuh di masa pandemi memang lebih menantang dibandingkan sebelumnya. Pasalnya kita juga butuh nutrisi yang seimbang serta vitamin dan suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh tetapi belum cukup didapatkan dari makanan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap bisa menjaga imun tubuh di masa pandemi. Pastikan aplikasi kredit kamu tidak hanya dipenuhi dengan wishlist gadget atau kebutuhan tersier semata. Kini saatnya ubah kebiasaan belanja kamu dengan beberapa asupan berikut ini:

1. Perbanyak konsumsi buah kaya vitamin C

Imunitas tubuh sangat penting karena bisa menjaga kita agar tidak mudah terserang penyakit maupun terinfeksi virus. Nah, salah satu resep nenek moyang yang sudah sering didengungkan adalah dengan memperbanyak konsumsi vitamin C.

Buah dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi seperti jeruk atau buah-buahan yang memiliki rasa asam. Tetapi, sebenarnya ada juga buah yang tidak memiliki rasa asam namun kaya akan vitamin c seperti buah jambu. Begitu juga dengan sayuran yang kaya akan vitamin C seperti daun singkong. 

2. Penuhi nutrisi tubuh dengan seimbang

Di masa pandemi seperti ini menjaga kesehatan sangatlah penting. Salah satu caranya adalah mulai memperhatikan apa yang kita makan seperti mengurangi karbohidrat, memperbanyak serat serta cukup protein yang seimbang.

Kurangi makanan-makanan olahan atau makanan cepat saji, minuman bersoda dan makanan yang terlalu banyak mengandung gula. Mengurangi konsumsi garam pun amat disarankan. Makanan yang sehat bisa diolah sendiri sehingga kita mengetahui kebersihannya juga.

Ada cukup banyak toko online maupun marketplace yang kini menyediakan layanan belanja dari rumah saja. Semua pesanan akan dikirimkan di hari yang sama atau di hari berikutnya sehingga pesanan tetap bisa segar.

Nah, agar lebih mudah, kamu juga bisa belanja kebutuhan nutrisi kamu di marketplace atau toko online dengan praktis menggunakan aplikasi kredit seperti Kredivo. Tidak ada bunga sama sekali untuk pembayaran dalam waktu 30 hari. Jadi, sama saja seperti belanja kebutuhan harian.

Selain itu, Kredivo juga bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman tunai atau belanja dengan cicilan dengan tenor fleksibel. Kredit limit yang diberikan bisa mencapai Rp30 juta bagi member premium.

Bunga Kredivo sangat terjangkau hanya 2,6% per bulan baik untuk kebutuhan belanja maupun untuk mengajukan pinjaman tunai. Tenornya antara 3, 6 sampai dengan 12 bulan. Aplikasinya juga sudah tersedia baik itu di App Store maupun Google Play Store. 

Syarat pendaftaran cukup mudah, punya penghasilan tetap minimal Rp3 juta per bulan, berusia antara 18-60 tahun dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.

3. Jangan lupa istirahat

Tubuh memiliki hak untuk beristirahat. Penting juga mengetahui batasan dalam bekerja maupun dalam berolahraga. Ketika tubuh beristirahat, tubuh juga akan mulai beregenerasi menggantikan sel-sel yang mati atau rusak.

Waktu istirahat yang dibutuhkan orang dewasa antara tujuh sampai dengan delapan jam per hari. Jadi, segeralah tidur jika sudah menjelang pukul 10 malam dan kamu bisa bangun lebih pagi antara pukul lima atau enam. Dilanjutkan dengan olahraga di rumah atau di sekitar rumah.

4. Rutin olahraga minimal 30 menit sehari

Pakar kesehatan menyarankan olahraga dilakukan paling tidak 150 menit dalam seminggu. Kamu bisa membaginya setiap hari dengan menghabiskan antara 20-30 menit sehari. Olahraga bisa dilakukan di dalam maupun di luar rumah.

Pada masa pandemi seperti ini upayakan berolahraga di dalam rumah dengan mengikuti gerakan-gerakan dasar aerobik entah itu dari media sosial ataupun dari YouTube. Lakukan secara konsisten agar tidur juga bisa lebih nyenyak. 

5. Menerapkan protokol kesehatan dengan benar

Supaya tidak terpapar virus, pastikan juga tetap menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Seperti memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan orang. Jika berolahraga, lakukan dengan kelompok kecil dan tetap menggunakan masker saat berkumpul istirahat jeda olahraga.

Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga imun tubuh tetap baik di masa pandemi. Jika sudah merasakan tidak enak badan, segera isolasi mandiri dan konsultasi ke pusat kesehatan terdekat agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.