26/11/2020

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

4 Cara Menjaga Pencernaan Anak untuk Meningkatkan Sistem Imunnya

2 min read
4 Cara Menjaga Pencernaan Anak untuk Meningkatkan Sistem Imunnya

Masa kanak-kanak memang harus dihabiskan dengan bermain dan bersenang-senang di samping tetap harus diberikan edukasi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan anak. Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami adalah masalah pencernaan. Jadi, sebaiknya orang tua perlu tahu tentang cara menjaga pencernaan anak untuk meningkatkan sistem imunnya.

Seperti kita ketahui, sistem pencernaan merupakan hal yang cukup penting. Meskipun tidak terlalu berbahaya, nyatanya masalah ini akan sangat mengganggu aktivitas harian anak. Sebagai contoh ketika anak terkena diare. Perutnya akan terasa mulas dan sakit sehingga sangat mengganggu. Bahkan, tidak jarang hal tersebut akan membuat anak menjadi lemas.

Tips Menjaga Pencernaan Anak Agar Terhindar dari Penyakit

  1. Memberikan makanan bernutrisi

Kesehatan pencernaan sangat erat kaitannya dengan kualitas makanan yang dikonsumsi. Oleh sebab itu, sangat penting bagi orang tua untuk memastikan anak mengonsumsi makanan yang bernutrisi di setiap porsi makannya. Nutrisi-nutrisi tersebut mencakup protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak dengan komposisi yang tepat dan ini bisa didapatkan dari susu formula seperti Bebelac.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah konsumsi makanan dengan porsi yang tepat dan tidak terlalu berlebihan. Selain meningkatkan risiko anak mengalami kenaikan berat badan berlebih, porsi yang terlalu banyak akan membuat sistem pencernaan terbebani dan pada akhirnya akan menimbulkan berbagai permasalahan sistem pencernaan.

  1. Memberikan contoh baik kepada anak

Orang tua memang role model utama dari seorang anak. Bagaimana tidak, setiap hari anak akan berinteraksi dengan orang tua dan akan meniru berbagai perilaku orang tua. Oleh sebab itu, sebagai orang tua sebaiknya berikan contoh yang baik kepada anak, salah satunya adalah tentang kebiasaan makan. Berikan contoh tentang tata cara, posisi, dan jam makan kepada anak.

Jenis makanan juga turut ditiru oleh anak. Meskipun orang tua melarang, jika setiap hari mereka melihat orang tuanya terus-menerus mengonsumsi makanan yang kurang baik seperti junk food dan fast food, di kemudian hari kebiasaan itu tetap akan ditiru. Jadi, ketika sedang bersama anak, berikanlah contoh untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat.

  1. Menjaga asupan cairan tubuh

Asupan cairan sangat krusial untuk kesehatan sistem pencernaan anak. Pastikan anak selalu tercukupi kebutuhan airnya. Untuk usia 4 tahun, usahakan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 6-8 gelas setiap hari. Air sangat baik untuk membantu melarutkan makanan dan nutrisi yang terkandung di dalam makanan dan melembutkan tekstur dari feses. Selain air putih, orang tua juga bisa memberikan susu formula seperti Bebelac dan sejenisnya.

  1. Memenuhi kebutuhan serat

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah memenuhi kebutuhan serat anak. Berikan anak makanan dengan tinggi serat seperti buah pepaya. Pepaya sangat baik untuk melancarkan buang air besar anak.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anak. Dengan rutin menerapkan tips di atas, maka anak bisa menikmati masa bermainnya dengan maksimal bersama dengan teman-temannya.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.