22/01/2021

Hallo Indonesia

Hallo Indonesia

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Susu Formula

2 min read
3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Susu Formula

Sebelum memilih susu formula sebagai asupan tambahan nutrisi untuk si kecil. Maka lebih baik Anda berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter. Hal ini dikarenakan setiap produk susu mempunyai nutrition fact yang berbeda. tentunya, Anda dapat mengetahui lebih dahulu kebutuhan si kecil dengan lebih dahulu membaca label. Sebenarnya, sufor tidak dianjurkan untuk si kecil yang masih berumur 0-6 bulan. Namun, terdapat beberapa kendala yang menjadikan si ibu harus mengganti ASI dengan susu formula.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Susu Formula

Bagi Anda yang ingin membeli asupan nutrisi pendamping ASI seperti susu formula. Maka lebih baik memperhatikan kandungan nutrisi yang terkandung di dalam produk susu. Selain itu, perhatikan juga apakah bayi Anda alergi terhadap susu sapi. Apabila iya maka lebih baik memilih susu soya sebagai pilihan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli produk susu formula:

  1. Kuantitas Sajian untuk 1 Kemasan

Setiap produk susu formula memiliki jumlah penyajian yang berbeda untuk 1 kemasan. Misalnya, di dalam satu kemasan bisa disajikan dalam jumlah 10 penyajian. namun, sebaiknya Anda lebih tahu terlebih dahulu mengenai jumlah asupan kalori yang diperlukan si kecil. Hal ini akan mempengaruhi konsumsi harian si kecil. Tentunya, membuat Abda lebih mudah menentukan produk susu yang sesuai didasarkan atas keperluan si bayi.

  1. Kebutuhan Kalori untuk 1 Kali Penyajian

Jumlah kalori secara keseluruhan menunjukkan berapa energi yang diperoleh dari penyajian produk susu formula. Apabila semakin banyak asupan susu yang dikonsumsi oleh si kecil maka besaran kalorinya juga makin meningkat. Sebenarnya, kebutuhan kalori yang diperlukan si kecil yang berusia di bawah 6 bulan.

Maka perhitungannya di dasarkan atas berat badan. Biasanya, bayi berusia 0-6 bulan memiliki jumlah kalori yang perlu dilengkapi tiap hari sekitar 110-120kalori/kg berat si kecil. Misalnya, usia bayi 4 bulan memiliki berat 5 kilogram, maka kebutuhan kalorinya berkisar 110×5=550 kalori per hari. Tidak hanya itu, Anda juga perlu melakukan perhitungan pada kemasan susu formula di setiap takaran kalorinya. Hal tersebut mempermudah Anda untuk memberikan takaran sus formula yang akan disajikan untuk si kecil.

  1. Perhatikan AKG dalam 1 Hari

Susu formula dijadikan sebagai MPASI karena kandungan nutrisinya hampir menyerupai susu ASI. Namun, terdapat beberapa nutrisi yang harus dibatasi seperti, garam, gula tambahan dan lemak jenuh. Hal ini dilakukan agar si kecil tidak terjangkit oleh penyakit lain. Maka cara yang tepat untuk mengetahuinya dengan membaca AKG atau Angka Kecukupan Gizi pada susu formula,

Selain, beberapa hal di atas yang perlu dipertimbangkan saat memilih produk susu formula. Anda juga perlu mengetahui kandungan nutrisi yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa diantaranya meliputi, vitamin, mineral dan protein. Usahakan gizi tersebut terpenuhi namun tidak dalam jumlah berlebihan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.